Advertisement

Cara Backup Aplikasi Android ke Google Drive

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan cara backup aplikasi Android ke Google Drive jika terjadi sesuatu yang buruk atau yang tidak kamu ketahui kedepannya.

Terkadang, penghapusan data pabrik diperlukan di ponsel kami karena berbagai alasan. Atau ada juga yang smartphonenya salah tempat sehingga kehilangan semua data, termasuk data aplikasi yang terinstal.

Di aplikasi lain, pembaruan terbaru aplikasi menimbulkan banyak kesalahan, mendorong kami untuk memutar kembali ke versi sebelumnya.

Kami memerlukan file mentah untuk menginstal ulang versi aplikasi sebelumnya (.apk). Maka itulah perlunya kita membuat backup dari tiap-tiap aplikasi yang terinstall dalam ponsel kita.

Cara Backup Semua Aplikasi Android ke Google Drive

kami biasa mencadangkan aplikasi menggunakan ‘App Backup & Restore’. Ketika kami menggunakan aplikasi ini, kami membuat cadangan aplikasi Android ke kartu SD kami dan kemudian memulihkannya jika cadangan.

Menginstal aplikasi sistem di telepon lain dimungkinkan bahkan dengan alat ini karena memungkinkan kamu membuat cadangan aplikasi Android default, juga dikenal sebagai aplikasi sistem.

Nah, dengan menggunakan App Backup & Restore, kita juga bisa menyimpan file backup aplikasi ke Google Drive.

Itulah yang kami maksud. Sebenarnya mencadangkan program ke memori penyimpanan eksternal (kartu SD) sudah memadai. Namun untuk mengantisipasi jika SD card kita rusak, kita masih memiliki file backup lain di Google Drive.

Selain itu, jika jumlah aplikasi yang kita backup banyak dan kita taruh di kartu memori, maka kapasitas kartu memori akan cepat terisi. Jadi kami membutuhkan Google Drive agar kami dapat menghapus file cadangan di kartu SD.

  1. Pertama kamu download ‘App Backup & Restore’ dari Play Store, kemudian buka aplikasi tersebut
  2. Pada halaman awal aplikasi, pilih tab menu ‘Google Drive’, kemudian sentuh tkamubol ‘Menambahkan Account’
  3. Selanjutnya akan muncul kotak akun Google

Pilih akun yang sudah ada di ponsel/Sist kamu atau klik ‘Tambah Akun’ untuk menggunakan akun lain yang belum ada di ponsel kamu.

Setelah kamu memilih akun, ketuk tanda teks ‘Ok’.

  1. Tunggu beberapa detik, akan muncul kotak permintaan izin akses, lalu tap tanda ‘Izinkan’

Tunggu sampai akun Google kamu terhubung dengan App Backup & Restore, kemudian tutup atau keluar dari App Backup & Restore

  1. Buka kembali App Backup & Restore, lalu pilih aplikasi yang akan kamu backup

Centang kotak di sisi kanan aplikasi, lalu ketuk simbol ‘Google Drive’

Menginstall Aplikasi Hasil Backup

Jika kamu ingin menginstal aplikasi yang telah kamu cadangkan dari ponsel lain:

  1. Masuk ke ponsel lain menggunakan akun Google yang kamu gunakan untuk mencadangkan
  2. Instal Pencadangan & Pemulihan Aplikasi di ponsel baru, lalu gunakan aplikasi

Hubungkan akun Google kamu dengan App Backup & Restore dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

  1. Pilih tab menu ‘Google Drive’, lanjut sentuh tkamubol ‘Men’download’

Melihat Hasil Backup pada Google Drive

Selain cara barusan, kamu juga bisa menginstall file apk melalui Drive Google.

  1. Instal dan buka Google Drive, lalu login menggunakan akun yang sama dengan akun yang kamu gunakan untuk melakukan backup
  2. Cari folder ‘Pemulihan Cadangan Aplikasi’ yang dibuat selama prosedur pencadangan dan buka/sentuh untuk memulai proses pemulihan.
  3. Ketuk folder ‘Apk’ di folder ‘Pemulihan Cadangan Aplikasi’.

Kemudian pilih aplikasi apa pun yang ingin kamu unduh dan instal.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang cara backup aplikasi Android ke Google Drive, semoga setelah membaca artikel di atas, kamu dapat meng-backup aplikasi ke Google Drive dengan mandiri dan mudah.

Pada artikel di atas, kami sudah menyiapkan cara backup aplikasi ke Google Drive, menginstall aplikasi hasil backup, dan juga cara melihat hasil backup di Google Drive.

Related Articles

Back to top button