Advertisement

Cara Backup Aplikasi Android ke APK

Rancakmedia.com – Banyak yang belum mengetahui dan masih bertanya-tanya bagaimana cara backup aplikasi Android ke APK? Melakukan proses backup memang tidak selalu dilakukan, mengingat anda bisa langsung menginstall aplikasi Android dari Google Play Store.

Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan anda untuk melakukan backup aplikasi Android menjadi APK, misalnya saat hendak melakukan factory data reset.

Data dan aplikasi di Smartphone Android kamu akan terhapus jika kamu melakukan factory reset atau mengembalikan data HP ke pengaturan pabrik. Alhasil, sebelum melakukan factory reset, buat cadangan semua aplikasi Android kamu.

Dengan mem-backup aplikasi Android yang dimuat di smartphone kamu, maka nantinya kamu dapat dengan mudah memulihkan semua aplikasi tersebut.

Meskipun kamu dapat mengunduh ulang semua aplikasi, prosesnya akan memakan waktu lebih lama. Terlebih lagi jika kamu menggunakan paket data untuk browsing dan tidak menggunakan WiFi.

Jika kamu mengunduh ulang semua aplikasi ini, maka jatah internet kamu akan habis dengan sangat cepat.

Cara Backup Semua Aplikasi Android ke APK

Sebenarnya cara backup aplikasi Android tidak hanya dilakukan saat ingin mereset data HP saja. Mengirim aplikasi ke ponsel lain atau ponsel Android teman juga dimungkinkan menggunakan metode ini.

Untuk menjalankan prosedur pencadangan, ada banyak aplikasi gratis yang dapat kamu manfaatkan. Semua aplikasi Android ini dapat digunakan secara gratis untuk mencadangkan aplikasi Android kamu ke dalam file APK.

Untuk mencadangkan aplikasi di Smartphone Android, silakan ikuti petunjuk berikut. Langkah pertama adalah menyiapkan aplikasi cadangan, seperti App Backup Restore, pada smartphone Android dalam aplikasi.

Jika demikian, luncurkan aplikasi dan pilih Izinkan ketika diminta untuk mengakses penyimpanan. Selanjutnya, pada layar utama aplikasi, kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di Smartphone Android kamu. Pilih semua aplikasi yang ingin kamu backup, lalu klik Backup.

Setelah itu, proses backup akan berlangsung, jadi silahkan tunggu saja sampai selesai. Jika prosedur backup aplikasi Android selesai, akan muncul pernyataan sukses dan juga mengungkapkan jumlah aplikasi yang telah di-backup.

Dengan demikian, kamu telah berhasil membuat cadangan aplikasi Android kamu.

Dimana Melihat File APK Hasil Backup?

Semua file APK kamu akan muncul di File Manager setelah kamu menyelesaikan prosedur pencadangan. Buka File Manager aplikasi Android kamu dan periksa file kamu.

Setelah Android File Manager terbuka, silahkan akses folder App Backup Restore. Setelah kamu selesai melakukannya, lanjutkan dan masuk ke folder Archived untuk melihat semua file APK yang dihasilkan dari cadangan aplikasi Android kamu.

Sekarang, jika kamu ingin mentransfer semua file APK ke kartu memori, silakan pindahkan. Tentu ini diperlukan jika kamu ingin melakukan factory data wipe karena semua data di penyimpanan internal Android akan dimusnahkan.

Jadi, agar file backup tidak terhapus maka harus direlokasi ke kartu memori atau dipindahkan ke Komputer Laptop/PC sebelum direset.

Bagaimana Cara Menginstall Kembali File APK Hasil Backup?

Untuk mengembalikan semua aplikasi yang telah kamu backup, maka kamu hanya perlu menginstal ulang. Semua aplikasi ini dapat diinstal satu per satu dengan menjalankan file APK cadangan.

Atau, kamu cukup menginstal ulang aplikasi App Backup Restore di ponsel Android yang kamu gunakan. Kemudian, luncurkan aplikasi dan pilih tab Diarsipkan.

Setelah itu, silakan periksa kembali semua aplikasi yang ingin kamu pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyelesaikan.

Akibatnya, kamu tidak perlu mengunduh ulang aplikasi yang diunduh sebelumnya karena akan dikembalikan ke kondisi semula.

Kesimpulan

Itu adalah pendekatan sederhana untuk mencadangkan semua aplikasi Android ke file APK dan mentransfernya ke kartu memori.

Jika kamu ingin menginstal ulang aplikasi di ponsel Android yang berbeda atau mengatur ulang data HP kamu, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan.

Karena kamu tidak perlu mengunduh ulang aplikasi dari Google Play Store, kamu dapat menghemat uang untuk paket internet.

Related Articles

Back to top button