Advertisement

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori External Terbaru

Rancakmedia.com – Apakah mungkin untuk memindahkan aplikasi ke memori? Kartu memori SD Card adalah satu-satunya cara untuk membebaskan aplikasi pada memori internal ponsel. Ide-ide ini cukup berharga bagi kamu yang lebih suka mengunduh game Android dengan grafis tinggi yang memakan banyak memori.

Saat ini sebagian besar ponsel Android hadir dengan memori internal yang cukup besar, biasanya sekitar 32 GB. Aplikasi dan video game, di sisi lain, membutuhkan jumlah memori yang terus meningkat.

Cara penginstalan bawaan Android menempatkan semua aplikasinya di memori internal ponsel, yang berarti smartphone kesayangan kita selalu kehabisan memori.

Biasanya akan muncul pesan “Low Storage” ketika memori internal ponsel sudah penuh. Hal ini juga yang menyebabkan ponsel kita menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Nah, satu-satunya pilihan untuk mengosongkan memori internal kamu, adalah dengan memindahkan aplikasi ke SD Card. Simpan aplikasi kamu ke kartu SD kamu dengan instruksi sederhana ini dari tim Telset.

Saat ini, memindahkan aplikasi ke Kartu SD tidak perlu me-rooting perangkat Android. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukannya.

Sebelum mentransfer aplikasi ke SD Card, kamu harus menyadari bahwa beberapa program yang beroperasi di Android tidak semuanya dapat dipindahkan. Biasanya aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan dari provider smartphone bahkan aplikasi dari Google.

kamu memang dapat mengubah aplikasi seperti itu, tetapi ponsel harus di-root terlebih dahulu. Dengan demikian lebih baik untuk hanya memindahkan aplikasi lain yang dapat disalin ke Kartu SD daripada me-rooting perangkat Android.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori External Tanpa Aplikasi Tambahan

Semua handset Android memiliki kemampuan untuk mentransfer aplikasi ke kartu SD. Cara ini dapat kamu gunakan untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori ini jika kamu memiliki smartphone Realme, Samsung, Oppo, atau Xiaomi terbaru.

Cara yang satu ini juga bisa kamu lakukan tanpa perlu melakukan rooting Android terlebih dahulu. Sebagai catatan, metode ini hanya tersedia di perangkat Android yang menjalankan Marshmallow 6.0 atau lebih tinggi. Berikut cara mentransfer aplikasi ke kartu SD tanpa menggunakan salah satu dari mereka:

Masukkan Kartu SD ke dalam slot memori di telepon setelah kamu menyiapkan kartu memori sebelumnya.

Perlu diingat, handset Android tertentu hanya menerima kartu SD hingga 256 GB. Ada juga dukungan hingga 1 TB. Untuk memulai, kamu akan melihat karakteristik teknis telepon.

  1. Buka menu Pengaturan, dan pilih Penyimpanan.
  2. Tentukan kartu SD yang digunakan.
  3. Pilih Pengaturan Penyimpanan dari simbol tiga garis di sudut kanan atas layar.
  4. Ketuk Format sebagai internal, lalu pilih format Kartu SD dan ketuk di atasnya.
  5. Tunggu beberapa detik hingga prosedur pemformatan selesai.
  6. Kemudian, pindahkan aplikasi kamu ke memori eksternal yang sekarang menjadi memori internal smartphone.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori dengan Pengaturan

Sebagai catatan, cara menyalin apk ke kartu SD ini tidak berlaku untuk ponsel tertentu dengan OS Android 9 Pie dan tidak berfungsi sama sekali di perangkat dengan sistem operasi Android 10 dan Android 11. Untuk memigrasikan aplikasi ke drive eksternal, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih Aplikasi atau Aplikasi dari menu Pengaturan.
  2. Pilih aplikasi atau game yang ingin kamu transfer ke kartu memori.
  3. Untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal kamu, buka opsi Ubah Penyimpanan dan pilih Kartu SD.
  4. Tunggu beberapa detik hingga pengiriman data selesai.

1 2Laman berikutnya
Tombol kembali ke atas