Selama Natal 2020 Telkomsel Catat Kenaikan Payload Data

Selama Natal 2020 Telkomsel Catat Kenaikan Payload Data – Telkomsel menulis ada kenaikan rutinitas warga untuk service data sepanjang peristiwa perayaan Natal 2020. Kenaikan itu sejumlah 7,77 % dibanding hari biasa atau tumbuh seputar 45,98 % dibanding peristiwa sama tahun kemarin.

Berdasar info sah yang diterima, Senin (28/12/2020), ada lima daerah propinsi yang alami kenaikan traffic payload data paling tinggi, yaitu Jawa tengah, Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi, dan Sumatera Selatan.

Untuk payload service data/digital, kenaikan traffic didorong dengan kenaikan service akses searching yang naik sampai 14,4 %. Lantas diikuti service streaming video yang naik sampai 9,12 %, begitupun service sosial media naik sejumlah 7,85 %.

“Service communications (seperti instan messaging dan service video konferensi) naik sampai 6,26 % dan service program/situs medium online ikut naik sejumlah 4,61 %,” papar VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

Tetapi untuk service game mobile turun seputar -1,2 % dan akses service e-commerce turun sebesar -5,03 %. Pengurangan berlangsung pada traffic komunikasi service suara sebesar -8,6 % dan SMS sebesar -10,16 %, dibanding hari biasa.

“Sepanjang masa peristiwa perayaan Hari Raya Natal 2020 sampai Tahun Baru 2021, Telkomsel sudah ambil beberapa cara antisipatif dengan lakukan optimasi jaringan, terutamanya pada sambungan broadband, di 550 poin of interest (POI) yang menyebar di semua Indonesia,” papar Denny meneruskan.

🔥TRENDING:  Registrasi Free Fire Max Sudah Tersedia dan Dapatkan Hadiahnya

Karena itu, Telkomsel sudah menjalankan tambahan 587 BTS 4G LTE baru dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Selaku tambahan, ada juga kenaikan kemampuan gateway internet jadi 6.880 Gbps untuk jamin kelancaran akses service data konsumen setia.

Di lain sisi, Telkomsel akan mengetes dan menerapkan tehnologi Open RAN (Radio Access Network) buat tingkatkan kualitas dan kemampuan service internet yang rata ke semua Indonesia.

Tehnologi Open RAN ialah tehnologi piranti radio akses dengan ide general purpose, supplier neutral hardware, software-define, dan open sistem.

Dengan ide ini, elemen hardware dan software disamping radio bisa dibagi hingga hardware dan software yang dipakai dapat berawal dari bermacam supplier yang mengaplikasikan ide open sistem interface.

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam menyebutkan, dalam tahun-tahun ini, traffic pemakaian internet oleh warga Indonesia tumbuh berarti.

Menurut dia perkembangan ini didorong oleh tingginya pemakaian service digital untuk memberikan dukungan rutinitas setiap hari.

“Untuk pastikan kemampuan dan kualitas jaringan yang sempurna dan memberikan kenyamanan, kecuali memperlebar akses tersedianya jaringan broadband, Telkomsel menggerakkan tumbuhnya pilihan dan jalan keluar tehnologi terbaru,” kata Hendri, dalam info Telkomsel yang diterima

🔥TRENDING:  Kolaborasi PUBG Mobile Dengan Spider-Man: No Way Home

Telkomsel, menurut Hendri, menyaksikan Open RAN mempunyai kesempatan diaplikasikan di wilayah perkantoran atau daerah rural dengan sistem, tingkat efektivitas, dan komplikasi yang lain.

Dia mengharap, eksperimen dan implikasi Open RAN ini dapat percepat hadirnya akses broadband yang rata dan bermutu.

Tehnologi Open RAn dipandang makin lebih sanggup memberikan dukungan adopsi tehnologi terkini 5G yang akan segera datang di Tanah Air. Telkomsel sendiri menyebutkan, roadmap 5G terus akan digerakkan degan sesuaikan perubahan tehnologi simpatisan.

Selaku bentuk kesungguhan dan menggerakkan tehnologi Open RAN, Telkomsel dan peyelenggara jaringan mobile Indonesia bersama stakeholder berkaitan seperti GSMA, Telecom Infra Proyek, Kemkominfo dan Telkom University bekerjasama membuat Community Lab Proyek untuk mengenalkan dan membuat ekosistem peningkatan tehnologi ini.

Telkomsel baru saja ini mendukug pengesahan TIP Community Lab yang diatur oleh Telkom University.

Lab ini jadi tempat peningkatan tehnologi telekomunikasi pertama di Asia Tenggara. Hadirnya adalah bentuk untuk memajukan perkembangan digital dan perekonomian Indonesia lewat pengetesan dan validasi berbasiskan standard tehnologi jaringan terbuka.

“Hadirnya TIM Community Lab Proyek akan menolong hasilkan tes pantas tehnologi yang tervalidasi saat sebelum ditegaskan bisa diterapkan secara riil,” kata Hendri.

Sumber : liputan6.com

Back to top button