BlackBerry Berhenti Beroperasi Sejak 4 Januari

Lutfi

BlackBerry Berhenti Beroperasi Sejak 4 Januari
BlackBerry Berhenti Beroperasi Sejak 4 Januari

Rancakmedia.com – Ponsel yang menggunakan BlackBerry berhenti beroperasi ini sudah tidak berfungsi lagi. BlackBerry 7.1 OS, BlackBerry 10, dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 serta versi sebelumnya dari nomor operasi BlackBerry semuanya resmi dihentikan pada Selasa (4/1/2022).

Setelah tanggal tersebut, semua ponsel dan tablet yang menjalankan layanan BlackBerry OS tidak dapat lagi digunakan.

BlackBerry Sempat Sukses Pada Masanya

BlackBerry sebelumnya merupakan ponsel dengan sistem operasi yang populer pada masanya. Di antaranya adalah cikal bakal keyboard Qwerty di ponsel. Di awal milenium baru, ponsel BlackBerry dengan BlackBerry Messenger (BBM) sukses.

Moniker BBM populer seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna ponsel BlackBerry saat itu. Karena hanya ponsel BlackBerry yang bisa mengakses BBM.

BlackBerry Sempat Sukses Pada Masanya

Era BlackBerry telah berlalu, berkat layar sentuh iPhone dan sejumlah ponsel Android. OS BlackBerry mulai diperebutkan oleh Android dan iOS, namun akhirnya namanya anjlok karena kurang populer. BlackBerry sendiri bahkan belakangan ini telah dikonversi ke Android.

BlackBerry Berhenti Beroperasi Pada 4 Januari 2022

BlackBerry telah memperpanjang dukungan untuk sistem operasi usangnya beberapa kali, tetapi akhirnya akhir dari keberadaan mereka telah diumumkan.

Melalui materi di situsnya, BlackBerry telah menetapkan timeline, tepatnya 4 Januari 2022.

Dengan matinya Blackberry 7.1, BlackBerry 10, dan Blackberry Playbook OS 2.1, tiga sistem operasi lama BlackBerry akan dihentikan pada tanggal ini.

“Perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) ini akan berhenti berfungsi setelah 4 Januari 2022. Karena kami menghargai mitra bisnis dan klien jangka panjang kami, kami telah memperpanjang layanan kami hingga tanggal tersebut” tulis BlackBerry.

Efek penghentian layanan ini berdampak pada beberapa aplikasi seperti aplikasi perpesanan populer BlackBerry Messenger (BBM), alamat email yang dihosting BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, hingga BlackBerry Protect.

Alasan BlackBerry Berhenti Beroperasi

BlackBerry berhenti menawarkan layanan ini karena penekanan mereka telah berubah menjadi menyediakan layanan keamanan cerdas untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pemerintah di seluruh dunia.

Aplikasi yang terus bekerja dan dapat diakses di platform selain BlackBerry OS termasuk aplikasi pesan instan BBM Enterprise dan BBM Enterprise for Individual Use (BBMe).

BlackBerry Berhenti Beroperasi Tidak Lagi digunakan

Sementara itu, Blackberry menyatakan bahwa penghentian dukungan untuk layanan lawas tidak berdampak pada ponsel Blackberry yang menjalankan sistem operasi Android. Setelah tanggal 4 Januari 2022, gadget berikut tidak dapat digunakan lagi.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.