Advertisement

Cara Menggunakan Aplikasi Sagis Kemensos

Rancakmedia.com – Teman-teman sekarang Rancakmedia kembali untuk mengulas dan berbagi informasi tentang cara menggunakan aplikasi Sagis Kemensos. Beberapa aplikasi yang diproduksi oleh pemerintah memang sengaja ditujukan untuk membantu pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Sehingga semua pelayanan dapat dilakukan secara online tanpa perlu berada di kantor dalam bidang apapun. Dan Aplikasi Sagis juga kini telah tersedia, didirikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), untuk melakukan tindakan secara digital atau online.

Aplikasi Sagis merupakan singkatan dari Social Affair Geographic Information System (SAGIS), sebuah aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Sosial (Kemenson), untuk mengumpulkan data Target Survei Lapangan Kementerian Sosial yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Kementerian Sosial Republik Indonesia menggunakan aplikasi Sagis untuk memantau berbagai daerah di tanah air. Dan bagi kalian yang penasaran bagaimana cara memanfaatkan dan menggunakan aplikasi Sagis ini  bisa melihat penjelasannya dibawah ini.

Panduan Penggunaan Aplikasi Sagis Kemensos

Berikut cara menggunakan aplikasi Sagis Kemensos:

Panduan Penggunaan Aplikasi Sagis Kemensos

  1. Anda harus mengunduh aplikasi Sagis terlebih dahulu
  2. Setelah aplikasi di unduh jalankan aplikasi dan daftar
  3. Lalu isi Username dan Password yang dikeluarkan oleh admin sistem pada saat check in, dan pastikan GPS di smartphone Anda telah diaktifkan
  4. Jika nomor NIK yang Anda masukkan benar, akan muncul tombol berlabel “Proses Data” cukup klik tombol untuk melanjutkan
  5. Kemudian isi pertanyaan survei sesuai dengan kondisi tujuan di lapangan
  6. Setelah semua pertanyaan survei selesai, halaman rekap yang berisi tanggapan dari pilihan pekerjaan akan ditampilkan
  7. Kemudian pilih jenis pekerjaan di menu dropdown dan pilih sesuai dengan pekerjaan di lapangan
  8. Kemudian klik tombol Take Picture dan ambil gambar jika sudah klik tombol clear dan gambar akan otomatis terpotret sesuai koordinat GPS
  9. Kemudian klik Tombol Simpan Data, maka data akan otomatis tersimpan, dan perlu anda ketahui, ada beberapa pilihan server seperti pilihan untuk melihat Maps atau Maps untuk meninjau lokasi di Google Maps atau Pilihan untuk Lihat Detail, untuk melihat informasi detail survey yang kami lakukan, dan opsi Delete untuk menghapus data survey.

Kesimpulan:

Teman-teman sekarang Rancakmedia kembali untuk mengulas dan berbagi informasi tentang cara menggunakan aplikasi Sagis Kemensos.

Aplikasi tersebut merupakan singkatan dari Social Affair Geographic Information System (SAGIS), sebuah aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Sosial. Bagi sobat yang penasaran bagaimana cara mendownload dan memanfaatkan aplikasi Sagis ini sobat bisa melihat penjelasannya dibawah ini.

Related Articles

Back to top button