Advertisement

Persipura Minta Penjelasan Pada PSSI Terhadap Penujukan Persija

Persipura Minta Penjelasan Pada PSSI Terhadap Penujukan Persija – Mutiara Hitam telah mengirim surat ke PSSI untuk minta keterangann itu. Persipura Jayapura, menanyakan keputusan PSSI pilih Persija Jakarta, menjadi wakil Indonesia di Piala AFC. Mutiara Hitam, perlu keterangan atas hal itu.

PSSI memutus Persija dan Bali United, bermain di Piala AFC untuk musim depan. Keputusan itu diambil sesudah liga sepakbola nasional itu mengadakan komite eksekutif (Exco), 2 hari kemarin.

Bali United dipilih PSSI sebab dengan status juara Liga 1 musim kemarin. Sedang Persija, yang menyadang predikat runner-up Piala Indonesia diputuskan karena PSM Makassar, yang disebut jawara gelaran itu tidak kantongi AFC Club Licensing 2020.

“Kami ketahui keputusan PSSI. Selanjutnya ketua umum [Persipura, Benhur Tommy Mano] sampaikan ke manager untuk minta keterangan ke PSSI. Kami menanyakan apa keputusan yang diambil PSSI,” kata orang kepercayaan manager Persipura Bento Madubun waktu dikontak mass media.

“Sesungguhnya tidak ada permasalahan, jika kami yang perlu patuh ketentuan. Persipura dasarnya hanya itu. Jika sama ketentuan silahkan, jika tidak, ya ini ditanyakan. Secara sah kami telah mengirim surat ke PSSI tempo hari,” Bento menambah.

Pemilihan Persija itu memetik pro-kontra. PSSI dipandang tidak mengikut ketentuan yang ada pada Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Pasal 9 tentang Sporting Criteria.

Dalam ketentuan itu tidak disebut jika runner-up Piala Lokal (Piala Indonesia) memiliki hak mengambil sisi di Piala AFC. Diterangkan fokus pertama juara persaingan (Liga 1), selanjutnya juara Piala Lokal, runner-up Liga 1, urutan ke-3 Liga 1.

Jika mengarah dengan ketentuan yang ada, Persipura lebih memiliki hak dibandingkan Persija untuk bermain di Piala AFC. Pasukan Jacksen F Tiago itu menempati rangking ke-3 klassemen Liga 1 2019.

Persebaya Surabaya yang ada di urutan ke-2 Liga 1 2019, tidak bisa bermain di Piala AFC. Pemicunya sebab club berjuluk Bajul Ijo itu tidak kantongi AFC Club Licensing 2020.

“PSSI lewat meeting Exco keluarkan keputusan, apa keputusan yang ada berdasarkan manual AFC atau ada sesuatu hal lain. Ini yang kami tidak paham, jika ada landasan lain terangkan,” katanya.

Sumber : Goal.com

Related Articles

Back to top button