Wat is HODL-cryptocurrency

Rancakmedia.com – Jika kamu ingin memahami apa itu HODL, kamu dapat memahami dengan sederhana sebagai tindakan membeli aset dan menahannya dalam priode waktu tertentu.

Apa itu HODL

Dalam dunia uang digital, istilah “HODL” mengacu pada metode investasi yang melibatkan pembelian aset dan menahannya untuk jangka waktu yang lama.

Volatilitas jangka pendek di pasar cryptocurrency sering kali mengharuskan penggunaan strategi HODL untuk melindungi investor dari kerugian lebih lanjut. Tujuan strategi ini adalah menghasilkan uang dalam jangka panjang.

Istilah HODL yang sebenarnya berasal dari kata “hold” atau “tahan”, kemudian mendapat anggapan bahwa singkatan dari hold on for dear life.

Hal ini tentunya sesuai dengan konsep yang termasuk dalam strategi HODL. HODL adalah istilah yang digunakan di dunia bitcoin untuk menyatakan aset bahwa kamu tidak boleh menjual aset lancar apa pun.

Mempertahankan aset di dunia bitcoin tidak semudah kelihatannya. Misalnya, kamu memperoleh aset bitcoin. Dimungkinkan untuk menahan kerugian atau mempertahankan saham jika harganya turun. Akibatnya, HODL menjadi pilihan yang layak dalam strategi ini.

Umumnya untuk menjaga aset yang dimiliki akan dilakukan cut loss. Hal ini dilakukan agar kerugian tidak bertambah dengan ekspektasi harga akan terus turun. Namun, kebalikannya benar dengan strategi HODL.

Orang yang mempraktikkan strategi HODL berpikir bahwa di masa depan harga aset mereka akan naik lagi.  Dalam harga untuk menggunakan strategi HODL, seseorang harus memiliki keyakinan akan kenaikan harga di masa depan setelah harga aset mencapai harga beli.

Asal Usul Penggunaan Istilah HODL

Ketika kamu pertama kali mendengar “strategi HODL”, kamumungkin percaya itu salah ketik. Sebuah forum bitcoin adalah tempat kejadian, yang berlangsung pada tahun 2013.

Kejadian itu terjadi pada tahun 2013 di sebuah forum bitcoin. Ketika itu, seorang pengguna forum bernama Game Kyuubi membuat sebuah postingan dengan kalimat “I’M HODLING” menganut strategi buy-and-hold.

Kalimat tersebut merupakan kesalahan ketik karena seharusnya “I’M HOLDING”. Namun, kalimat tersebut dibicarakan dan terus dikukuhkan menjadi istilah yang tidak salah di berbagai forum.

Padahal, itu hanyalah ungkapan kekecewaan karena menurunnya harga bitcoin setelah sempat naik drastis.

Selama periode waktu itu, pada tahun 2013, harga bitcoin meningkat dari $15 menjadi $1.100 pada periode Januari hingga awal Desember.

Namun, harga bitcoin kemudian anjlok pada pertengahan Desember 2013 menjadi 716 dolar. Kejadian ini membuat banyak orang kesal dan menyebabkan Game Kyuubi memposting ketidakpuasannya.

Terlepas dari kenyataan bahwa kalimat “I AM HODLING” salah, Game Kyuubi menunjukkan tindakan yang benar.

Akhirnya, harga bitcoin mencapai rekor tertinggi $19.167 pada penutupan tahun 2017 menurut data. HODLers mungkin yakin bahwa harga bitcoin, yang mencapai $58.000 pada awal 2021, tidak akan turun di bawah level itu.

Strategi dan Filosofi HODL

Strategi HODL dibangun di atas filosofi untuk tidak memperdagangkan aset berdasarkan fluktuasi harga jangka pendek, seperti yang dilakukan oleh Game Kyuubi.

Strategi HODL didasarkan pada gagasan bahwa memegang aset memiliki potensi kerugian yang lebih rendah daripada menukarnya dengan cepat.

Dengan menerapkan HODL, perdagangan akan mencegah ketakutan kehilangan (FOMO) dan ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD).

Ketika berbicara tentang cryptocurrency, world of missing out (FOMO) akan menyebabkan investor menjadi terlalu percaya diri dan membayar lebih untuk aset. Akibat ketakutan dan keengganan yang ditimbulkan oleh FUD, perusahaan akan lebih rela menjual dengan harga murah.

Alih-alih “Bertahan untuk Kehidupan yang Terhormat,” mungkin lebih salah jika memegang HODL “Bertahan untuk Kehidupan yang Lebih Baik” untuk menekankan perlunya memegang aset-aset ini.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan HODL

Cryptocurrency seperti bitcoin, ripple, dan lainnya diperkirakan akan terus naik harganya. Hal ini karena dari waktu ke waktu diketahui banyak pebisnis yang menaruh perhatian pada cryptocurrency.

Meskipun pada awalnya dirancang untuk berfungsi sebagai pengganti mata uang fiat, cryptocurrency telah melampauinya dalam hal kapitalisasi pasar.

Cryptocurrency memiliki karakter yang mudah berubah sehingga keunggulannya dibandingkan mata uang sebenarnya adalah menghasilkan lebih banyak long dan short.

HODL mengabaikan keuntungan ini demi memperlakukan cryptocurrency seolah-olah mereka adalah aset berwujud. Metode HODL, di sisi lain, memiliki keuntungan dalam menjaga aset.

HODL memastikan perlindungan yang lebih baik bagi pemilik aset ketika volatilitas jangka pendek relatif sering berubah. Strategi HODL berpotensi memberikan keuntungan besar atau kerugian besar. Tidak ada rugi atau rugi sederhana yang “dapat ditanggung” jika kamu terus melakukan HODL.

Namun, umumnya HODL akan membuat harga aset tetap lebih besar harganya. Seperti komoditas yang ditimbun oleh perantara, jika suatu produk tidak didistribusikan secara luas di pasar, harganya akan meningkat. Namun, perubahan dalam penggunaan produk akan menjadi masalah besar.

Memulai Bisnis Dengan Pendanaan Modal Rakyat

Memulai bisnis membutuhkan modal yang cukup. Pada kenyataannya, sangat jarang modal yang diharapkan sebelumnya meningkat seiring dengan berkembangnya bisnis dan menjadi lebih produktif. Untungnya, People’s Capital sekarang memungkinkan untuk merencanakan keuangan bisnis.

Person’s Capital adalah platform yang memungkinkan pelaku bisnis untuk mengidentifikasi sumber dana. Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan akan terhubung dengan penyedia bantuan yang dapat diandalkan.

Conclusie

HODL adalah istilah yang digunakan di dunia bitcoin untuk menyatakan aset bahwa kamu tidak boleh menjual aset lancar apa pun.

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang apa itu HODL, keuntungan dan kerugian menggunakan  HODL, serta strategi HODL.

Demikian artikel tentang Apa itu HODL Cryptocurrency, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Terug naar boven knop

Adblock gedetecteerd

Schakel uw AdbLock-browser UIT om door te gaan. Bedankt / Schakel eerst uw AdBlock uit. Dank je