Advertisement

Gibran Rakabuming Membantah Terkait Isu Pengadaan Tas Bansos

Gibran Rakabuming Membantah Terkait Isu Pengadaan Tas Bansos –  Putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka disebutkan dalam kabar berita medium turut mereferensikan penyediaan tas untuk kontribusi sosial oleh Kementerian Sosial (Kemensos) ke PT Sritex. Bahkan juga, tagar #TangkapAnakPakLurah menjadi viral topic di Twitter.

“Ya tangkap saja jika salah. Tangkap saja jika ada faktanya. Ini saya tekankan kembali saya tak pernah ikut-ikut. Tak pernah yang bernama mereferensikan memerintah atau apa saja itu. Saya tak pernah terima apa saja itu dari dana bantuan sosial,” kata Gibran yang dijumpai sehabis memberi kontribusi nutrisi di Banyuagung, Kadipiro, Solo, Senin (21/12/2020). Menyikapi kabar berita medium itu, Gibran menentang mereferensikan penyediaan tas untuk bantuan sosial ke perusahaan berada di Kabupaten Sukoharjo.

Ia memperjelas, tak pernah mereferensikan atau memerintah atau ikut serta dalam soal bantuan sosial, apa lagi mereferensikan goodie bag. “Tak pernah semacam itu. Itu informasi yang tidak betul,” kata Gibran. “Ya kelak silahkan saja dikroscek ke KPK, kroscek ke Sritex. Sepertinya faksi Sritex telah keluarkan pernyataan. Jadi, itu berita-berita yang tidak betul dan tidak dapat ditunjukkan. Jika ingin korupsi kok korupsinya baru saat ini. Tidak dulu-dulu. Saya tak pernah semacam itu,” ikat ia.

Disentil sumber dana kampanye, Gibran yang calon Wali Kota Solo menyilahkan untuk memeriksa ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). “Dana kampanye dapat dilihat sendiri. Dapat dilihat seluruh LHKPN, dana kampanye semua dapat dilihat online. Silahkan kelak check ke Bu Roro (bendahara DPC PDI-P). Kita tak pernah yang bernama ditutup-tutupi,” papar Gibran.

Gibran akui mengenal dengan Mensos Juliari Peter Batubara. Tapi, dianya menjelaskan tidak pernah berjumpa langsung dengan Juliari. “Dan tak pernah saya ikut serta dalam permasalahan bantuan sosial. Apa lagi mereferensikan goodie bag, tak pernah sekalinya. Silahkan check ke Sritex, check ke KPK. Jika ada faktanya sini ditunjukkan. Tidak ada yang semacam itu,” keras ia.

“Saya tekankan kembali. Saya tak pernah ikut-ikut yang bernama mereferensikan, memerintah, apa saja itu saya tak pernah terima apa saja itu dari dana-dana bantuan sosial,” tegasnya kembali. Terpisah, Head of Corporate Communication PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex), Joy Citradewi benarkan, PT Sri Rejeki Isman Tbk memperoleh pemesanan tas goodie bag untuk bantuan sosial oleh Kemensos pada April kemarin. “Inquiry itu diterima oleh faksi pemasaran kami segera dari Kemensos dan sudah diolah sesuai proses yang berjalan,” katanya.

Tetapi, faksinya menentang bila penyediaan tas bantuan sosial itu adalah hasil referensi dari Gibran. “Kami pengin mengonfirmasi jika tuduhan yang tersebar berkenaan ada referensi dari Gibran Rakabuming Raka itu tidak betul. Kami menghargai proses hukum yang berjalan dan mengharap rumor ini bisa selekasnya diselesaikan secara baik,” jelasnya.

Sumber : kompas.com

Tombol kembali ke atas