Advertisement

Berikut Syarat dan Cara Agar Lolos Seleksi Pra-kerja Serta Jadwal Pra-Kerja Gelombang 12

Berikut Syarat dan Cara Agar Lolos Seleksi Pra-kerja Serta Jadwal Pra-Kerja Gelombang 12 – Info tentang registrasi Kartu Prakerja Gelombang 12 yang siap dibuka tahun depannya, selekasnya check di www.prakerja.go.id untuk mendaftarkan gelombang seterusnya.

Sama seperti yang dijumpai, program Kartu Prakerja adalah semi bansos dari pemerintahan, yang diperuntukkan ke warga Indonesia yang akan menambahkan kekuatan dan kapabilitas. Disamping itu, peserta program ini akan memperoleh dana stimulan dari pemerintahan.

Program Kartu Prakerja yang sebenarnya diutamakan untuk warga Indonesia yang pengin mempunyai atau pengin tingkatkan ketrampilannya. Melalui jalan digital lewat marketplace diputuskan dalam training Kartu Pra Kerja untuk mempermudah pemakai cari, memperbandingkan, pilih, dan memberikan penilaian.

Registrasi Kartu Prakerja Gelombang 11 sah ditutup pada 4 November 2020 lalu, beberapa pendaftar tinggal memeriksa posisi informasi pada situs prakerja.go.id.

Sudah diketahui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sediakan paket untuk 400.000 peserta. Paket itu berawal dari peserta gelombang 1 sampai 10 yang ditarik sebab tidak penuhi persyaratan dan tidak berhasil.

Pemerintahan sudah buka program Kartu Prakerja ini dimulai dari bulan April 2020. Arah intinya untuk tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menolong warga Indonesia atas ketidakjelasan ekonomi karena Wabah Covid-19.

Bujet yang diberi pemerintahan untuk program Kartu Prakerja ini sebesar Rp20 triliun. Nanti, peserta yang bisa lolos dan dipastikan selaku peserta aktif akan diberi dana stimulan sebesar Rp600 ribu sepanjang 4 kali pembayaran, hingga keseluruhan yang didapat Rp2,4 juta.

Walau Kartu Prakerja gelombang 11 ialah gelombang paling akhir ditahun 2020, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menjelaskan jika pembukaan program kartu Prakerja gelombang 12 akan selekasnya dibuka pada tahun 2021 kedepan.

Ini sudah diverifikasi oleh Denni Purbasari sebagai Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja pada Selasa 3 November 2020 lalu seperti diambil dari Di antara.

 

“Jadi Kartu Prakerja akan diteruskan di 2021 hingga untuk beberapa sahabat Prakerja yang sudah memasukkan data dan yang nanti belum bisa lolos selaku yang menerima tahun ini jangan berkecil hati sebab bisa mengikut batch seterusnya, batch 1 pada tahun 2021,” kata Denni.

Berikut syarat yang perlu disanggupi supaya bisa lolos mengikut program ini pada tahun 2021:

  1. Warga Negara Indonesia yang sudah berusia 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  2. Bukan merupakan pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
  3. Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara, TNI/POLRI, Kepala Desa dan perangkat Desa, serta Direksi, Komisaris.
  4. Bukan merupakan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD).
  5. Bukan merupakan penerima bansos di Kementerian Sosial (Kemsos)
  6. Bukan merupakan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).
  7. Bagi Anda yang akan daftar Kartu Prakerja gelombang 12, dan sudah memenuhi persyaratan.

Buka prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer Anda,

  1. Siapkan nomor KTP serta NIK Anda.
  2. Masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.
  3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.
  4. Klik “Gabung” pada gelombang 12 yang sedang dibuka.

Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang 12 melalui SMS. Selaku info tambahan, registrasi Kartu Prakerja cuman berlaku sekali sepanjang umur, ini berarti, bila Anda telah memperoleh stimulan pada tahun 2020 karena itu Anda tidak terima untuk ke-2 kalinya pada tahun depan.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas