Cara Daftar Bantuan DTKS Kemensos di Link dan Aplikasi

Rancakmedia.com – Berikut cara cek penerima dana bansos PKH dan BNPT yang disalurkan November 2021 dan cara pendaftaran bansos atau bantuan DTKS dari Kementerian Sosial melalui Cekbansos.kemensos.go.id (link) dan Sosial Aplikasi Pemeriksaan Bantuan.

Kementerian Sosial mengumumkan bantuan lebih lanjut untuk KPM yang terkena dampak epidemi, yaitu bantuan sosial sebesar Rp 200.000 per keluarga per bulan.

“Untuk meringankan beban masyarakat miskin dan rentan terdampak pandemi, Kemensos menyiapkan bantuan tambahan sebesar Rp7,08 triliun yaitu Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp200 ribu/keluarga/bulan,” kata Kemensos. tulis Kemensos, seperti dikutip dari laman Instagram resmi Kementerian Sosial.

Untuk diketahui, Kemensos telah memutuskan bantuan sosial DTKS Kemensos untuk program PKH 2021 dan BPNT tetap diberikan hingga Desember 2021. Bantuan PKH 2021 saat ini memasuki tahap 4 pada November 2021.

Pembayaran bansos PKH 2021 akan dipertahankan mulai November hingga Desember 2021. Bantuan PKH 2021 hanya diberikan kepada keluarga kurang mampu dan yang terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Dalam PKH 2021, KPM dapat memperoleh dana bansos maksimal Rp 10,8 juta per keluarga dengan kualifikasi yang ditentukan.

🔥TRENDING:  Peserta Kartu Prakerja gelombang 22 sudah diumumkan Berikut Cara Ceknya

Bagi KPM yang sudah mengetahui cara mendaftar DTKS Kemensos dan sudah mendaftar, maka bisa langsung mengecek penerima Bansos PKH 2021 di Cekbansos.kemensos.go.id dan cek aplikasi bansos, karena Kemensos Mendagri saat ini sedang memvalidasi data untuk mengeluarkan sejumlah bantuan sosial termasuk PKH 2021.

Sedangkan KPM yang belum mengetahui cara mendaftar DTKS Kementerian Sosial harus segera mendaftar dengan persyaratan tertentu.Daftar Bantuan DTKS Kemensos

Berikut persyaratan daftar DTKS Kemensos:

  1. Orang miskin/rentan miskin.
  2. Bukan Anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.
  3. Untuk PKH, pastikan Anda menjadi warga negara Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian karena kehilangan pekerjaan (PHK).

Jika Anda memenuhi persyaratan ini, Anda dapat mendaftar untuk peserta KPM DTKS Kementerian Sosial dengan cara berikut.

Berikut cara daftar DTKS Kemensos

  1. Belum ada pendaftaran DTKS Kemensos secara online. Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke instansi pemerintah setempat seperti RT/RW atau kantor Kelurahan/Desa.
  2. Setelah mendaftar di RT/RW atau di kantor Kelurahan/Desa, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dengan teknis pendaftaran di tempat yang sesuai.
  3. Setelah itu, Anda memasukkan data tambahan seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga di Data Terpadu.
  4. Data yang telah diisi selanjutnya akan diproses oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA), kelurahan, dan walikota/kabupaten.
  5. Khusus untuk BPNT nanti akan dibentuk rekening bank, dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
🔥TRENDING:  Pada Pendaftaran CPNS 2021 Tidak Lagi Dibuka Untuk Formasi Guru

Jika sudah mendaftar menjadi peserta DTKS Kemensos, bisa mengecek apakah lolos dan layak mengikuti bansos PKH 2021 dari Kemensos atau tidak. KPM yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos bisa mengecek penerima bansos PKH 2021 secara online di Cekbansos.kemensos.go.id.

1 2Next page
Back to top button