Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Berikut Cara Daftarnya

Lovata Andrean

Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Berikut Cara Daftarnya
Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Berikut Cara Daftarnya

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 22 jika sudah punya akun Prakerja:

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, untuk daftar Prakerja gelombang 22 hanya perlu login di laman www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan kata sandi.

  • Selanjutnya, klik “Gabung” untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.
  • Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Selanjutnya klik “Berikutnya”.
  • Jika ada kolom isian yang tidak tepat, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.
  • Lalu lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisikan yaitu alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti .
  • Setelah terisi, unggah foto atau pindai KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: “Saya menyediakan seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya”. Lalu klik “Lanjutkan”.
  • Proses selanjutnya adalah pengungkit nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP melalui nomor yang terdaftar.
  • Usai mengisi kode OTP, klik “Kirim”. Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftaran: “Apakah saat ini Anda menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “Oke”.

Tes motivasi dan kemampuan dasar

Tes ini merupakan rangkaian dari proses pendaftaran di Kartu Prakerja. Tujuan adalah mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan berkah. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika sudah 5 menit tapi belum ada perubahan, klik tombol “Refresh”.

Itulah cara daftar program Kartu Prakerja ke-22 di website www.prakerja.go.id. Seperti diketahui, anggota Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan pembayaran sebesar Rp. 3,55 juta. Jika dijabarkan, anggaran pelatihan sebesar Rp. 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survey Rp. 50.000 untuk tiga survei.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, disebutkan bahwa jika penerima Kartu Prakerja tidak mengambil Diklat dalam jangka waktu 30 hari, peserta Kartu Prakerja akan dibatalkan.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja ke-22 di www.prakerja.go.id. Semoga lulus seleksi Kartu Pra Kerja ke-22 dan mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan di dunia kerja/usaha.

Kesimpulan

Kartu Prakerja merupakan inisiatif pemerintah untuk meningkatkan kemampuan pegawai, khususnya lulusan baru atau yang telah diberhentikan. Jika Anda lulus seleksi pendaftaran pra-kerja ke-22, Anda dapat memperoleh dana pelatihan dan insentif keuangan sebesar Rp. 2,4 juta. Cara mendaftar Kartu Prakerja ke-22.

Jika Anda sudah memiliki akun, Anda cukup melakukan check in ke situs www.prakerja.go.id/ menggunakan email dan kata sandi Anda.

Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dianalisis. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Anggota Kartu Prakerja akan menerima pembayaran bantuan sebesar Rp. 3,55 juta dan insentif pasca pelatihan.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks