173.329 Guru Honorer Lolos PPPK Tahap I Berikut Cara Mengecek dan Linknya

Rancakmedia.com – Sebanyak 173.329 guru honorer lolos tahap pertama seleksi ASN Guru PPPK 2021. Jumlah tersebut disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam siaran virtual Pengumuman Hasil Seleksi Guru ASN PPPK, Jumat (10/8/2021).

“Dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat juga akan berpeluang lebih besar untuk mengikuti program pengembangan kompetensi sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pengajaran yang dialami siswa Indonesia,” kata Nadiem.

Lebih lanjut Nadiem mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan 1.02.616 formasi untuk guru ASN PPPK. Kemudian, jumlah yang diusulkan oleh pemerintah daerah adalah 506.252 formasi.

“Jumlah formasi guru PPPK ASN yang jumlahnya kurang lebih 500 ribu ini bisa dibilang rekor terbesar dalam beberapa tahun terakhir, oleh karena itu perlu kita syukuri dan nikmati bersama,” kata Nadiem.

Pengumuman peserta yang lulus PPPK Guru ASN Tahap 1 tahun 2021 dapat dilihat di gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil tahap 1/ dan hanya dapat dicek pada pukul 12.00 WIB. Dalam seleksi ini, pemerintah telah menetapkan sejumlah langkah positif. Kebijakan afirmasi yang dikeluarkan merupakan nilai tambah dari nilai maksimal kompetensi teknis.

🔥TRENDING:  PPKM Berakhir Pada 2 Agustus 2021

Untuk individu yang memegang kredensial pendidik, afirmasi tambahan 100 persen disediakan. Kemudian, bagi individu yang berusia di atas 35 tahun diberikan tambahan afirmasi 15 persen, bagi penyandang disabilitas tambahan 10 persen, dan untuk guru honorer THK-II diberikan tambahan afirmasi 10 persen.

Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Panselnas melakukan sejumlah perubahan nilai ambang batas. Antara lain untuk usia peserta seleksi di atas 50 tahun mendapatkan nilai maksimal kompetensi teknis 100 persen dan nilai maksimal unsur manajerial-sosial budaya dan wawancara 10 persen.

Sementara itu, seluruh peserta yang berusia di bawah 50 tahun akan mendapatkan 10 persen nilai maksimal kompetensi teknis dan 10 persen nilai maksimal manajerial-sosiokultural serta wawancara.

Dengan total 173.329 peserta yang lolos seleksi ini, berarti 53,7 persen formasi guru telah terisi dari 322.663 formasi yang diajukan pada seleksi ASN Guru PPPK tahap pertama 2021.Cara mengakses pengumuman PPPK Guru 2021

🔥TRENDING:  Sering Terjadi Kecelakaan Pesawat di Indonesia Ini Analysisnya

Cara MengaksesPengumuman PPPK Guru 2021

Pj Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek Anang Ristanto mengatakan, pengumuman dapat dilakukan melalui situs resmi PPK Guru.

“Peserta dapat mengakses website https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil tahap 1/,” kata Anang melalui WhatsApp, Jumat (10/8/2021).

Sementara itu, berdasarkan informasi dari pengumuman resmi, hasil seleksi kompetensi Guru PPPK tahap pertama dapat dibuka mulai pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, untuk mengakses pengumuman, peserta cukup memasukkan NIK dan nomor peserta masing-masing.

Setelah itu, peserta dapat mengklik kolom “MENCARI”, dan selanjutnya akan ditampilkan hasil seleksi kompetensi Program Diklat tahap pertama.

Pencarian Populer

Aturan Pppk Tahap 1 - Hasil Pppk Tahap 1 - Penggajian Pppk Tahap 1- Pengumuman Pppk Tahap 1 - Sk Pppk Tahap 1 -

1 2Next page
Back to top button