Cek Pakai KTP Cairkan Bansos Oktober 2021 dan Dapatkan Rp6 Juta

Rancakmedia.com – Hanya dengan menggunakan KTP, Anda bisa mengecek nama-nama penerima PKH, lansia, siswa sekolah PKH dan juga ibu hamil PKH yang totalnya sekitar Rp. 6 juta.

Bagaimana cara merawatnya? yuk simak penjelasan berikut ini agar Anda bisa mendapatkan bantuan untuk ibu hamil.

Selain ibu hamil, anak usia dini bisa mendapatkan BLT PKH Bantuan Sosial Rp. 6 juta dari Kementerian Sosial. Untuk mendaftar ikuti prosedur di bawah ini, seperti yang dijelaskan dalam posting ini, 4 Oktober 2021.

Menteri Sosial Risma menyatakan Bantuan Sosial Tunai Covid-19 atau BST sebenarnya sudah dihentikan pada September 2021. Meski begitu, Mensos Risma menggarisbawahi bahwa penyaluran bantuan sosial PKH dan BPNT atau Kartu Sembako akan berlanjut pada Oktober hingga Desember 2021.

“Bantuan sosial PKH dan BPNT akan terus berlanjut, baik ada pandemi maupun tidak, karena (bantuan) itu untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata Risma seperti dikutip Antara, Rabu, 22 September 2021.

Program Bantuan Sosial PKH merupakan inisiatif Kementerian Sosial yang menyasar berbagai kalangan, mulai dari ibu hamil, anak sekolah, lansia, hingga penyandang disabilitas. Masyarakat penerima PKH Kemensos akan mendapatkan bantuan dalam jumlah yang beragam.

Cara penyaluran PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam setahun melalui rekening Bank Himbara yang terdaftar. Dengan begitu, pada triwulan IV ini, bansos PKH kemungkinan besar akan dibayarkan pada bulan Oktober untuk periode Oktober, November, dan Desember 2021.

Namun, hingga kini belum ada pengumuman resmi kapan dan pada hari apa bansos PKH Oktober 2021 akan disetorkan ke rekening tersebut. Untuk mengetahui statistik penerima PKH terbaru bulan ini, masyarakat dapat mengecek nama-nama penerima bansos PKH di situs resmi Cekbansos.kemensos.go.id.

🔥TRENDING:  Aturan Baru Gaji PNS Kapan Berlaku ?

Perlu diketahui bahwa penerima bansos PKH adalah nama yang telah terdaftar di DTKS Kemensos. Lalu, bagaimana jika nama tersebut tidak terdaftar dan ingin mendaftar ke DTKS Kemensos?

Cek Pakai KTP Cairkan Bansos Oktober 2021

Cara Daftar DTKS Kemensos Dengan Fitur ‘Sarankan’ dan ‘Tolak’

Jika nama Anda tidak terdaftar sebagai penerima bansos PKH Oktober 2021, Anda dapat mendaftar ke sistem DTKS Kemensos melalui bakti sosial, RT/RW, Kelurahan, atau mendaftar secara mandiri menggunakan Bantuan Sosial Kemensos Periksa aplikasi.

Dilansir dari Antara, Kemensos menjamin selalu ada pencocokan dan pemutakhiran data penerima bansos.

Jadi, individu yang merasa membutuhkan bantuan dapat mendaftar ke dinas sosial atau RT/RW setempat untuk diajukan. Masyarakat juga dapat memanfaatkan fungsi Saran dan Sengketa dari aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Pertama-tama download aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store. Kemudian segera selesaikan pendaftarannya. Masuk ke akun Cek Bantuan Sosial Kementerian Sosial dan cari fungsi Proposal. Masyarakat dapat mengisi data calon penerima bansos Kemensos dengan jujur.

Rincian nominal atau besaran bantuan (bansos) untuk PKH 2021:

  • PKH untuk ibu hamil sebesar Rp 3 juta per tahun atau Rp 750 ribu per bulan.
  • PAUD akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3 juta per tahun atau Rp. 750 ribu setiap bulannya.
  • Anak usia sekolah dasar akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 900 ribu per tahun atau Rp. 225 ribu per bulan.
  • Siswa usia sekolah menengah mendapatkan bantuan sebesar Rp. 1,5 juta per tahun atau Rp. 375 ribu per bulan.
  • Siswa usia SMA akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta per tahun atau Rp 500 ribu per bulan.
  • PKH untuk lansia sebesar Rp 2,4 juta per tahun atau Rp 600 ribu per bulan.
  • PKH Penyandang Disabilitas sebesar Rp 2,4 juta per tahun atau Rp 600 ribu per bulan.
🔥TRENDING:  Ikuti Pelatihan Kartu Prakerja dan Login dashboard kartuprakerja.go.id

Untuk mengetahui nama anak sekolah penerima BLT PKH dan jadwal penyalurannya, masyarakat dapat mengecek website resmi Cek Bansos yang dikendalikan Kementerian Sosial RI di laman Cekbansos.kemensos.go.id dengan NIK KTP.

Caranya:

  • Klik https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Masuk Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  • Masukkan nama PM (Beneficiary) sesuai KTP
  • Ketik kode 8 huruf (dipisahkan dengan spasi) yang diberikan pada kotak kode
  • Jika kode huruf tidak terlihat, klik icon untuk mendapatkan kode huruf baru
  • Klik tombol CARI DATA

Semoga informasi ini bermanfaat, itulah informasi Cek dengan KTP untuk Cairkan Bansos Oktober 2021.

Kesimpulan Mengenai Cek Dengan KTP Untuk Cairkan Bansos:

Program Bantuan Sosial. PKH merupakan inisiatif Kementerian Sosial yang menyasar berbagai kalangan, mulai dari ibu hamil, anak sekolah, lansia, hingga penyandang disabilitas. Cara penyaluran PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam setahun melalui rekening Bank Himbara yang terdaftar.

Kemensos menjamin selalu ada pencocokan dan pemutakhiran data penerima bansos. Individu yang merasa membutuhkan bantuan dapat mendaftar ke dinas sosial atau RT/RW setempat untuk pengajuan. Masyarakat juga dapat memanfaatkan fungsi Usulan dan Sengketa dari aplikasi Cek Bantuan Sosial Kementerian.

Back to top button