Cek Nama KPM yang Terima Bansos melalui Aplikasi Cek Bansos dan Link cekbansos.kemensos.go.id

Rancakmedia.com – Masyarakat tetap dapat mengecek penerima bantuan sembako BPNT melalui tautan Cekbansos.kemensos.go.id meski Kementerian Sosial telah merilis aplikasi Cek Bansos. Saat ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat melakukan check in dengan dua cara.

Akan lebih mudah untuk mengecek di link Cekbansos.kemensos.go.id karena pengguna tidak perlu login menggunakan email dan membuat akun terlebih dahulu. Sedangkan dengan aplikasi Cek Bansos, pengguna dipaksa untuk login melalui email.

KPM bisa mengecek salah satunya melalui link Cekbansos.kemensos.go.id atau di aplikasi Cek Bansos karena hasil keduanya akan sama. Sedangkan untuk cara pengecekan penerima bantuan sembako BPNT bisa menggunakan EKTP.

Kartu EKTP akan diminta oleh KPM untuk memasukkan informasi alamat rumah dan nama lengkap. Pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung ke koneksi internet yang stabil.

Simak cara cek nama penerima berikut di link Cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos sebagai berikut:

Aplikasi Cek Bansos dan Link cekbansos.kemensos.go.id

Cek bansos.kemensos.go.id link

  • Buka link web checkbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Desa sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Masukkan nama lengkap sesuai KTP.
  • Masukkan kode verifikasi yang diberikan, lalu tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul tidak jelas.
  • Tekan tombol ‘Cari Data’.
🔥TRENDING:  Pegawai Kemensos Diminta Jangan Kaget Karena Risma Tidak Akan Rubah Kebiasaaannya

Aplikasi Cek Bantuan Sosial

  • Download aplikasi Cek Bansos atau web link \sCekbansos.kemensos.go.id
  • Buat akun atau user ID baru jika menggunakan aplikasi Cek Bansos
  • Login menggunakan user ID yang telah diotorisasi dan dikonfirmasi oleh admin Kemensos saat menggunakan aplikasi Cek Bansos
  • Masukkan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Desa sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Masukkan nama lengkap sesuai KTP
  • Masukkan kode verifikasi yang diberikan, lalu tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul tidak jelas.
  • Tekan tombol ‘Cari Data’
  • Bantuan sembako BPNT pada September 2021 rencananya akan dicairkan dengan tambahan anggaran disertai kuota penerima. Hal ini sejalan dengan rekomendasi Kementerian Sosial dalam rapat kerja yang dilakukan dengan DPR.

Bantuan sembako BPNT, sesuai dengan namanya, tidak cair dalam bentuk non tunai melainkan berupa saldo kartu sembako yang dapat digunakan untuk kebutuhan pokok sesuai kebutuhan KPM di stan elektronik.

🔥TRENDING:  Berikut Syarat Bagi Karyawan Berpenghasilan Rp 16,6 Agar Tidak Kena PPh 21

Kartu sembako bekerja hampir sama dengan kartu ATM kecuali tidak dapat dicairkan secara tunai.

Masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sembako BPNT dapat mendaftarkan diri atau orang lain melalui aplikasi dengan terlebih dahulu memasukkan data diri dengan benar sesuai dengan keadaan.

Kesimpulan

Masyarakat tetap dapat mengecek penerima bantuan sembako BPNT melalui tautan Cekbansos.kemensos.go.id meski Kementerian Sosial telah merilis aplikasinya. Saat ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat melakukan check in dengan dua cara.

Bantuan sembako BPNT pada September 2021 rencananya akan dicairkan dengan tambahan anggaran disertai kuota penerima. Hal ini sejalan dengan rekomendasi Kementerian Sosial dalam rapat kerja yang dilakukan dengan DPR. Kartu sembako bekerja hampir sama dengan kartu ATM kecuali tidak dapat ditransfer secara tunai.

Back to top button