NASIONAL

Cara Daftar Program Kartu Prakerja di Prakerja.go.id

Rancakmedia.com – Kesempatan kembali dibuka untuk mengikuti program Kartu Prakerja. Berikut cara daftar Kartu Prakerja untuk bisa meningkatkan keahlianmu di berbagai bidang.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kemampuan para pekerja, terutama lulusan baru atau yang terkena PHK. Kali ini, program Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 20.

Cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 20 mudah dilakukan dengan menggunakan handphone (Hp). Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 20 melalui website prakerja.go.id.

Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menyatakan, pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 20 telah dibuka hari ini, Kamis (9/9). “Hari ini jam 12.00 WIB kami akan membuka pendaftaran gelombang 20 dengan kuota 800.000 (penerima),” ucap Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis (9/9).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pembukaan Kartu Prakerja ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19.

Adapun alokasi anggaran pelaksanaan kartu prakerja pada semester dua tahun 2021 adalah Rp 10 triliun. “Dengan alokasi anggaran yang tersedia di semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada setidaknya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran,” ujar Denni dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/8).

Cara Daftar Program Kartu Prakerja

Sama seperti sebelumnya, kuota yang tersedia pada program Kartu Prakerja gelombang 20 ini adalah 800.000 orang. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 hanya bisa dilakukan melalui link www.prakerja.go.id.

🔥TRENDING:  Penyebab Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel

Selain link itu, dapat dipastikan palsu atau abal-abal, meski mengatasnamakan Kartu Prakerja. Bagi peserta yang sebelumnya telah mendaftar seleksi gelombang dan gagal, dapat mengikuti kembali tanpa perlu mengulangi proses pendaftaran dari awal.

Cara Daftar Program Kartu Prakerja gelombang 20

Sebelum daftar Kartu Prakerja gelombang 20, pastikan bahwa Anda telah memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut cara membuat akun Prakerja:

  • Jika belum memiliki akun Kartu Prakerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Prakerja di laman https://www.prakerja.go.id.
  • Pendaftar akan diminta untuk mengisikan alamat email, membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password).
  • Kemudian centang pernyataan di bawahnya, lalu klik “Buat Akun”.
  • Nantinya, pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan.
  • Buka email tersebut dan lakukan verifikasi dengan klik tautan yang telah dikirimkan via email. Akun Kartu Prakerja pun telah aktif.

Cara Daftar Program Kartu Prakerja gelombang 20 jika sudah punya akun Prakerja:

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, hanya perlu login di laman https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan password.

  • Selanjutnya, klik “Gabung” untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.
  • Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Selanjutnya klik “Berikutnya”.
  • Jika ada kolom isian yang tidak tepat, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.
  • Lalu lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisikan yaitu alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti.
  • Setelah terisi, unggah foto atau scan KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: “Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya”. Lalu klik “Lanjutkan”.
  • Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang terdaftar.
  • Usai mengisi kode OTP, klik “Kirim”. Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftar: “Apakah saat ini Anda menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “Oke”.
🔥TRENDING:  Ariel NOAH mengungkap hubungannya dengan Bunga Citra Lestari atau BCL yang Kerap Tampil Mesra

Tes motivasi dan Kemampuan Dasar Program Kartu Prakerja

Tes ini merupakan rangkaian dari proses pendaftaran di Kartu Prakerja. Tujuannya adalah mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika sudah 5 menit tapi belum ada perubahan, klik tombol “Refresh”.

Itulah cara daftar Kartu Prakerja gelombang 20 di link www.prakerja.go.id. Seperti diketahui, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Bila dirinci, dana pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali survei.

🔥TRENDING:  Calon Penumpang Sriwijaya Air SJ-182 Yang Batal Flight Ceritakan Kisah Berikut

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 11 tahun 2020, dijelaskan bila penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pemilihan Pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka penerima Kartu Prakerja dicabut kepesertaannya.

Semoga Anda lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 20 dan mendapatkan pelatihan untuk menambah ketrampilan di dunia kerja/usaha.

Kesimpulan:

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja, khususnya lulusan baru atau yang telah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Pendaftaran program kartu prakerja angkatan ke-20 dibuka hari ini, Kamis (9/9).

Kuota yang tersedia untuk gelombang ini adalah 800.000 dan pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui link www.prakerja.go.id. Bagi peserta yang sebelumnya telah melakukan registrasi gelombang seleksi dan gagal, dapat mengikuti kembali tanpa perlu mengulang proses registrasi.

 

Back to top button