FINANCENASIONAL

Cara Daftar Pengajuan Bansos Via Aplikasi Cek Bansos Kemensos

rancakmedia.com – Berikut cara daftar pengajuan bansos melalui aplikasi cek dari Kemensos. Kementerian Sosial (Kemensos) telah menerbitkan aplikasi Cek Bansos yang dapat digunakan masyarakat untuk mengecek penyaluran bansos.

Menu baru bernama Sugesti dan Sanggahan juga tersedia di aplikasi Cek Bansos. Menu Saran dan Sengketa yang dikutip dari akun Instagram @kemensosri merupakan terobosan dari isu bansos selama ini.

Ada orang yang seharusnya mendapatkan bantuan sosial, tetapi ternyata tidak bisa (exclusion error). Sebaliknya ada masyarakat yang tidak berhak atas bantuan sosial, tetapi justru memperoleh bantuan (inclusion error).

Kini masyarakat dapat mendaftarkan diri, tetangga atau orang lain untuk mendapatkan bansos melalui menu Usulan. Hanya Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang harus disiapkan masyarakat.

Trending:

🔥Aplikasi Ini Membayar Rp.140 Juta Perbulan Untuk Video Pendek Cek Disini

🔥Aplikasi Penghasil Saldo Dana Terbukti Membayar Cek Disini

🔥Aplikasi Sadap WhatsApp Pasangan Selengkapnya Cek Disini

🔥Aplikasi Bernyanyi Karaoke Penghasil Uang Terpercaya Cek Disini

1. Unduh aplikasi untuk Cek Bansos

Unduh aplikasi cek bansos dari Google Play Store di ponsel Anda. Pastikan aplikasi Cek Bansos adalah Kementerian Sosial. Masalahnya adalah karena Google Play Store memiliki banyak aplikasi yang sebanding.

Oleh karena itu, masyarakat harus memverifikasi bahwa aplikasi yang akan diunduh dari Cek Bantuan Sosial tersebut benar-benar berasal dari Kementerian Sosial.

🔥TRENDING:  15 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal dan Terpercaya

2. Pendaftaran

Masyarakat harus terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun User ID sebelum mengakses semua fitur aplikasi Cek Bansos. Masyarakat harus menyiapkan KK dan KTP.

Kemudian, Anda memasukkan sejumlah detail seperti nomor KK, NIK, nama, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email.

Aplikasi Cek Jamsostek juga mewajibkan masyarakat menggunakan KTP dan KTP bergambar. Isikan kode OTP yang diberikan ke email setelah registrasi.

Masyarakat dihimbau untuk menunggu hingga petugas melakukan verifikasi data. Masyarakat dapat mengakses menu aplikasi Cek Bansos setelah diverifikasi. Daftar aplikasi cek bansos online klik [BUKA DISINI]

Mau Daftar Aplikasi Nya

3. Daftar Proposal

Aplikasi Cek Bansos memiliki empat menu yaitu Profile, Cek Bansos, Jawaban Kelayakan dan Daftar Usulan. Jika Anda ingin memberikan bantuan, klik Daftar Proposal.

Daftar Proposal mencakup proposal yang telah ditambahkan oleh pemilik akun. Pemilik akun dapat mendaftarkan sendiri, keluarga, atau fakir miskin langsung pada tombol Proposal.

Data yang berhasil diusulkan antara lain nama Dukcapil, NIK dan status kepatuhan, kesesuaian wilayah dengan pengusul, Kartu Keluarga. Jika calon menghadirkan keluarganya sendiri, statusnya adalah 1 KK.

🔥TRENDING:  10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat 2021 dan Termudah

Semua kolom yang diisi untuk menu yang disarankan harus diisi dengan data kependudukan, karena sama dengan menu Registrar dan akan mencocokan data Dukcapil secara langsung.

Pada menu Bansos hanya muncul jika NIK yang dimasukkan memiliki data pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pendaftar tinggal menunggu hingga penyaluran bansos dimulai.

Partisipasi masyarakat

Soal menu Cek Usulan dan Sengketa Bantuan Sosial, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan akan memiliki aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Proses pemutakhiran data juga lebih cepat dengan keterbukaan keterlibatan publik.

“Keterlibatan masyarakat akan membantu pemutakhiran data yang menjadi tanggung jawab pemerintah.”

“Sehingga seharusnya tidak ada perspektif penghapusan kewenangan pemerintah daerah,” kata Risma, dikutip dari situs resmi Kementerian Sosial.

“Ini juga sebagai upaya untuk lebih meningkatkan akurasi penyaluran bansos,” imbuhnya.

Jika ada inkonsistensi data yang diberikan oleh masyarakat dan pemerintah daerah, perguruan tinggi harus membentuk sistem penjaminan mutu.

🔥TRENDING:  5 Bansos yang Cair di Bulan September Simak Selengkapnya

“Universitas akan melakukan penjaminan mutu jika ada ketidaksepakatan,” tambahnya.

Menurut Menteri Sosial, orang miskin berhak mengajukan bantuan berdasarkan UU No. 13/2011.

Kedua ciri tersebut merupakan penerapan peraturan perundang-undangan yang memberikan kemungkinan adanya bantuan sosial sepanjang memenuhi persyaratan.

Sebagai syarat dalam undang-undang, keterlibatan masyarakat merupakan keputusan yang harus diambil sehubungan dengan penyaluran bantuan sosial.

Selain itu, karena besarnya jumlah data yang harus ditangani dan signifikansi strategis dari data itu sendiri, hal itu menjadi tolok ukur untuk berbagai program bantuan bagi masyarakat miskin.

Mau Daftar Aplikasi Nya

Kesimpulan

Kementerian Sosial (Kemensos) telah menerbitkan aplikasi Cek Bansos yang dapat digunakan masyarakat untuk mengecek penyaluran bansos. Menu baru bernama Suggestion and Refutation juga tersedia di dalam aplikasi. Hanya Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang harus disiapkan masyarakat.

Menu Usulan dan Sengketa Cek Bantuan Sosial telah diluncurkan oleh Kementerian Sosial di Sri Lanka. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan aplikasi ini akan bermanfaat bagi masyarakat. Ia mengatakan, pelibatan masyarakat akan membantu pemutakhiran data yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Demikian Pembahasan Mengenai Cara Daftar Pengajuan Bansos, Semoga Bermanfaat dan baca terus informasi yang ada di rancakmedia.com.

Pencarian Populer

Bansos Bpjs Ketenagakerjaan - Cara Daftar Bansos - Cara Daftar Bansos Online Bandung - Cek Bansos Tunai Kemensos - Eform Bni Co Id Bpum Bansos - Eform Bri Co Id Bansos - Tabungan Bansos Jakarta -

Back to top button