Cara Daftar Bansos UMKM Via Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Lovata Andrean

Cara Daftar Pengajuan Bansos Via Aplikasi Cek Bansos Kemensos 1
Cara Daftar Pengajuan Bansos Via Aplikasi Cek Bansos Kemensos 1

3. Daftar Proposal

Aplikasi Cek Bansos memiliki empat menu yaitu Profile, Cek Bansos, Jawaban Kelayakan dan Daftar Usulan. Jika Anda ingin memberikan bantuan, klik Daftar Proposal.

Daftar Proposal mencakup proposal yang telah ditambahkan oleh pemilik akun. Pemilik akun dapat mendaftarkan sendiri, keluarga, atau fakir miskin langsung pada tombol Proposal.

Data yang berhasil diusulkan antara lain nama Dukcapil, NIK dan status kepatuhan, kesesuaian wilayah dengan pengusul, Kartu Keluarga. Jika calon menghadirkan keluarganya sendiri, statusnya adalah 1 KK.

Semua kolom yang diisi untuk menu yang disarankan harus diisi dengan data kependudukan, karena sama dengan menu Registrar dan akan mencocokan data Dukcapil secara langsung.

Pada menu Bansos hanya muncul jika NIK yang dimasukkan memiliki data pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pendaftar tinggal menunggu hingga penyaluran bansos dimulai.[irp]

Partisipasi masyarakat

Soal menu Cek Usulan dan Sengketa Bantuan Sosial, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan akan memiliki aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Proses pemutakhiran data juga lebih cepat dengan keterbukaan keterlibatan publik.

“Keterlibatan masyarakat akan membantu pemutakhiran data yang menjadi tanggung jawab pemerintah.”

“Sehingga seharusnya tidak ada perspektif penghapusan kewenangan pemerintah daerah,” kata Risma, dikutip dari situs resmi Kementerian Sosial.

“Ini juga sebagai upaya untuk lebih meningkatkan akurasi penyaluran bansos,” imbuhnya.

Jika ada inkonsistensi data yang diberikan oleh masyarakat dan pemerintah daerah, perguruan tinggi harus membentuk sistem penjaminan mutu.

“Universitas akan melakukan penjaminan mutu jika ada ketidaksepakatan,” tambahnya.

Menurut Menteri Sosial, orang miskin berhak mengajukan bantuan berdasarkan UU No. 13/2011.

Kedua ciri tersebut merupakan penerapan peraturan perundang-undangan yang memberikan kemungkinan adanya bantuan sosial sepanjang memenuhi persyaratan.

Sebagai syarat dalam undang-undang, keterlibatan masyarakat merupakan keputusan yang harus diambil sehubungan dengan penyaluran bantuan sosial.

Selain itu, karena besarnya jumlah data yang harus ditangani dan signifikansi strategis dari data itu sendiri, hal itu menjadi tolok ukur untuk berbagai program bantuan bagi masyarakat miskin.

Mau Daftar Aplikasi Nya

Kesimpulan

Kementerian Sosial (Kemensos) telah menerbitkan aplikasi Cek Bansos yang dapat digunakan masyarakat untuk mengecek penyaluran bansos. Menu baru bernama Suggestion and Refutation juga tersedia di dalam aplikasi. Hanya Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang harus disiapkan masyarakat.

Menu Usulan dan Sengketa Cek Bantuan Sosial telah diluncurkan oleh Kementerian Sosial di Sri Lanka. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan aplikasi ini akan bermanfaat bagi masyarakat. Ia mengatakan, pelibatan masyarakat akan membantu pemutakhiran data yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Demikian Pembahasan Mengenai Cara Daftar Pengajuan Bansos, Semoga Bermanfaat dan baca terus informasi yang ada di rancakmedia.com.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks