Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19 Online, Bagi yang Belum Tau

rancakmedia.com – Sertifikat vaksin Corona dapat diunduh melalui program PeduliLindung bagi mereka yang divaksinasi COVID-19. Anda sudah memiliki aplikasi PeduliLindung di Appstore dan Playstore untuk mendownload sertifikat vaksin COVID-19.

Jika Anda belum mendaftar, Anda diminta untuk memberikan kode OTP untuk melengkapi informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap hingga nomor verifikasi data seluler.

Namun, cukup mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 bagi orang yang sudah memiliki akun PeduliLindung untuk membuka profil dan mengklik opsi sertifikat vaksin.

Fitur ini mencantumkan sertifikat dosis pertama vaksin Corona yang siap diunduh dan dimasukkan di galeri/gambar setiap pengguna. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini untuk individu yang belum mendaftar untuk mengunduh sertifikat.

Sertifikat Vaksin Covid-19

  1. Di Play Store atau App Store buka aplikasi PeduliLindung.
  2. Isi identitas nama lengkap Anda dan tambahkan nomor ponsel Anda
  3. Isikan kode OTP verifikasi data untuk meneruskan kode OTP ke nomor HP yang ditentukan.
  4. Pengguna akun harus dikirim ke kolom Beranda
  5. Lengkapi identitas Anda dengan menambahkan di kolom profil alamat NIK dan alamat email Anda.
  6. Periksa fitur sertifikat vaksin
  7. Aplikasi harus menunjukkan sertifikasi untuk dosis pertama dan vaksin dosis kedua
  8. Unduh sertifikat dosis pertama/kedua
  9. Setiap galeri/gambar pengguna dimasukkan dengan sertifikat online.

Sertifikat vaksin COVID-19 telah dilaporkan menjadi persyaratan bagi semua pelancong. Namun, pemerintah menekankan bahwa tidak ada kebijakan seperti itu sampai saat ini.

🔥TRENDING:  Download Design Twibbon Hari Disabilitas Internasional 2021

Meski sudah mendengar cara mendownload dan berhasil mendownload sertifikat, tetap waspada jangan hanya sekedar mengeluarkan sertifikat vaksin COVID-19 di media sosial.

Ketua Gugus Tugas Vaksinasi COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan terdapat informasi pribadi berupa QR Code pada sertifikat.

“Meminta penerima vaksin COVID-19 yang mendapatkan sertifikat yang menunjukkan telah divaksinasi untuk tidak memposting atau menyebarkannya ke media sosial,” kata Wiku saat konferensi pers, Selasa (23/3/2021).

“Penting untuk dicatat bahwa data pribadi dalam sertifikat bukti vaksinasi dapat dianalisis dalam bentuk kode QR,” tambahnya.

Kampanye vaksinasi komunitas masih beroperasi sampai sekarang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa banyak negara di mana lebih dari 60 persen penduduknya telah divaksinasi, namun melihat sejumlah kasus Covid-19, karena mereka tidak disiplin dalam penerapan prosedur kesehatan.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat Indonesia untuk segera melakukan imunisasi dan disiplin dalam menerapkan prosedur kesehatan.

“Kita harus bersinergi agar kasus Covid-19 terus meningkat. Solusinya mudah, ayo cepat gabung vaksin, mari disiplin menjalankan prosedur kesehatan,” ujarnya, Senin (30/8/2021), Covid19. go.id, dikutip,

Solusi jika Sertifikat tidak ada atau Data salah

Bagi yang mengalami kesulitan dapat mengirimkan email dengan format sebagai berikut ke certificate@pedulilindungi.id:

  • nama lengkap; – nama lengkap;
  • KTP-NIK;
  • Tempat dan tanggal lahir;
  • Nomor ponsel;
  • Foto dan kartu vaksin terlampir.
🔥TRENDING:  Daftar Gaji PPPK Guru Honorer Golongan I-XVII Lengkap dengan Tunjangan dan Hak Cuti Cek Disini

Untuk pemrosesan cepat, biodata lengkap dapat segera dikirim.

Selanjutnya, ia mengambil foto selfie KTP, dan menyatakan keberatannya.

Informasi tentang nama lengkap, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksinasi dan ID sertifikat dapat dimasukkan dalam sertifikat vaksin Covid-19.

Selain itu, tersedia informasi tentang pelaksanaan vaksinasi pertama atau kedua.

Kesimpulan

Sertifikat vaksin Corona dapat diunduh melalui program PeduliLindung bagi mereka yang divaksinasi COVID-19. Fitur ini mencantumkan sertifikat dosis pertama vaksin Corona yang siap diunduh dan dimasukkan ke galeri/gambar setiap pengguna.

Jika Anda belum mendaftar, Anda diminta untuk memberikan kode OTP untuk melengkapi informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap hingga nomor verifikasi data seluler. Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untuk segera melakukan imunisasi dan disiplin dalam penerapan prosedur kesehatan.

Bagi yang mengalami kesulitan dapat mengirimkan email dengan format sebagai berikut ke certificate@pedulilindungi.go.id:. – nama lengkap; – tanggal lahir, nama lengkap, NIK, tanggal vaksinasi dan KTP.

Back to top button