Daftar Disini: Cara Mudah Mendapatkan Bantuan BUKM 2.4 Juta

Rancakmedia.com – Cara mendapatkan bantuan bukm 2021. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan program bantuan produktif untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berlaku di semua bidang. Hal ini agar terjadi penyebaran stimulus pemulihan ekonomi yang proposional.

Cara mendapatkan bantuan bukm 2021 menjadi hal yang sering ditanyakan saat ini. Banpres UMKM atau BLT Bantuan UMKM sebagai salah satunya bantuan kesejahteraan yang dikenalkan pemerintahan pada saat wabah, yaitu Program Bantuan Presiden atau Banpres Produktif untuk pemilik usaha kecil yang disebutkan Usaha Mikro. Program Bantuan Presiden (BPUM).

Bagi pelaku UMKM, ketahui syarat dan cara pendaftaran BLT bantuan UMKM ini untuk mendapatkan bantuan modal mulai Rp. 2,4 juta saat mendaftarkan, peserta membawa data yang dibutuhkan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan KTP, tempat tinggal dan bidang usaha hingga nomor telephone.

UMKM atau singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah kelompok usaha yang sering mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Indonesia. Karena kelompok usaha ini benar-benar memberikan dukungan ekonomi negara dengan memberinya mayoritas penghasilan kotor pedalaman.

Peristiwa ini menyebabkan pemerintahan terus memberikan dukungan bermacam-macam pelatihan dan pembiayaan untuk memberinya bantuan ke UKM seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Cara Mendaftarkan Bantuan UMKM

Cara mendapatkan bantuan UMKM Rp 2,4 juta cukup mudah. Pebisnis UMKM bisa mendaftarkan langsung ke kantor koperasi di wilayah atau pada kota domisili. Pelaku UMKM yang sudah mendaftar selanjutnya diidentifikasi dan diusulkan oleh lembaga pengusul.

Lembaga itu terbagi dalam Dinas Koperasi dan UKM Propinsi dan Kabupaten/Kota, Koperasi yang sudah berbadan hukum, Kementerian/Lembaga.

🔥TRENDING:  Memperingati Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021

Pengusul bantuan pemerintahan lainnya adalah usaha perbankan dan pembiayaan yang mendaftar di OJK, dan Lembaga pendistribusian kredit BUMN dan BLU untuk program pemerintahan.

Data yang terkumpul selanjutnya digunakan untuk memeriksa apa bantuan UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Keuangan dan OJK telah tepat.

Jika para pelaku UMKM layak mendapatkan bantuan tersebut, maka dana langsung ditransfer ke rekening masing-masing pelaku dan penerima UMKM.

Syarat dan Proses Untuk Mendapatkan Bantuan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menghimbau setiap pengusaha mikro yang belum mendapatkan modal atau pembiayaan dari perbankan untuk segera mendaftarkan.

Pendaftaran dilaksanakan melalui kantor koperasi terdekat atau tempat domisili. Pebisnis mikro harus mengikuti acara pembimbingan dengan keinginan program bantuan usaha mikro produktif bisa salurkan bantuan ini dengan tepat target dan tepat waktu.

Supaya UMKM yang memiliki kendala segera kembali produktif. Persyaratan pelaku ekonomi yang ingin terima bantuan ini. Satu diantaranya adalah tidak melakukan pinjaman di bank.

Cara Periksa Penerima Bantuan BPUM

Berikut persyaratan mendapatkan bantuan UMKM sebesar Rp. 2,4 juta dari pemerintahan:

  1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki usaha mikro atau UMKM
  4. Bukan ASN, TNI/Polri dan Karyawan/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari Bank / Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  6. Untuk usaha kecil yang mempunyai KTP dengan tempat usaha yang lain bisa menyertakan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Sertifikat Bisnis (SHU) seringkali tidak dimiliki dan berarti pelamar gagal untuk daftar. Solusinya dengan membuat Sertifikat Bisnis atau SKU yang dapat anda peroleh di kantor desa tempat usaha berada.

🔥TRENDING:  Penjelasan Mengenai Purchase Order dan Kegunaannya Bagi Bisnis

Perlu dicatat jika UMKM bisa ajukan permintaan walau tempat duduk KTP dan tempat usaha berlainan. Bila penuhi syarat, calon penerima bantuan UMKM harus lengkapi data diri agar selekasnya mendaftarkan sebagai penerima Banpres UMKM Rp. 2,4 juta Berikut data yang perlu diisi:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama komplet di ID
  3. Alamat rumah sama sesuai KTP
  4. Tempat usaha
  5. Nomor telephone
  6. nomor akun

Sesudah pendaftar ajukan program Banpres BPUM atau BLT UMKM dan dipastikan bisa lolos, bank penyalur mengirim pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS).

Disamping itu, sesudah terima pesan singkat (SMS), penerima program Banpres BPUM atau UMKM BLT diharap segera melakukan verifikasi ke bank penyalur. Selanjutnya faksi bank akan melakukan verifikasi kembali dan proses penarikan bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Periksa Penerima Bantuan BPUM?

Untuk melihat apakah calon penerima bantuan bisa lolos verifikasi atau mungkin tidak, cukup kunjungi situs resmi bri bpum klik DISINI

Selanjutnya masukan nomor ID dan code verifikasi. Jika pernyataan kesalahan muncul, halaman bisa di refresh. Sebaiknya untuk bertanya bisa langsung ke kantor bank BRI dengan bawa syarat dokumen pencairan bantuan UMKM 2021.

Back to top button