Advertisement

Ini Cara Cek Jadwal Vaksin COVID-19 Gratis dari Pemerintah

Ini Cara Cek Jadwal Vaksin COVID-19 Gratis dari Pemerintah – Program vaksinasi COVID-19 telah diawali, ini diikuti dengan Presiden Jokowi disuntik vaksin COVID-19 bikinan Sinovac pada Rabu (13/1/2021) kemarin. Yuk check agenda vaksin COVID-19 gratis dari pemerintahan.

Awalnya Kementerian Kesehatan (Kemkes) akan mengirim Short Message Servis (SMS) secara serempak ke semua yang menerima vaksin virus Corona COVID-19 yang sudah tercatat.

Ketentuan ini tercantum pada Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 mengenai Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang diputuskan oleh Menteri Kesehatan (Menteri kesehatan) Budi Gunadi Sadikin pada tanggal 28 Desember 2020 kemarin.

Pada 17 Februari lalu, program vaksinasi COVID-19 step ke-2 telah diawali. Target step ke-2 ini yakni ke 16,9 juta petugas servis khalayak. Petugas servis khalayak yang diartikan ialah tenaga pengajar, guru, dan karyawan negeri sipil (PNS) atau aparat sipil (ASN).

Vaksinasi ini akan di fokus di tujuh propinsi pulau Jawa dan Bali, ini dilaksanakan buat mengoptimalkan sasaran pelandaian kasus COVID-19 yang nyaris 70 % salah satunya dari Jawa-Bali.

Berikut langkah check agenda vaksin COVID-19 gratis dari pemerintahan.

  1. Buka situs pedulilindungi.id/cek-nik.
  2. Masukkan data berupa nama lengkap, nomor NIK yang tertera pada KTP.
  3. Masukkan kode keamanan yang tertera pada layar.
  4. Klik selanjutnya.
  5. Layar akan menunjukkan hasil apakah NIK terdaftar sebagai penerima vaksin atau tidak.

Untuk cek jadwal vaksin COVID-19 lainnya, bisa melalui Whatsapp Kemenkes. Sebelum melakukan vaksinasi, masyarakat bisa mempersiapkan KTP sebelum melakukan registrasi.

  1. Klik bit.ly/vaksincovidRI lalu mulai chat.
  2. Kamu akan menerima respons otomatis yang menanyakan konfirmasi terkait apakah seorang tenaga
  3. kesehatan, dengan berbagai pilihan menu. Gunakan 6 digit terakhir NIK untuk mendaftar dan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.
  4. Chatbot akan membagikan jadwal vaksinasi untuk konfirmasi.
  5. Tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video cara kerja vaksinasi.

Sumber : detik.com

Related Articles

Back to top button