Advertisement

Tema Hari Lahir Pancasila 2022 dan Sejarahnya

Rancakmedia.com – Seperti yang kita tahu pada tanggal 1 Juni di peringati dengan hari lahir pancasila, berikut tema hari lahir pancasila pada tahun 2022.

Pada tahun 2022, Hari Pancasila jatuh pada Rabu (1/6/2022) dan ditandai sebagai hari merah atau hari libur nasional.

Diluncurkan dari Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022, bangsa Indonesia mendedikasikan diri memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai pedoman dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. kehidupan negara.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Awal mula penetapan 1 Juni sebagai Hari Pancasila adalah saat Sukarno menyampaikan pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945. Pidato Bung Karno akhirnya dirumuskan menjadi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Dalam hal grondslag filosofis, Sukarno menganjurkan hal-hal berikut sebagai landasan filosofis yang akan menjadi landasan bagi negara Indonesia.

  1. Kebangsaan atau nasionalisme
  2. Kemanusiaan (internasionalisme)
  3. Musyawarah, mufakat, perwakilan
  4. Kesejahteraan sosial Ketuhanan yang berkebudayaan
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan

Melalui forum sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Sukarno memperkenalkan 5 sila. “Sekarang, banyaknya prinsip kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya,” kata Bung Karno.

Baca Juga:  Ucapan Memperingati Hari Lahir Pancasila Penuh Makna

Tema Hari Lahir Pancasila 2022

Tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 adalalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Tema dan logo Hari Lahir Pancasila dapat diunduh melalui tautan ini.

Melansir dari Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.

Untuk memperingati hari lahir Pancasila pada tahun 2022, akan diadakan peringatan besar-besaran di Lapangan Ende Pancasila di desa Kotaraja Nusa Tenggara Timur, di Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende. Seluruh perwakilan diplomatik dan konsulat Indonesia di luar negeri turut hadir dalam upacara peringatan tersebut.

Pada Rabu, 1 Juni 2022, pukul 09.00 WITA, Lapangan Ende Pancasila akan menjadi tempat peringatan hari lahir Pancasila. Acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, kepala lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, serta tokoh dan seluruh tamu undangan secara offline. dan daring.

Baca Juga:  Kemendikbud: Berikut 6 Profile Pelajar Pancasila

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di setiap instansi pemerintah pusat dan provinsi serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri telah dibatalkan. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang mengambil bagian di Lapangan Ende Pancasila di Desa Kotaraja Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu alternatif bagi instansi pemerintah untuk ikut serta.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, BPIP mengindikasikan bahwa kegiatan/kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 dapat dilakukan secara imajinatif dengan tetap mengikuti standar kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kesimpulan

Awal mula penetapan 1 Juni sebagai Hari Pancasila adalah saat Sukarno menyampaikan pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945.

Demikian artikel tentang Tema Hari Pancasila 2022 dan Sejarahnya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Back to top button