Cara Membuat Kartu Multi Trip Untuk Naik KRL Solo-Yogyakarta

Lovata Andrean

Cara membuat Kartu Multi Trip
Cara membuat Kartu Multi Trip

Cara Membuat Kartu Multi Trip Untuk Naik KRL Solo-Yogyakarta – Bagi yang ingin mencoba KRL Solo-Yogyakarta dengan biaya Rp 1 pada 1-7 Februari 2021, salah satunya persyaratan intinya ialah calon penumpang harus mempunyai Kartu Multi Trip (KMT).

Adapun, KMT ialah sistem pembayaran yang dipakai untuk tap-in saat akan ke arah peron dan tap-out untuk meneruskan perjalanan sesudah turun di stasiun KRL tujuan.

Berikut Ringkasan langkah membuat Kartu Multi Trip untuk naik KRL Yogyakarta-Solo :

  1. Pergi ke stasiun pemberhentian KRL Solo-Jogja yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Prambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solobalapan.
  2. Di stasiun, loket-loket yang tersedia dapat digunakan untuk membuat kartu KMT.
  3. Tipe KMT yang tersedia adalah KMT Reguler seharga Rp 30.000 termasuk saldo Rp 10.000, KMT X-Presi seharga Rp 50.000 termasuk saldo Rp 15.000, dan KMT Special Edition seharga Rp 50.000 termasuk saldo Rp 15.000.
  4. KMT tidak memiliki masa kadaluwarsa. Jika rusak, penggantian kartu dapat dilakukan secara gratis selama tujuh hari sejak KMT diaktivasi.

Cara isi ulang saldo KMT di loket stasiun

Untuk mengisi saldo, calon penumpang bisa melakukannya di loket stasiun atau channel pengisian saldo lain. Jika melakukannya di loket, kamu hanya perlu menyerahkan kartu dan uang sejumlah nominal saldo yang diinginkan.

Cara isi ulang saldo KMT di mesin otomatis

Stasiuns-stasiun KRL menyediakan mesin otomatis guna memudahkan penumpang mengisi saldo KMT, serta mengurangi antrean di loket. Cara mengisi ulang saldo KMT melalui mesin otomatis terbilang cukup mudah dan singkat yakni sebagai berikut:

  1. Taruh KMT di bagian yang memiliki tulisan “Letakkan tiket di sini”.
  2. Sisa saldo yang terdapat dalam KMT akan muncul dalam layar sentuh.
  3. Masukkan uang kertas yang tidak terlipat ke bagian untuk memasukkan uang.
  4. Saldo KMT akan terisi secara otomatis sesuai dengan uang yang dimasukkan.
  5. Pilih “Selesai” dan ambil KMT untuk melanjutkan perjalanan.

Cara menggunakan KMT di KRL Solo-Jogja

Setelah memiliki KMT dengan saldo yang dibutuhkan, kamu bisa langsung menuju Gate untuk menaiki KRL Solo-Jogja pada peron yang telah ditentukan.

Untuk tap-in, gunakan tangan kiri karena Gate berada pada sisi kiri tubuh. Untuk tap-out, gunakan tangan kanan karena Gate berada pada sisi kanan tubuh. KMT tidak pelu menyentuh Gate.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat naik KRL Solo-Yogyakarta tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Sumber : kompas.com

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks