Sejarah Kenaikan Isa Almasih dan Maknanya

nafa cahyani

Sejarah Kenaikan Isa Almasih dan Maknanya

Rancakmedia.com – Setiap tanggal 26 Mei masyarakat yang beragama kristen dan kathollik merayakan kenaikan isa almasih, berikut sejarah kenaikan Isa Almasih beserta dengan maknanya.

Kenaikan Isa Almasih adalah peristiwa 40 hari setelah Kebangkitan Yesus yang disaksikan oleh para pengikut-Nya.

Sejarah Kenaikan Isa Almasih

Yesus Kristus terangkat naik ke langit, kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan, seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab. Peristiwa tersebut disaksikan oleh murid-murid-Nya.

Kitab Kisah Para Rasul memiliki catatan yang lebih rinci tentang khotbah terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya sebelum naik ke surga, di mana para pengikut Yesus dicirikan sebagai masih berjuang untuk memahami semua yang telah terjadi pada mereka.

Banyak dari mereka percaya bahwa Yesus akan memulihkan kerajaan Daud, yang telah hancur setelah kekalahan Kekaisaran Babilonia. Sebaliknya, Yesus memiliki tujuan yang unik bagi-Nya.

Kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria, bahkan sampai ke ujung dunia,” kata Dia kepada para pengikut-Nya.

Tercatat bahwa Yesus diangkat ke surga ketika para pengikut-Nya memperhatikan setelah Dia meninggalkan pesan di dalam kitab Yohanes.

Keterkejutan mereka teraba ketika mereka mengetahui apa yang telah terjadi. Mereka kemudian dikunjungi oleh dua malaikat agung, yang mengingatkan mereka akan pesan yang baru saja Yesus sampaikan kepada mereka.

Makna Kenaikan Isa Almasih

Mengutip buku Keajaiban Paskah: Memahami dan Merayakan Paskah Setiap Hari karya Pdt. Yusuf Eko Basuki, S.Th (2014), kenaikan Isa Almasih memiliki banyak konotasi esensial bagi kehidupan umat Kristiani, antara lain sebagai berikut:

1. Kegenapan Rencana Allah

Kenaikan Isa Almasih ke surga adalah penggenapan rencana Allah, di mana inkarnasi Yesus dimulai dengan kelahiran-Nya dan diakhiri dengan kenaikan-Nya ke surga.

Itu dimulai dengan kejatuhan-Nya ke bumi, kemudian berakhir dengan kembalinya-Nya ke surga. Kenaikan Isa Almasih juga merupakan bukti bahwa rencana-Nya tidak pernah gagal, segala sesuatu yang disiapkan oleh-Nya pasti akan berhasil. Karena Dialah Tuhan Yang Maha Kuasa yang menciptakan alam semesta.

2. Jaminan Orang Percaya Pergi ke Surga

Peristiwa kenaikan Isa Almasih memberikan jaminan dan harapan bagi umat Kristiani untuk masuk surga.

Sebuah tempat di surga telah disisihkan bagi para pengikut Yesus untuk hidup setelah kenaikan-Nya.

Kemudian, Yesus akan kembali lagi dan membawa umat-Nya ke surga. Dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Almasih, seluruh umat Kristiani dan Katolik di Indonesia memperingatinya.

Menghadiri Misa di Gereja merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pada Hari Raya Kenaikan Isa Almasih di Indonesia. Selamat Hari Kenaikan Isa Almasih.

Kesimpulan

Yesus Kristus terangkat naik ke langit, kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan, seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab. Peristiwa tersebut disaksikan oleh murid-murid-Nya.

Demikian artikel tentang Sejarah Kenaikan Isa Almasih dan Maknanya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.