Advertisement

Cara Mudah Membuat Twibbon Hari Kebangkitan Nasional

Rancakmedia.com – Seperti yang kita tahu, setiap tanggal 20 Mei di peringati dengan hari kebangkitan nasional. Berikut cara mudah membuat twibbon hari kebangkitan nasional yang dapat kamu gunakan untuk memeriahkan hari kebangkitan nasional kamu.

Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat Nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai suatu negara untuk memajukan diri melalui kegiatan-kegiatan yang terorganisir yang sebelumnya tidak terbentuk pada masa penjajahan.

Sebuah organisasi layanan sosial yang menjadi model bagi gerakan kemerdekaan di Indonesia. Harkitnas kali ini mengusung tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata dan Berkarakter”.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Wahidin Sudiro Husodo mendirikan organisasi Boedi Oetomo yang awalnya hanya fokus pada pendidikan dan kebudayaan.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Organisasi ini mendirikan serangkaian sekolah yang disebut Boedi Oetomo dengan tujuan berjuang untuk melindungi dan mengembangkan budaya Jawa.

Anggota Boedi Oetomo terdiri dari etnis Jawa dan Madura. Namun, mulai tahun 1915 organisasi Boedi Oetomo mulai terjun ke dunia politik.

Gerakan nasionalisme Boedi Oetomo, yang memiliki komponen politik, dipicu oleh pecahnya Perang Dunia I. Pemerintah kolonial Hindia Belanda didorong oleh Perang Dunia I untuk menerapkan milisi Bumiputera, yang mengharuskan penduduk asli untuk bertugas di militer.

Dalam perjuangannya di bidang politik, Boedi Oetomo menetapkan keadaan bagi pelaksanaan dinas militer. Syaratnya, lembaga perwakilan rakyat (Volksraad) harus dibentuk terlebih dahulu.

Mosi Boedi Oetomo didukung oleh Gubernur Jenderal Van Limburg Stirum sehingga dibentuklah Volksraad pada tanggal 18 Mei 1918. Di dalam lembaga Volksraad ada perwakilan organisasi Boedi Oetomo, yaitu Suratmo Suryokusomo.

Menyadari pentingnya organisasi bagi rakyat, pada tahun 1920 Boedi Oetomo mulai menerima anggota dari masyarakat biasa.

Dengan merangkul rakyat jelata, Boedi Oetomo menjadi organisasi gerakan rakyat yang ditandai dengan aksi mogok oleh buruh untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Sejak tahun 1930, Boedi Oetomo telah menawarkan keanggotaannya kepada seluruh rakyat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, di bidang politik, Boedi Oetomo bermimpi untuk mendeklarasikan Indonesia merdeka. Maka Boedi menjadi organisasi nasionalis dengan tujuan ini.

Untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1935, Boedi Oetomo bergabung dengan Partai Nasional Indonesia (PBI) yang dibentuk oleh Dr. Sutomo.

Setelah itu, Partai Indonesia Raya (Parindra) yang dipimpin Dr. Sutomo menggabungkan kedua kelompok tersebut menjadi satu kesatuan.

Namun, menurut berbagai sejarawan, kebangkitan nasional benar-benar dimulai dengan berdirinya Serikat Buruh Islam pada tahun 1905 di Pasar Laweyan, Solo.

Sarekat ini awalnya berdiri untuk memperebutkan supremasi perdagangan Cina pada masa itu. Kemudian berkembang menjadi organisasi pergerakan sehingga pada tahun 1906 berubah nama menjadi Sarekat Islam.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei, hari jadi Boedi Oetomo, pada hari itu pada tahun 1908. Sejumlah sumber berbeda digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk halaman ini.

Cara Membuat Twibbon Hari Kebangkitan Nasional

Di bawah ini kami telah membahas cara membuat twibbon hari kebangkitan nasional, sebagai berikut:

  1. Klik link download twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2022 dan nanti akan diarahkan ke halaman Twibbonize
  2. Klik “Pilih Foto” pilih foto terbaik yang akan digunakan
  3. Setelah itu, atur ukuran dan posisi foto sesuai yang diinginkan
  4. Klik “Selanjutnya”
  5. Klik “Unduh Foto” dan foto dengan twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2022 akan otomatis tersimpan di galeri
  6. Selamat! Foto dengan tema twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2022 siap dibagikan ke media sosial FB, Instagram dan WhatsApp

Kesimpulan

Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat Nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai suatu negara untuk memajukan diri melalui kegiatan-kegiatan yang terorganisir yang sebelumnya tidak terbentuk pada masa penjajahan.

Pada artikel di atas kami telah memberikan cara membuat twibbon hari kebangkitan nasional, tidak hanya itu kami juga memberikan sejarah singkat mengenai hari kebangkitan nasional.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Membuat Twibbon Hari Kebangkitan Nasional, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button