Advertisement

Cara Mengatasi Kendala Saat Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Rancakmedia.com – Jika kamu mengalami kendala saat melaksanakan tes rekrutmen BUMN, kamu dapat menggunakan cara mengatasi kendala saat tes rekrutmen bersama BUMN 2022 yang telah kami sampaikan di bawah ini.

Kini peserta yang telah menyelesaikan tahap pertama siap mengikuti tes seleksi tahap kedua, yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Nilai Inti BUMN. Kedua tes ini akan dilakukan pada 19-24 Mei 2022.

Peserta dapat menggunakan tes uji coba yang akan dilaksanakan pada 14-17 Mei 2022 sebagai tes praktik.

Trial test ini bertujuan untuk membantu peserta beradaptasi dengan platform online test dan melakukan evaluasi terhadap perangkat yang digunakan untuk online test.

Daftar Cara Mengatasi Kendala Ketika Melaksanakan Core Values BUMN

Dalam seleksi tahap dua ini memiliki jumlah soal TKD sebanyak 100 dan 54 soal Core Value BUMN.

Peserta yang akan mengikuti tes akan diberikan panduan mengerjakan soal dan contoh soal untuk setiap subtes di awal sebelum mengerjakan soal yang sebenarnya.

Saat menyelesaikan tes, peserta diharapkan menggunakan komputer PC/Laptop yang dilengkapi dengan kamera web dan mouse. Dilarang keras menggunakan ponsel, tablet, atau peserta seluler lainnya.

Peserta mungkin mengalami kesulitan dalam mengikuti tes online karena berbagai kendala, seperti pemadaman listrik, browser crash, koneksi internet terputus, dan lainnya.

Cara Mengatasi Kendala Ketika Mengkuti Core Values BUMN

Berikut beberapa hal kendala yang kemungkinan terjadi dan cara mengatasinya ketika melaksanakan TKD dan Core Values BUMN, dilansir rekrutmenbersama.fhcibumn.id:

1. Username dan Password Tidak Bisa di Gunakan

Sistem login bersifat case sensitive, sehingga peserta perlu memastikan penggunaan huruf besar/kecil/angka/simbol sudah tepat.

Peserta boleh copy-paste terlebih dahulu ke notepad perangkat, sebelum memasukkan username dan password ke halaman login link tes. Hal ini untuk menjamin tidak ada spasi atau tanda baca seperti kutipan yang menyebabkan login tidak berhasil.

Jika masalah terus berlanjut, harap hubungi Help Desk melalui EMAIL atau TELEGRAM secepatnya dengan mencantumkan nama peserta, alamat email, dan nomor peserta.

Baca Juga:  Cara Cek Hasil Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN

2. Halaman Web Loading dan Lama Ketika Membuka Soal

Jika pertanyaan tidak muncul dalam 1 menit, kamu tidak perlu takut. Jika koneksi internet tidak stabil, segera lakukan reload (refresh) aplikasi.

Pastikan kamu menggunakan browser Mozilla Firefox dan Google Chrome versi terbaru, mengaktifkan kemampuan Javascript, dan memiliki jaringan internet yang memadai.

Jika ada masalah, silakan hubungi Help Desk segera.

3. Kendala Koneksi Mati, Mati Listrik dan Browser Crash

Jika peserta mengalami masalah ini, respons sebelumnya akan disimpan oleh sistem selama peserta menggunakan browser dan perangkat yang sama seperti sebelumnya.

Sebaiknya gunakan undangan email untuk mengakses tautan tes, tetapi kamu juga dapat menggunakan situs web rekrutmen di halaman Aplikasi Saya, opsi Rincian Jadwal/Jadwal Hari Ini, jika masih ada waktu.

4. Belum Klik “Selesai Test” Tetapi Waktu Sudah Habis

Pengerjaan tes memiliki batas waktu akses. Jadi, ketika waktu untuk melakukan tes telah berakhir atau batas waktu telah terlampaui, aplikasi akan secara otomatis mengakhiri aktivitas tes.

Semua balasan peserta yang telah dijawab dengan benar akan disimpan.

5. Tidak Sengaja Close Browser

Selama masih ada sisa waktu, peserta dapat masuk kembali melalui email undangan di inbox/spam/all mail (disarankan mengakses link tes melalui email) atau website rekrutmen pada halaman Aplikasi Saya, Rincian Jadwal/Jadwal Hari Ini tombol.

6. Waktu Tidak Cukup Saat Mengerjakan Online

Ketika waktu habis, aplikasi akan dimatikan dan jawaban yang dimasukkan dengan benar akan disimpan dalam database aplikasi Tes Online.

7. Mengakses Aplikasi Online Test Sebelum Waktunya

Peserta yang mencoba mengakses aplikasi tes online sebelum batas waktu berakhir akan mendapatkan pesan yang menginstruksikan mereka untuk menunggu hingga waktu tersebut habis.

8. Terlambat Mengerjakan Online Test

Sebagai contoh, yang seharusnya memulai pada jam 08.00 tetapi saya login pada jam 09.30 itu bagaimana? Pesan berikut akan muncul jika peserta terlambat lebih dari lima menit dalam mengakses halaman Tes Online sesuai jadwal.

Baca Juga:  Cek Kuota Pendaftaran Rekrutmen BUMN Online

Bahaya yang ditimbulkan oleh kecerobohan peserta dalam mengakses Tes Online menjadi tanggung jawab peserta dan tidak dapat mengikuti tes online.

Catatan Tambahan untuk Peserta

Jika selama tes dan peserta mengalami hal berikut: listrik mati, koneksi terputus, browser salah ditutup.

Kemudian peserta dapat mengakses melalui akun website rekrutmen pada menu Aplikasi Saya, tombol Jadwal Peserta Hari Ini atau refresh browser.

Peserta dapat me-refresh browser jika mereka memiliki masalah dengan tidak muncul dengan benar.

Kedua kendala di atas tidak akan mempengaruhi jumlah soal yang telah dijawab dengan benar oleh peserta, sehingga peserta dapat melanjutkan tes dengan sisa soal dan waktu yang tersedia.

Dengan catatan, peserta tidak menghapus history apapun pada browser dan tetap mengakses link Online Test menggunakan perangkat yang sama.

Kesimpulan

Trial test ini bertujuan untuk membantu peserta beradaptasi dengan platform online test dan melakukan evaluasi terhadap perangkat yang digunakan untuk online test.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Kendala Saat Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2022, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button