Begini Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Yang Akan Segera Cair

Begini Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Yang Akan Segera Cair – Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta sedang ditunggu-tunggu untuk cair. Kontribusi itu cukup menolong kehidupan beberapa karyawan sepanjang wabah COVID-19 ini.

Hingga saat ini BLT BPJS Ketenagakerjaan kapan cair belum bisa diketahui secara pasti. Diambil dari situs sah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pemerintahan tidak dapat memberi kejelasan kapan pendistribusian akan diteruskan.

“Untuk tahun bujet APBN 2021, kami memanglah belum terima perintah untuk salurkan kembali program BSU,” kata Menaker Ida Fauziyah pada 18 Januari 2021.

Ida menjelaskan pihaknya sudah punya hasil evaluasi yang akan dikoordinasikan dengan Kemenko Ekonomi. Bila keadaan ekonomi belum normal, program BLT BPJS Ketenagakerjaan dapat kembali dilaksanakan pada 2021.

🔥TRENDING:  Ketahui Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Black Box Dalam Pesawat

Awalnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat memberikan signal berkaitan berita ini. Walau belum tahu BLT BPJS Ketenagakerjaan kapan cair, ia sempat menjelaskan jika kontribusi akan diteruskan sepanjang 3 bulan pada 2021.

“Ini akan diteruskan pada 2021 sepanjang 3 bulan dan kemungkinan 6 bulan pada kuartal satu dan dua,” kata Airlangga yang Ketua Komite Pengatasan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN).

Begini cara mengetahui BLT pegawai kamu cair atau tidak :

  1. Pertama, bisa dengan mengakses situs BPJS Ketenagakerjaan di link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan cek kepesertaan kamu.
  2. Cara kedua, bisa dengan WhatsApp di nomor +62811-9115910 atau +62855-1500910
  3. Cara lainnya, dengan SMS ke nomor 2757 dengan format Daftar (spasi) Saldo, nomor KTP, tanggal lahir dan nomor peserta.
  4. Terakhir dengan download dan instal aplikasi BPJSTKU untuk android atau iOS.
🔥TRENDING:  Hari Kesaktian Pancasila, Download Twibbon Berikut Ini

Untuk aplikasi, pastikan pengguna telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan registrasi akun. Selain itu, cek lebih dulu status kepesertaan dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai pengingat, program BLT BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan bantuan kepada peserta yang terdaftar sebesar Rp 600 ribu per bulan atau Rp 1,2 juta setiap termin. Semoga BLT BPJS Ketenagakerjaan segera cair ya!

Sumber : detik.com

Back to top button