Advertisement

Cara Cek BLT Dana Desa Online Terbaru

Rancakmedia.com – BLT dana desa online ini diambil dari anggaran Dana Desa yang sebagian besar dialihkan untuk jaring pengaman sosial, untuk informasi lengkapnya silahkan baca sampai habis.

Seperti program bansos lainnya, penyaluran bantuan BLT Dana Desa juga memberikan manfaat besar bagi masyarakat di pedesaan. Bantuan ini sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Perbedaam BLT Dana Desa Online dengan Lainnya

Sebelum masuk ke pokok bahasan tentang cara cek penyaluran bantuan BLT Dana Desa + 900rb online, ada baiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan BLT Dana Desa. Dengan begitu kamu bisa lebih memahami arti, manfaat dan tujuannya.

Perbedaam BLT Dana Desa Online dengan Lainnya

Pada dasarnya BLT Dana Desa atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan salah satu skema yang bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Sesuai dengan namanya, BLT ini memang menggunakan dana Dana Desa yang ditujukan untuk menjangkau masyarakat desa.

Kapan BLT Dana Desa Online Berjalan

Sejak tahun 2020, pemerintah telah melaksanakan program bansos ini yang totalnya telah disalurkan sebesar Rp 23,74 triliun. Jumlah penerima manfaat kurang lebih 8,0 juta KK dengan besaran bantuan Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan pertama mulai April 2020.

Selama enam bulan berikutnya, bantuan akan diberikan dengan tarif Rp 300.000 setiap bulan. Petani, nelayan, pedagang, pelaku perusahaan UMKM, pekerja, dan guru termasuk di antara keluarga penerima program, sesuai dengan bantuan yang kini dapat diakses.

Penyaluran BLT Dana Desa Online

Ada batasan jumlah masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan melalui program BLT Dana Desa. Maksimal 25 persen dari Dana Desa yang tersedia dapat digunakan untuk keperluan BLT jika kurang dari Rp 800 juta.

Sementara itu, sedikitnya 30% dana tersebut dialokasikan untuk BLT Dana Desa di daerah dengan anggaran Dana Desa Rp 800 juta hingga Rp 1,2 miliar. Dan 35% dari anggaran Dana Desa di atas Rp 1,2 miliar dialokasikan ke BLT Dana Desa untuk daerah tertentu.

BLT Dana Desa diberikan selama 12 bulan. Sedangkan syarat dan tata cara pembagiannya telah diatur oleh masing-masing daerah dengan peraturan bupati atau walikota. Dalam hal ini, pemerintah daerah juga melakukan verifikasi data dan dokumen untuk memastikan kelayakannya.

Pelaksanaan BLT Dana Desa Online 2021

BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) telah disalurkan sebesar Rp 1,28 triliun kepada lebih dari 4,27 juta rumah tangga per Januari 2021. Sementara itu, total dana yang diberikan kepada 2,8 juta rumah tangga pada Februari 2021 adalah Rp 850 miliar.

Pelaksanaan BLT Dana Desa Online 2021

Secara keseluruhan pendanaan dari Dana Desa tahun ini mencapai Rp 72 triliun dan diprioritaskan untuk penyaluran BLT Dana Desa. Covid-19 telah mendatangkan malapetaka pada kaum miskin pedesaan, dan ini dilakukan dalam upaya untuk membantu mereka.

BLT Dana Desa Online 2022

Bahkan setelah tahun 2022, BLT Dana Desa akan tetap menjadi jaring pengaman sosial yang penting bagi masyarakat miskin. Oleh karena itu, mempelajari cara memantau BLT Dana Desa secara online dan 900.000 bantuan yang disalurkan sangat penting.

Program bantuan ini juga akan diberikan kepada masyarakat miskin dan tidak mampu yang sebelumnya tidak memiliki akses terhadap bantuan pemerintah. Termasuk keluarga yang terkena dampak Covid-19 dan mereka yang kehilangan pekerjaan.

Garis kemiskinan ditetapkan sebesar Rp 472.525 per bulan, sehingga suatu rumah tangga dikatakan miskin jika pendapatan bulanannya berada di bawah garis tersebut. Sebaliknya, orang yang sangat miskin memiliki pendapatan bulanan Rp 378.030, atau hampir $12.000 per hari.

Dengan berlanjutnya program BLT Dana Desa yang akan berjalan hingga tahun 2022, diharapkan dapat mempercepat laju pemulihan ekonomi nasional. Di sisi lain, program tersebut juga diprediksi dapat mengurangi dampak penurunan akibat beban ekonomi yang berat.

Untuk tahun 2022 sendiri, pemerintah akan mengkonsentrasikan uang Dana Desa pada jaring pengaman sosial melalui BLT Dana Desa. Setidaknya, Dana Desa telah menyisihkan 40% dari anggarannya untuk tujuan BLT Dana Desa.

Tujuan Penyaluran Bansos Dana Desa Online

Dengan adanya BLT Dana Desa, kami ingin membantu mereka yang paling membutuhkan akibat dari wabah Covid-19. Dengan bantuan keuangan desa diharapkan masyarakat dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Orang dapat memanfaatkan bantuan keuangan yang mereka dapatkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, tetapi juga sebagai sumber uang tambahan untuk memulai. Dengan begitu, bantuan tidak cepat habis tetapi bisa berkembang dan menjadi sumber pendapatan keluarga.

Target Penerima Bansos Dana Desa

Pada prinsipnya, penerima bantuan BLT Dana Desa yang dimaksud adalah seluruh desa yang terdampak wabah Covid-19 sehingga membutuhkan bantuan ekonomi. Orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena PHK termasuk dalam kelompok ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kategori yang ditargetkan untuk penerima BLT Dana Desa:

  1. Orang-orang yang berasal dari latar belakang miskin atau pra-sejahtera di lingkungan desa setempat.
  2. Keluarga yang ditinggalkan tanpa sumber pendapatan akibat wabah tersebut.
  3. Keluarga yang belum terkena bantuan lain seperti PKH, Kartu Prakerja, BST dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).
  4. Tidak terdaftar sebagai penerima BLT dari Dana Desa.
  5. Memiliki anggota keluarga yang sakit kronis.
  6. Mekanisme Pendaftaran BLT Dana Desa

Masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan BLT Dana Desa harus melakukan pendaftaran dengan mengikuti tata cara pendaftaran BLT Dana Desa yang ditentukan berdasarkan kategorinya.

Target Penerima BLT Dana Desa

  1. Pendaftaran oleh Petugas
    Dalam prakarsa bansos ini, pendaftaran dilakukan oleh Relawan Desa Melawan Covid-19 dalam konteks RT, RW dan desa. Data calon penerima bantuan tersebut selanjutnya diberikan sebelum Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) untuk memutuskan calon penerima bantuan.
  2. Proses Verifikasi
    Data yang telah disampaikan dalam Musdesus selanjutnya akan divalidasi untuk menjamin kesesuaian data dengan dokumen yang ada.
  3. Pengesahan oleh Kepala Desa
    Jika temuan verifikasi data sudah sesuai, maka kepala desa selanjutnya akan menkamutangani legalitas surat-surat dalam pendataan.
  4. Pelaporan ke Camat
    Kepala desa harus menyerahkan berkas pendataan kepada camat untuk disetujui, yang merupakan prosedur selanjutnya dalam program BLT Dana Desa.
  5. Pelaporan Camat ke Bupati
    Setelah camat menerima dokumen pendataan, mereka diserahkan kepada bupati atau walikota untuk ditinjau.
  6. Surat Pemberitahuan Calon Penerima Bantuan
    Selain itu, kepala desa akan mengirimkan surat kepada pihak yang akan mendapatkan bantuan BLT Dana Desa.

Untuk mengantisipasi komplikasi dalam penyaluran BLT Dana Dusun, setiap desa telah disediakan pos pelayanan. Selain mengatasi kendala, posyandu juga dituntut untuk selalu mengupdate data KPM (Keluarga Penerima Manfaat) agar pendistribusiannya tepat sasaran.

Keuntungan Bansos untuk Dana Desa

Program bantuan moneter dari pemerintah untuk penduduk pedesaan yang terkena wabah dianggap sangat bermanfaat. Apalagi dengan situasi ekonomi yang semakin menantang karena banyaknya individu yang kehilangan pekerjaan. Keuntungan dari penyaluran BLT Dana Desa antara lain:

  1. Membantu Masyarakat Memenuhi Kebutuhan Pokok
    BLT Dana Desa yang diberikan kepada perorangan di pedesaan sangat penting, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Situasi ekonomi yang sulit karena kehilangan pekerjaan berarti individu harus berpikir keras untuk memenuhi tuntutan mendasar.
    Dengan adanya BLT Dana Desa, mereka yang terkena dampak wabah dapat sedikit terbantu dalam pembelian kebutuhan pokok seperti makanan sehari-hari. Bantuan pemerintah tersebut tentunya memberikan secercah optimisme bagi masa depan masyarakat.
  2. Membantu Menekan Angka Kemiskinan
    BLT Dana Desa diperuntukkan bagi masyarakat yang dianggap miskin dan miskin berat dengan pendapatan rendah, yaitu hanya sekitar Rp 378.000 – Rp 472.000 per bulan. Gajinya pasti masih di bawah level untuk kehidupan yang baik.
    Dengan adanya penyaluran BLT Dana Desa, maka dana yang diperoleh masyarakat penerima dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak pendapatan. Paling tidak, masyarakat dengan kategori miskin dan miskin berat akan sangat terbantu melalui bantuan Dana Desa.
  3. Meningkatkan Daya Beli Masyarakat
    Berkurangnya pendapatan atau mungkin tidak ada sama sekali karena kehilangan pekerjaan membuat individu semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan dasar. Daya beli masyarakat juga berkurang drastis sehingga tidak mampu membeli barang kebutuhan pokok yang sebelumnya dibeli.
    Dengan adanya program BLT Dana Desa, keluarga penerima bantuan (KPM) memiliki kemampuan untuk memperoleh kebutuhan pokok. Dengan meningkatnya daya beli, juga akan mempengaruhi operasi komersial dari individu-individu di daerah yang menjual kebutuhan pokok.
  4. Sebagai Modal Usaha
    Jumlah bantuan yang diberikan dalam program BLT Dana Desa mungkin tidak terlalu besar, namun bukan berarti tidak bernilai sama sekali. Selain dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai modal usaha.

Karena uang yang diterima dapat diubah menjadi modal yang menghasilkan pendapatan melalui bantuan BLT Dana Desa, menggunakannya sebagai modal usaha kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Sebagai contoh, banyak desa di pedesaan yang menggunakan uang bantuan BLT Dana Desa untuk membeli ayam dan kemudian memeliharanya untuk meningkatkan pendapatan sehari-hari.

Beberapa orang memanfaatkan bantuan untuk memperdagangkan modal di pasar, membiarkan uang beredar sebagai modal dan menghasilkan pendapatan untuk menutupi pengeluaran sehari-hari mereka. Dalam jangka panjang, ini tidak diragukan lagi menguntungkan.

Cara Cek Bansos Dana Desa Online Cair 900rb

Saat ini, pemerintah terus memberikan bantuan sosial kepada mereka yang terkena dampak wabah tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu pemulihan ekonomi yang anjlok sejak wabah melkamu pada tahun 2020.

Selain mendapatkan bansos sebesar Rp. 300.000, rumah tangga penerima juga akan mendapatkan tambahan uang dari pemerintah melalui top up bansos dengan jumlah bantuan Rp. 300.000 tiga kali. Jadi jika dijumlahkan, maka jumlah bantuannya adalah Rp. 900.000.

Sebanyak 694.000 rumah tangga KPM diharapkan mendapat manfaat dari inisiatif ini. Dengan cukup banyak, bersiaplah, siapa tahu kamu salah satu yang beruntung.

Bagi kamu yang ingin mengetahui apakah kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan bisa langsung cek cara cek bansos online + pembayaran Bantuan 900rb dibawah ini :

  1. Langkah awal kamu hanya dengan mengunjungi website sid.kemendesa.go.id.
  2. Jika sudah berhasil mengunjungi situs tersebut, silahkan dilanjutkan dengan memilih pencarian data desa melalui nama desa yang dipilih.
  3. Klik tombol enter setelah kamu mengetikkan nama desa di kolom yang tersedia.
  4. Setelah nama desa muncul, silakan pilih Dana Desa BLT dari opsi drop-down.
  5. Jika berhasil, daftar penerima bansos akan ditampilkan di website.
  6. Metodologi Penyaluran BLT untuk Dana Masyarakat

Dalam kebanyakan kasus, kantor kelurahan menghubungi orang-orang yang telah mengajukan permohonan bansos untuk mengirim surat undangan atau pemberitahuan. Waktu dan tempat memperoleh bantuan keuangan atau BLT dari Dana Desa ditetapkan dalam surat pemberitahuan.

Dokumen yang harus disiapkan untuk pengambilan uang bantuan antara lain surat undangan, KTP Elektronik asli dan Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopinya. Jadi sebelum datang ke kantor desa, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen-dokumen penting.

Cara Daftar Bansos Dana Desa 2022

Bagi kamu yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, dapat mendaftar untuk memperoleh bansos. Namun sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa kamu telah memenuhi stkamur yang dipersyaratkan sebagai berikut:

Cara Daftar BLT Dana Desa 2022

  1. Memiliki data NIK KTP berdasarkan tempat tinggal orang tersebut di kota.
  2. Termasuk masyarakat miskin dan miskin berat dengan pendapatan kurang dari Rp 500.000 per bulan.
  3. Bantuan pemerintah lebih lanjut, seperti PKH, BPNT, BST atau Kartu Prakerja, harus diperoleh saat ini.
  4. Telah dibuat mubazir sebagai akibat dari epidemi Covid-19.
  5. Memiliki anggota keluarga yang sakit kronis.
  6. Jika memenuhi semua kualifikasi tersebut, maka pendaftaran akan dilakukan oleh relawan desa yang telah dilengkapi dengan surat tugas dari kepala desa, RT atau RW. Selanjutnya, dokumen calon penerima BLT Dana
  7. Desa dievaluasi dan disetujui dalam Musyawarah Desa.

Jika calon penerima telah teridentifikasi dalam data sebagai penerima bansos, maka dokumen tersebut selanjutnya akan ditempatkan dalam berita acara dan disahkan dengan tkamu tangan kepala desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Makalah tersebut selanjutnya diajukan kepada bupati atau walikota untuk mendapatkan persetujuan. Baru setelah itu kepala desa akan memberikan surat undangan atau pemberitahuan kepada penerima bansos. Bagaimana, cukup mudah bukan proses pendaftarannya?

Informasi cara verifikasi bansos ini sebenarnya cukup signifikan, mengingat masih banyak masyarakat yang belum tersentuh sama sekali oleh program bantuan yang diberikan pemerintah.

Karena alasan ini, epidemi Covid-19 telah menyebabkan kemerosotan keuangan pada banyak orang yang sebelumnya kaya. Mulai dari orang yang kehilangan pekerjaan hingga perusahaan yang bangkrut.

Untuk saat ini, banyak orang, bahkan mereka yang memiliki rumah layak, berjuang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka setelah kehilangan pekerjaan. Ini harus menjadi perhatian khusus bagi relawan komunitas.

Itulah mengapa sangat penting untuk terus-menerus melakukan perjalanan ke lapangan dan mengumpulkan data terbaru untuk mengetahui status ekonomi asli dari lingkungan tersebut. Dengan demikian, mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan akan diberikan haknya, sehingga bantuan dapat sampai kepada penerima yang dituju.

Dengan memverifikasi penyaluran bantuan BLT + 900 ribu Dana Desa secara online di atas, tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan secara mandiri. kamu dapat dengan cepat memeriksa apakah kamu termasuk dalam daftar penerima bantuan sosial BLT atau tidak.

Tersedia Bagi Warga yang Belum Terdaftar di DTKS

Warga yang belum mendaftar ke DTKS bisa mendapatkan BLT sebesar Rp ribu dari Dana Desa. Untuk itu, tidak semua warga yang membutuhkan bantuan sosial dapat memperolehnya dari tingkat sosial atau bantuan pemerintah.

PKH, BPNT, UMKM BLT, BSU, PBI Jaminan Kesehatan dan Kartu Prakerja adalah beberapa program bantuan sosial pemerintah. Penerima bansos harus terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) (DTKS).

Program ini diberikan sebesar Rp 300 ribu akan mulai disalurkan pada April 2022. Penerima BLT ini akan mendapatkan Rp ribu, tiga kali lipat dari yang seharusnya diterima. BLT ini disalurkan kepada 649 ribu rumah tangga penerima (KPM) di Indonesia.

Kementerian Desa mengelola sejumlah inisiatif pemerintah, termasuk BLT ini (Kemendes). BLT ini berupaya membantu masyarakat yang kurang mampu dan rentan terhadap kemiskinan, khususnya bagi mereka yang terdampak wabah Covid-19.

Kesimpulan

BLT Dana Desa Online merupakan salah satu skema yang bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Jumlah penerima manfaat kurang lebih 8,0 juta KK dengan besaran bantuan Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan pertama terhitung mulai April 2020.

Bantuan langsung tunai dana desa telah disalurkan sebesar Rp 1,28 triliun ke lebih dari 4,27 juta rumah tangga per Januari 2021. Jumlah uang yang diberikan kepada 2,8 juta rumah tangga pada Februari 2021 adalah Rp 850 miliar. Program ini akan berjalan hingga tahun 2022.

Penerima manfaat yang dimaksud adalah seluruh desa yang terdampak wabah Covid-19. Dengan bantuan keuangan desa diharapkan masyarakat dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi. Hal itu diharapkan dapat mempercepat laju pemulihan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas