Tips Agar Produktif Bagi Kamu Yang Masih Suka Menunda Pekerjaan

ADVERTISEMENT

Tips Agar Produktif Bagi Kamu Yang Masih Suka Menunda Pekerjaan – “Bentar lagi ya saya kerjain!”, “Sulit sekali kerjanya, nanti dulu ya saya beresinnya”, kurang lebih itu kalimat yang tampil waktu kita ingin menahan-nahan. Menurut nytimes.com, menunda-nunda berbeda dengan malas.

Menunda-nunda dikarenakan oleh perasaan yang tidak bagus. Penundaan ialah permasalahan penataan emosi bukan manajemen waktu. Karena itu, untuk menangani penundaan dan dapat kembali produktif, kita baca lima panduan di bawah ini, yok.

  • Komitmen setiap 10 menit

Saat ada di fase menunda-nunda, maka hasrat untuk mager dan me-time semakin kencang. Untuk bisa bekerja dengan jangka waktu lama juga makin susah. Maka dari itu, untuk menjaga diri tetap produktif tidak usah muluk-muluk dulu punya target tinggi dan to do list yang banyak.

Berkomitmenlah untuk aktivitas-aktivitas dengan interval waktu yang singkat namun dilakukan konsisten. Misalnya dengan interval waktu 10 menit.

Fokus selama 10 menit untuk melakukan apapun yang bisa dikerjakan. Bisa jadi dengan melakukannya secara konsisten, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu.

  • Satu langkah kecil secara rutin

Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah secara rutin melakukan baby steps. Melakukan satu langkah kecil tapi rutin lebih bermakna daripada melakukan satu langkah besar kemudian berhenti.

Pecah-pecahkan to do list menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Kemudian, secara konsisten selesaikan pekerjaan kecil itu. Menyelesaikan pekerjaan kecil bisa memotivasi untuk mengerjakan lebih banyak lagi.

  • Menyiapkan diri seolah akan bertemu orang penting

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi menunda-nunda, yaitu dengan bersiap-siap seolah-olah akan bertemu orang penting. Hal ini sangat bisa diterapkan untuk kamu yang bekerja dari rumah. Waktu yang lebih fleksibel dan bebas bekerja kapan saja bisa memicu malas dan menunda-nunda.

Berdandan yang terbaik, memakai pakaian rapi, dan mandi lebih awal. Ketika ada perasaan malas dan ingin menunda pekerjaan, lakukan hal ini untuk mendorong tubuhmu lebih bersemangat kerja dan kembali produktif.

  • Membuat hal rumit jadi lebih simpel

Ada beberapa pekerjaan yang akhirnya kita tunda karena terlalu rumit untuk dilakukan. Maka, cara yang paling mudah adalah buat pekerjaan itu menjadi lebih simpel, yaitu dengan mengurai kerumitannya satu demi satu. Jangan buru-buru menunda karena melihatnya sudah pusing duluan.

  • Berikan reward ketika berhasil menyelesaikan tugas

Memberikan hadiah-hadiah kecil atas apa yang kita lakukan bisa menjadi dorongan agar kita lebih bersemangat lagi. Hargai dirimu sendiri atas apa yang sudah kamu lakukan. Reward seperti istirahat lima menit, menikmati film dan series terbaru, beli snack favorit bisa kamu lakukan setelah kamu selesai melalui pekerjaanmu.

Rasa malas dan ingin menunda-nunda bisa datang kapan saja. Bahkan, bisa datang sepanjang waktu selama kita mengijinkannya tinggal di diri kita. Selalu ingat untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan istirahat, tetap bahagia, dan selalu berpikiran positif.

Sumber : idntimes.com

Related Articles

Back to top button