Advertisement

Cara Daftar Kartu Prakerja dan Syarat- Syaratnya

Rancakmedia.com – Berikut ini informais lengkap mengenai bagaimana cara daftar kartu prakerja beserta syarat nya, jika sebelumnya kamu sudah mencoba namun tidak berhasil, maka kamu harus simak informasi ini sampai habis ya.

Mendapatkan kartu pra-kerja tidak sulit, bahkan jika ini adalah pertama kalinya kamu mencoba mendaftar untuk program tersebut.  Sehingga siapa saja yang memenuhi persyaratan dapat mencoba mendaftar pada program yang secara resmi dibentuk oleh Pemerintah Indonesia. Program ini telah beroperasi sejak tahun 2020 dan terus berlanjut hingga sekarang.

Apa itu Kartu Prakerja

Prakerja merupakan program khusus yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia yang telah aktif beroperasi sejak tahun 2020. Hingga saat ini program tersebut telah berjalan kurang lebih dua tahun dan telah memiliki sejumlah lulusan dari program pemerintah ini.

Dapat dikatakan bahwa banyak orang telah mendapatkan keuntungan secara langsung atau tidak langsung dari program ini. Setiap anggota yang berhasil mengikuti program prakerja, mereka akan memperoleh kartu prakerja.

Kartu Prakerja ini merupakan bagian dari program pemerintah yang pada awalnya diupayakan untuk meningkatkan kemampuan dan bakat generasi muda. Terutama pada usia produktif agar memiliki bakat dan keterampilan yang unggul.

Sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja dengan bakat dan kemampuannya. Sektor ekonomi global hancur akibat pandemi yang melkamu beberapa negara, termasuk Indonesia, pada akhir tahun 2019.

Program pra-kerja mulai berjalan lebih cepat dari yang diperkirakan semula sebagai salah satu cara untuk memperbaiki keadaan ekonomi di Indonesia. Pengadaan Kartu Kerja Nasional tentunya dilakukan lebih cepat untuk memberikan manfaat bagi masyarakat yang terkena PHK.

Awalnya, program ini menyasar anak-anak muda yang mudah dan produktif untuk membantu mereka memiliki keterampilan dan kemampuan untuk tampil lebih baik. Pandemi Covid-19 telah memaksa ribuan orang di-PHK, dan program ini dimaksudkan untuk membantu orang-orang itu.

Para pekerja yang sedang sakit akibat pandemi dapat memanfaatkan program yang telah dimulai sejak April 2020. Para pemuda yang masih bekerja harus memanfaatkan kesempatan ini dengan mengasah bakat dan menambah pengetahuan baru di bidang pekerjaannya.

Pada tahun 2020, Pemerintah telah mengucurkan dana hingga 1 triliun untuk mendukung program ini. Dan pada 2021, Pemerintah telah menyiapkan dana dua kali lipat dari tahun lalu, yakni hingga 20 triliun. Kartu pra-kerja sekarang dapat diperoleh kapan saja. Karena kuota tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Pemegang Kartu Prakerja yang berhasil mendaftarkan kartunya dengan baik sehingga dapat memperoleh Kartu Prakerja. Kemudian berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3,5 juta melalui program ini.

Insentif atau uang tunai tidak akan diberikan secara langsung tetapi secara bertahap dengan memberikan uang sebesar Rp. 1 juta bila lolos sebagai dana pelatihan. Kemudian kamu akan mendapatkan insentif setiap bulannya dengan nilai nominal Rp. 600 ribu.

Ini akan diberikan kepada kamu setiap bulan selama periode pelatihan empat bulan. Kemudian, sebagai uang insentif survei, kamu akan mendapatkan Rp. 150k.

Tujuan Program Pelatihan Prakerja

Tujuan Program Pelatihan Prakerja

Sebelum mempelajari cara mendaftar kartu prakerja agar dapat disetujui dan lolos seleksi agar dapat memperoleh insentif dan pelatihan yang berharga untuk mengasah keterampilan dan bakat di dunia kerja.

Berikut ini adalah tujuan dari program pra-kerja:

Memberikan Pelatihan Khusus

Indonesia merupakan salah satu negara terpadat di dunia, namun kepadatan penduduk ini tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja. Dengan kata lain, mendapatkan pekerjaan di Indonesia cukup sulit.

Bukan hanya lowongan pekerjaan di Indonesia yang tidak mencukupi, tetapi juga tenaga terampil yang ada untuk mengisi posisi tersebut juga tidak mencukupi. Karena rata-rata kualitas sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong buruk.

Sebenarnya, Indonesia memiliki populasi individu muda, berpendidikan, dan pekerja keras yang cukup besar. Namun, kualitas sumber daya manusia yang buruk di negara ini membuat mereka sulit untuk bersaing di tempat kerja.

Akibatnya, Indonesia dibanjiri tenaga kerja asing yang dinilai memiliki kualitas kerja yang unggul. Atas dasar pemikiran ini, program pra-kerja dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan bakat masyarakat Indonesia. Melalui pendidikan khususnya di era produktivitas.

Meningkatkan Kualitas SDM di Indonesia

Sumber daya manusia di Indonesia dinilai masih memiliki stkamur kualitas yang buruk sehingga menyulitkan negara untuk bersaing di pasar tenaga kerja global. Agar rakyat Indonesia tidak menjadi budak di negaranya sendiri, karyawan tidak boleh diperlakukan seperti budak.

Jadi program prakerja bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bangsa ini. Sehingga dapat melahirkan pegawai yang memiliki talenta, kreatif, inventif dan tentunya memiliki kemampuan leadership. Mampu menguasai dunia kerja di negara sendiri atau bahkan bersaing di dunia kerja dengan stkamur global.

Membantu Perekonomian Rakyat

Program pra-kerja mulai dibarengi dengan pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang meninggalkan pekerjaannya. Belum lagi fakta bahwa efek pandemi akan membuat keadaan menjadi sulit secara ekonomi.

Oleh karena itu, Program Bantuan Pandemi Covid-19 secara khusus dirancang untuk membantu karyawan yang terdampak. Dengan menawarkan bonus penyelesaian pelatihan dalam bentuk kompensasi uang. Akan ada insentif sebesar Rp 3,5 juta.

Anggota kelompok pra-kerja hanya akan memenuhi syarat untuk menerima pembayaran ini jika mereka telah menyelesaikan pelatihan yang diperlukan. Alhasil, uang yang diberikan tidak akan terbuang percuma, karena dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai modal awal.

Anggota pra-kerja mungkin mendapat manfaat dari pelatihan yang berfokus pada kewirausahaan untuk meningkatkan kemampuan kerja mereka ketika mereka mulai bekerja. Jika ada pandemi, ini akan berguna karena begitu banyak orang akan diberhentikan.

Mendapatkan Peluang Kerja Lebih Mudah

Anggota program pra-kerja akan mendapatkan pelatihan yang diberikan oleh perusahaan yang berpartisipasi dalam program ini.

Anggota mungkin tidak hanya mempelajari keterampilan baru, tetapi mereka juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu orang baru. Akibatnya, lulusan program pra-kerja akan memiliki pilihan pekerjaan yang lebih luas.

Keuntungan Mengikuti Program Pra-Kerja

Teknik pendaftaran kartu prakerja cukup mudah, hal ini dilakukan agar semua orang bisa mengikutinya dan mendapatkan berbagai keuntungan dari program ini. Anggota yang mengikuti program pra-kerja akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut mulai tahun 2020:

Keuntungan Mengikuti Program Pra-Kerja

  1. Dapat membantu menurunkan biaya pelatihan karena akan ditanggung oleh pemerintah dan perusahaan yang bekerja sama.
  2. Kamu tidak perlu menginvestasikan uang untuk menemukan informasi penting terkait pelatihan.
  3. Ada ketidaksesuaian yang memungkinkan karyawan untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah.
  4. Manfaatkan pendidikan dan pelatihan tanpa biaya yang akan mempersiapkan kamu untuk berkarir di sektor swasta.

Kapan Program Pra-Kerja dimulai

Hingga November 2021 ini, program prakerja telah mencapai gelombang ke-22. Dan pada gelombang ke-22 ini, diluncurkan pada 25 November 2021. Sebelum mempelajari cara mengajukan kartu prakerja, seseorang harus memenuhi sejumlah persyaratan. Karena banyak yang tidak lolos seleksi karena tidak melihat persyaratan secara memadai.

Sebagian besar, persyaratan yang diberikan tidak terlalu rumit atau berat bagi orang Indonesia. Sebenarnya kriteria yang disebutkan cukup mudah karena tidak memerlukan persyaratan khusus.

Hal ini tentunya berupaya agar siapa saja dapat mendaftar sebagai penerima kartu prakterja. Mengingat banyak sekali keuntungan dan keuntungan yang bisa didapatkan jika berhasil lolos seleksi dan mendapatkan kartu prakerja.

Manfaat pertama tentu saja pelatihan gratis yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan ternama dan ternama di Indonesia secara gratis bagi peserta. Selain itu, insentif yang diperoleh juga cukup menggembirakan mengingat mereka saat ini sedang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi.

Untuk angkatan terbaru akan sering dibuka, update terus informasi program prakerja di akun Instagram resmi prakerja @prakerja.go.id, dan segera kunjung situs resmi kartu prakerja ini.

Program Insentif Kartu Pra-kerja

Jika kamu berhasil menyelesaikan pendaftaran dan mendapatkan kartu prakerja, kamu akan mendapatkan hadiah berupa:

Program Insentif Kartu Pra-kerja

  1. Dapatkan biaya pelatihan satu juta rupiah.
  2. Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan merupakan biaya bantuan penempatan kerja. Maka totalnya adalah Rp. 2,4 juta.
  3. Dapatkan insentif untuk mengisi survei penilaian sebesar Rp. 50 ribu setiap kali melakukan survei. Dan survei mungkin diberikan hingga tiga kali. Sehingga jumlah yang akan diterima adalah Rp. 150 ribu.
  4. Dasbor pra-kerja akan menunjukkan jumlah insentif yang ditawarkan. Akibatnya, jangan lupa untuk memeriksanya.

Pemberian Insentif

Insentif itu sendiri tidak akan diberikan sekaligus, melainkan akan dibayarkan secara berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan. Contoh rencana insentif pra-kerja adalah sebagai berikut:

Hadiah pertama akan ditawarkan setelah kamu menyelesaikan program dengan menerima sertifikat.
Insentif untuk mencari pekerjaan akan diberikan setelah berhasil menyelesaikan pelatihan pertama. Kemudian insentif berikut juga akan ditawarkan setelah kamu menyelesaikan pelatihan kedua, dan seterusnya.
Selain itu, jika pemegang kartu prakerka telah mengevaluasi Lembaga Pelatihan di Platform Digital, hadiah berupa biaya survei akan diberikan.
Insentif juga hanya dapat dikirimkan jika kamu telah menambahkan nomor rekening bank atau e-wallet ke akun di situs resmi prakerja.go.id.
Selain itu, nomor rekening dan e-wallet yang didaftarkan juga harus menggunakan nama dan NIK yang sesuai dengan nama dan NIK yang digunakan untuk mendaftar sebagai penerima kartu prakerja.

Daftar Kartu Prakerja dan Syarat- Syaratnya

Kamu tentu sudah tahu, apa saja manfaat dan tujuan dari program pra kerja yang tentunya akan membuat para penerima manfaat program ini memperoleh berbagai keuntungan sebagai pekerja dan seseorang yang masih dalam usia produktif.

  1. Persyaratan pendaftaran kartu prakerja: Sebelum mendaftar, pastikan kamu mengetahui apa itu kartu prakerja.
  2. Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku atau menjadi warga negara Indonesia adalah syarat pertama dan terpenting.
  3. Kamu harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki kartu identitas berfoto yang masih berlaku untuk dapat berpartisipasi.
  4. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi.
  5. Usia produktif dan karyawan yang sedang mencari pekerjaan atau menjadi korban PHK.
    Pengusaha.
  6. Bukan ASN, TNI, atau Polri, tapi Aparatur Sipil Negara. Bukan juga anggota DPR dan DPRD. Tidak termasuk pejabat kota dan pejabat serta pejabat BUMN atau BUMD.
  7. Tidak mendapatkan bantuan pemerintah lainnya. Seperti BPUM, BLT, dan bantuan lainnya.
  8. Jika kamu memiliki Kartu Keluarga, kamu hanya dapat mendaftarkan dua Kartu Tkamu Penduduk (NIK).

Persyaratan Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika kamu tertarik dengan program pra-kerja, pantau terus situs web atau akun Instagram untuk mengetahui informasi baru yang dapat diposting.

Agar siap saat gelombang pendaftaran berikutnya dimulai, berikut beberapa tata cara mendaftarkan diri kamu sebagai penerima kartu prakerja. Tapi pastikan kamu juga memenuhi persyaratan yang disebutkan, agar bisa lolos seleksi.

Buat Nama Pengguna dan Kata Sandi

Tindakan pertama yang harus dilakukan sebelum daftar kartu prakerja adalah membuat akun di situs web resmi pra-kerja. Pendekatan ini diperlukan bagi individu yang ingin mendaftar untuk pertama kalinya.

Tetapi jika kamu sudah memiliki akun, maka kamu dapat melewati langkah ini.

  1. Buka website resmi program prakerja di prakerja.go.id.
  2. Kemudian masukkan nama lengkap kamu, email dan kata sandi di area yang diberikan.
  3. Klik Daftar untuk membuat akun, ya.
  4. Selesai dan sekarang kamu telah berhasil membuat akun pra-kerja yang dapat dibuka untuk mendaftar untuk angkatan berikutnya.

Daftar

Jika akun prakerja telah berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah mendaftar program prakerja. Kesempatan ini sendiri hanya datang sekali seumur hidup, oleh karena itu bagi yang sudah melengkapi persyaratan jangan disia-siakan.

Mendaftar untuk program pra-kerja memerlukan persiapan kartu identitas, jika kamu daftar kartu prakerja kamu harus lengkapi syarat nya

  1. Nomor NIK harus dimasukkan ke kolom KTP.
  2. Klik Berikutnya setelah kamu memverifikasi NIK.
  3. Unggah snapshot kartu ID kamu dan foto diri kamu dengan kartu ID kamu.
  4. Verifikasi nomor telepon dengan memasukkannya.
  5. Jika semua kolom sudah terisi, kamu bisa langsung klik Submit.
  6. Setelah itu, kamu akan ditanyai hal-hal seperti, “Apakah kamu pernah bekerja sebelumnya?” Beberapa pertanyaan ringan, pribadi, dan terkait pekerjaan melengkapi daftar kemungkinan pertanyaan wawancara.
  7. Jawab semua pertanyaan dengan jujur ​​karena akan relevan dengan pelatihan yang akan didapat nanti

Tes, seleksi, dan kelolosan

Jika kamu telah berhasil menyelesaikan program pra-kerja, maka ikutilah ujian minat dan bakat yang akan diselenggarakan secara online. jika sudah selesai maka akan dilakukan seleksi batch berikut agar sesuai dengan permintaan dan domisili.

Pastikan untuk memeriksa kembali apakah semua info yang dimasukkan valid untuk maju ke tahap pendaftaran berikutnya. Setelah itu, yang harus kamu lakukan hanyalah duduk dan menunggu staf kartu prakerja menyelesaikan peninjauan mereka.

Jika tes berjalan dengan baik, kamu akan mendapatkan pesan di akun pra-kerja kamu, di mana kamu dapat memeriksa apakah batch, periode, dan lokasi yang kamu pilih akurat atau tidak. Dan jika sudah benar maka kamu bisa klik Join.

Selanjutnya tinggal mengikuti program pelatihan yang sudah dapat diakses sesuai dengan batch dan lokasi yang ditentukan.

Dapatkan Insentif

Setelah menyelesaikan program pelatihan, peserta akan mendapatkan nilai tertentu yang ditetapkan untuk menilai keberhasilan mereka. Dan bonus juga dapat diperoleh setelah pelatihan selesai.

Nilai pelatihan terbaru kamu untuk mendapatkan pembayaran survei. Jumlah hadiah itu sendiri akan tersedia di halaman dasbor di akun pra-kerja dan insentif ini akan dikirimkan setiap bulan. Nama penerima kartu pra kerja dan NIK akan digunakan untuk mengirimkan hadiah ke rekening bank atau e-wallet mereka.

Jadi kamu tidak dapat menggunakan akun atau E-Wallet orang lain untuk menarik pembayaran insentif yang kamu peroleh.

Terbukti, jika teknik daftar kartu prakerja dan syarat nya sangat mudah asalkan sesuai dengan persyaratan, maka dijamin lolos untuk mendaftarkan diri sebagai penerima kartu prakerja.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang daftar kartu prakerja dan syarat nya. Kartu Prakerja merupakan program yang secara khusus diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia yang telah aktif beroperasi sejak tahun 2020.

Sektor ekonomi global dihancurkan oleh pandemi yang melkamu beberapa negara, termasuk Indonesia, pada tahun 2019. Setiap anggota yang berhasil mengikuti program tersebut akan memperoleh kartu pra kerja.

Indonesia merupakan salah satu negara terpadat di dunia, namun kepadatan penduduk ini tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja. Pemegang Kartu Prakerja yang berhasil daftar kartu prakerja syarat kartunya dengan baik berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp.3,5 juta.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas