Advertisement

Cara Daftar dan Cek Online Penerima BST Kemensos

Rancakmedia.com – Kamu menjadi bagian dari penerima BST Kemensos dan ingin tahu hasilnya? Jika demikian, maka kamu harus tahu cara daftar dan memeriksa penerima BST Kementerian Sosial secara online, karena akan lebih cepat dan lebih cepat.

Ya, secara online, kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk datang ke instansi pemerintah yang dibutuhkan. Cukup daftar dan cek dari smartphone atau PC kamu apakah kamu penerima BST Kemensos tahun 2021. Kamu bisa simak langkah-langkah pendaftaran dan cek BTS Kemensos secara online di bawah ini.

Ulasan Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial BST

Pemerintah Indonesia selalu mengabdikan diri untuk membantu masyarakat miskin dan mereka yang berisiko miskin, baik melalui penyaluran bansos maupun bentuk bantuan sosial lainnya yang diberikan oleh Kementerian Sosial. Sebenarnya program ini sudah berlangsung sejak lama, dan terus berlanjut hingga sekarang.

Indonesia, seperti yang kita ketahui, adalah negara berkembang. Banyaknya individu yang masih hidup dalam kemiskinan atau pada atau di bawah garis kemiskinan merupakan masalah serius di negara-negara berkembang.

Kemiskinan bukan karena orang tidak bekerja, melainkan kemiskinan sistemik. Masalah lain seperti kurangnya akses ke pendidikan dan pelatihan cenderung memperburuk keadaan. Karena itu, mau tidak mau, pemerintah harus turun tangan.

Sementara pemerintah Indonesia bekerja keras untuk mengembangkan lapangan kerja sosial, pemerintah juga secara teratur memberikan uang tunai dan kebutuhan pokok kepada mereka yang membutuhkan. Ini sudah berlangsung lama, tetapi pandemi Covid-19 benar-benar membuatnya terguncang.

Bantuan Sosial Pemerintah Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Semua orang tahu tentang pandemi Covid-19 2019, yang seolah menggoyahkan fondasi pemerintahan dan masyarakat. Pandemi ini menyasar semua bidang, tidak hanya kesehatan masyarakat, tetapi juga ekonomi dan sektor krusial lainnya.

Bantuan Sosial Pemerintah Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Untuk membatasi penyebaran Covid-19 yang semakin merajalela, pemerintah Indonesia telah menerapkan pembatasan sosial. Untuk sementara kegiatan sosial masyarakat akan dihentikan untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

Orang yang bekerja atau sedang mencari pekerjaan pasti akan merasakan efeknya. Karena kendala tersebut, mereka tidak lagi diperbolehkan keluar rumah untuk bekerja. PHK terjadi di mana-mana, karena pabrik harus berhenti total dan terpaksa memberhentikan staf.

Akibat Covid-19 dan aturan tersebut, masyarakat Indonesia yang miskin dan rentan semakin terpinggirkan. Melihat kondisi di atas, kini pemerintah berinisiatif memberikan bantuan sosial atau bansos kepada daerah-daerah yang terkena musibah.

Bantuan sosial yang mereka peroleh diyakini akan membuat mereka bisa menjalani hari-hari terakhir mereka di lingkungan yang lebih nyaman. Sejauh ini, bantuan sosial untuk individu yang terkena dampak Covid-19 sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Jenis Bantuan Sosial BST Kemensos

Apakah suatu kebanggaan bagi kamu menerima bantuan sosial BST Kemensos? Untuk memulai, kamu harus menyadari bahwa bantuan sosial datang dalam berbagai bentuk. Berikut penjelasannya:

Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harapan, yang sering disebut PKH, adalah program bantuan sosial yang dijalankan pemerintah yang dimulai pada tahun 2007. Bantuan sosial dari PKH berupaya untuk mengurangi kemiskinan yang mengerikan di Indonesia.

Sejak pandemi penyakit, jumlah orang yang berhak mendapatkan dukungan sosial PKH telah tumbuh secara dramatis. Jumlah orang yang memenuhi syarat untuk perawatan PKH gratis atau berbiaya rendah telah tumbuh secara signifikan. Berikut besaran atau nominal bantuan sosial PKH yang diberikan pemerintah pada tahun 2021:

  1. Wanita yang sedang hamil atau baru melahirkan mendapatkan bantuan sosial tahunan sebesar Rp 3.000.000.
  2. Anak kecil (0-6 tahun) berhak mendapatkan Rp 3.000.000 dalam bentuk dukungan sosial tahunan.
  3. Anak SD/sederajat mendapatkan santunan sosial sebesar Rp 900.000.
  4. Pendidikan Siswa SMP/sederajat mendapatkan bantuan sosial finansial sebesar Rp 1.500.000 per tahun.
  5. Pendidikan Anak-anak yang telah menyelesaikan sekolah menengah atas atau sederajat berhak atas bantuan sosial moneter tahunan sebesar Rp 2.000.000.
  6. Penykamung Disabilitas mendapatkan bantuan sosial berupa uang sebesar Rp 2.400.000.
  7. Lansia mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar Rp 2.400.000.

Program Kartu Sembako

Kemudian ada Skema Kartu Sembako yang jauh berbeda dengan program PKH. Jumlah nominal bantuan Program Kartu Sembako berkurang ketika jumlah bantuan sosial PKH tinggi. Idenya adalah bahwa individu yang terkena dampak dapat memperoleh kebutuhan dasar untuk mencari nafkah.

Setiap rumah tangga menerima manfaat Program Kartu Sembako sebesar Rp 200.000 per bulan. Jumlah ini dirancang untuk membantu cukup untuk pembelian sembako selama 1 bulan.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Kemudian ada BST atau Bantuan Sosial Tunai, dimana penerima akan mendapatkan Rp 300.000 per bulan. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bank anggota Himbara dapat menerima semua dana bansos tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. BNI
  2. BRI
  3. Bank Mandiri
  4. BTN

Kamu bisa langsung ke bank jika sudah mendaftar dan diterima. Jangan lupa untuk membawa detail pribadi kamu untuk menghindari masalah dengan prosedur pembayaran.

Bantuan Beras

Terakhir, program Bantuan Beras memberikan 10 kg beras setiap rumah tangga kepada mereka yang membutuhkan. Berbeda dengan bantuan dana, 10 juta penerima PKH dan 10 juta BST akan mendapatkan bantuan beras dari Perum Bulog.

Persyaratan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos

Sebelum masuk ke detail bagaimana penerima BST Kemensos bisa mendaftar dan diperiksa secara online, penting untuk mengetahui prasyaratnya. Berikut persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftar sebagai penerima BST Kemensos 2021:

Persyaratan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos

  1. Calon penerima BST termasuk orang-orang yang dianggap miskin atau rentan terhadap kemiskinan.
  2. Calon penerima BST tidak termasuk pegawai pemerintah, anggota Polri dan anggota TNI.
  3. Semua orang yang terkena dampak Covid-19 atau mereka yang kehilangan pekerjaan atau berisiko kehilangan pekerjaan memenuhi syarat untuk mendapatkan BST.

Jika kamu memenuhi ketiga persyaratan di atas, kamu dapat langsung mendaftar sebagai calon penerima BST secara offline atau online. Jika kamu lebih suka pendekatan offline, kamu dapat mengunjungi kantor desa terdekat dengan lokasi kamu saat ini atau menggunakan aplikasi Cak Bansos untuk masuk ke situs resmi Kementerian Sosial.

Cara Daftar dan Cek Penerima BST Kemensos Online

Untuk dipertimbangkan untuk BST Kementerian Sosial, kamu harus terlebih dahulu mengajukan aplikasi. Ya, harus daftar dulu agar namanya tercatat di DTKS artinya Data Kesejahteraan Sosial Terpadu.

Penerima Bantuan Sosial, Pemberdayaan dan Potensi, serta PSKS merupakan bagian dari PPKS (Persyaratan Pelayanan Kesejahteraan Sosial) DTKS (Sumber Kesejahteraan Sosial). Jika kamu telah bergabung dalam daftar, kamu berhak mendapatkan bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial.

Berikut Tata Cara Pendaftaran Penerima BST Kemensos:

  1. Masyarakat (miskin/rentan) berkunjung ke kantor desa/kelurahan sesuai domisilinya untuk mendaftarkan diri dengan membawa KK dan KTP.
  2. Data yang diberikan oleh pendaftar BST Kemensos akan dideskripsikan, diverifikasi, dan divalidasi oleh petugas.
  3. Hasil registrasi akan diperiksa di tingkat desa/kelurahan untuk memutuskan apakah mereka benar-benar layak untuk didaftar sebagai calon penerima BST Kementerian Sosial.
  4. Musyawarah desa akan membuat berita acara yang sah karena ditkamutangani oleh Kepala Desa/Lurah.
  5. Nantinya, hasil ini akan membentuk Final Prelist.
  6. Dinas Sosial akan mendasarkan pengambilan keputusannya pada temuan awal dari debat lokal.
  7. Dinas Sosial akan menggunakan Prelist Akhir untuk verifikasi dan validasi, termasuk instrumen DTKS yang komprehensif (kunjungan ke rumah masyarakat/survei langsung).
  8. Data yang telah diperiksa dan dikonfirmasi akan dimasukkan ke dalam aplikasi SIKS Offline yang dilakukan oleh Operator Desa/Kecamatan.
  9. Data yang telah diinput ke dalam SIKS akan diimport ke dalam Aplikasi SIKS Online.
  10. Setelah data diverifikasi, Bupati/Walikota akan diberitahu tentang temuan tersebut.
  11. Setelah Bupati/Walikota selesai memverifikasi dan memvalidasi semua data yang sah, mereka akan mengirimkannya kepada Gubernur untuk disetujui.
  12. Gubernur kemudian menyampaikan data tersebut kepada Menteri Sosial, dalam hal ini Tri Rismaharini.
  13. Terakhir, data hasil verifikasi dan validasi akan dimasukkan ke dalam SIKS Online untuk melengkapi pengajuan.
  14. Unggah surat persetujuan Bupati/Walikota dan berita acara Musdes/Muskel untuk melakukan hal tersebut.
  15. Memang benar bahwa alur ceritanya berbelit-belit. Tapi jangan khawatir, hal-hal sulit di atas bukanlah pekerjaan kamu. Tanggung jawab kamu hanya sebatas mendaftar dengan menunjukkan data diri khususnya Kartu Keluarga (KK) dan KTP.

Setelah itu biarkan petugas menilai apakah kamu layak untuk disetujui sebagai penerima BST Kemensos atau tidak. Mungkin, kamu harus menunggu sebentar sebelum bisa mengecek hasilnya secara online di situs resmi Kementerian Sosial atau Aplikasi Cek Bansos.

Cara Daftar Kemensos BST Online

Selain opsi di atas, kamu juga dapat mencalonkan atau mendaftar sebagai penerima BST Kementerian Sosial secara online. Bagaimana caranya? Caranya mudah, kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Cek Bantuan Sosial atau website resmi cek bansos Kemensos.

Untuk mempermudah, disarankan untuk menggunakan Aplikasi Cek Bansos secara eksklusif. Aplikasi ini dibangun khusus oleh Kementerian Sosial yang ingin mengajukan/mendaftar atau mengecek bansos. Aplikasi sederhana ini dapat ditemukan di Google Play tanpa biaya.

Aplikasi Cek Bansos mudah digunakan, jadi kamu tidak perlu khawatir. Selain ringan, aplikasi Social Assistance Check tidak membebani memori internal atau RAM memori HP.

Dokumen termasuk data pribadi kamu, seperti KK dan KTP, sebelumnya diperlukan. Berikut cara daftar dan cek penerima BST Kemensos secara online menggunakan Aplikasi Cek Bansos:

  1. Untuk memulai, buka Google Play dan unduh aplikasi Social Security Check.
  2. Selanjutnya install Aplikasi Cek Jamsostek hingga terinstall di smartphone.
  3. Jika sudah, luncurkan dan jalankan Aplikasi Cek Bansos.
  4. Jika kamu belum pernah mendaftar sebelumnya, kamu dapat mengklik Buat Akun Baru.
  5. Langkah selanjutnya adalah memberikan informasi pribadi kamu yang meliputi nomor KK, NIK, nama lengkap seperti yang tertera pada dokumen KTP, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, dan alamat KTP (RT, RW), serta nomor ponsel, alamat email, serta nama pengguna dan kata sandi kamu.
  6. Untuk menghindari masalah di masa mendatang, pastikan tidak ada data yang hilang.
  7. Kamu hanya boleh menyerahkan KTP dan selfie dengannya jika kamu benar-benar yakin tidak ada yang salah.
  8. Terakhir, klik Buat Akun Baru.
  9. Langsung ke menu Daftar Proposal setelah kamu mendaftar dan berhasil mengunjungi halaman utama Aplikasi Cek Bantuan Sosial.
  10. Setelah itu, klik “Tambah Proposal” dan pastikan kamu telah memasukkan semua informasi yang relevan.
  11. Selesai, sekarang kamu tinggal menunggu Kemensos meninjau daftar rekomendasi yang kamu berikan tadi.
  12. Bisakah kamu memberi tahu saya apakah prosedurnya telah selesai? Kemensos harus memeriksa permintaan kamu untuk masuk sebagai penerima BST Kemensos, jadi itu bukan pilihan. Jangan lupa sering-sering cek ya, biar nggak ketinggalan berita.

Hebatnya, pendaftaran dan pengecekan penerima BTS dari Kementerian Sosial cukup mudah, karena kamu bisa melakukannya secara online. Situs web resmi Kementerian Sosial dan aplikasi Cek Bantuan Sosial di Google Play dapat digunakan untuk tujuan ini.

Cara Cek Penerima BST Kemensos Online

Berikut ini cara cek penerima BST Kemensos 2022.

Cara Cek Penerima BST Kemensos Online

Cek BST Kemensos Melalui website

Pendaftaran dan pengecekan penerima BST Kemensos dapat dilakukan secara online melalui website resmi cek bansos Kemensos. Menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau yang lain adalah semua yang perlu kamu lakukan. Bisa melalui HP, tablet atau PC.

Pastikan kamu telah menautkan gadget yang kamu gunakan ke koneksi internet yang layak. Sehingga prosedur pemeriksaan bansos nantinya akan terbebas dari kendala dan hambatan akibat jaringan internet yang tidak stabil.

Berikut cara melakukannya:

  1. Buka browser web pilihan kamu dan kunjungi situs resmi Kementerian Sosial dengan mengklik di sini.
  2. Setelah website cek bansos buka, masukkan informasi alamat kamu, mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.
  3. Masukkan nama kamu persis seperti yang tertera pada kartu identitas kamu jika kamu memilikinya.
  4. Kemudian, masukkan kode captcha secara akurat. Kode captcha baru dapat diminta jika perlu.
  5. Terakhir, klik Cari Data jika semuanya sudah selesai.
  6. Hasil pencarian kamu kemudian akan ditampilkan di halaman.
  7. Jika kamu adalah penerima BST Kemensos, maka kamu bisa langsung mengatur penyaluran bantuan sosial tersebut. kamu perlu memeriksa hal-hal untuk memastikan kamu tidak ketinggalan berita yang disampaikan, tetapi tidak ada uang yang dicuri.

Cek Penerima BST Kemensos melalui aplikasi

Cara daftar dan cek penerima BST Kemensos online kedua bisa melalui Aplikasi Cek Bansos. Jika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakan aplikasi, kamu harus mendaftarkan akun. Siapkan surat-surat seperti KK dan KTP agar mudah.

Selain mengisi formulir pendaftaran, kamu juga harus menyerahkan foto selfie dengan KTP serta foto KTP kamu. Namun, jika kamu telah mendaftarkan akun sebelumnya, kamu dapat langsung mengaksesnya untuk memeriksa BST Kementerian Sosial secara online.

  1. Pastikan perangkat terhubung dengan internet agar dapat menggunakan Aplikasi Cek Bansos.
  2. Jika sudah, luncurkan dan jalankan Aplikasi Cek Bansos.
  3. Masukkan opsi Cek Bansos dari halaman aplikasi utama.
  4. Masukkan alamat lengkap kamu, dimulai dengan Provinsi kamu dan diakhiri dengan Kabupaten dan Desa kamu.
  5. Setelah itu, masukkan nama di KTP sebagai nama pengguna.
  6. Kemudian masukan kode captcha, klik Reload jika kode captcha kurang jelas.
  7. Jika sudah benar, langsung saja klik Search Data dan tunggu hasilnya.
  8. Setelah hasilnya tiba, kamu mungkin tahu apakah nama kamu terdaftar sebagai penerima BST Kemensos atau tidak.

Mengapa Nama Saya Sebeagai Penerima BST Kemensos

Kementerian Sosial tidak akan menerima semua pendaftaran. Jika nama kamu tidak disebutkan, itu menkamukan bahwa kamu tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Sosial. Namun, jangan putus asa, karena kamu mungkin masih berusaha.

Jika kamu yakin memenuhi syarat untuk BST Kementerian Sosial, kamu harus pergi ke Kantor Desa/Kelurahan dan mengajukan status BST Kementerian Sosial. Jika kamu memenuhi syarat, petugas akan mengevaluasi aplikasi kamu lagi.

Namun, jika nama kamu muncul, kamu dapat langsung melakukan pembayaran ke bank anggota Himbara atau Kantor Pos sesuai dengan tempat tinggal kamu. kamu cukup menunjukkan Surat Undangan dari Desa sebagai prasyarat pencairan BST Kemensos.

Cara daftar dan cek penerima BST Kemensos cukup mudah secara online, bisa menggunakan aplikasi cek bansos Kemensos atau Aplikasi Cek Bansos. Jadi, tidak perlu datang ke Kantor Desa/Kelurahan, apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih berkecamuk.

Bagaimana Jika Nama Tidak Tersedia sebagai Penerima BST Kemensos

Tidak semua pendaftaran yang dilakukan akan diakui oleh Kemensos selanjutnya, jika nama kamu tidak tercantum, berarti kamu tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemensos.

Jika kamu benar-benar memenuhi syarat untuk menerima BST Kementerian Sosial, maka kamu dapat mengajukan permohonan sebagai penerima BST Kementerian Sosial ke Kantor Desa/Kelurahan.

Pembayaran dapat diproses ke bank anggota Himbara atau kantor pos sesuai dengan tempat tinggal kamu jika nama kamu tercantum dalam daftar; kamu hanya perlu menunjukkan Surat Undangan dari Desa untuk mendapatkan BST dari Kementerian Sosial.

BST, atau bantuan sosial tunai, adalah sejenis dukungan pemerintah yang diberikan kepada kelompok individu tertentu pada saat kesulitan ekonomi.

Bagi yang ingin mendapatkan bantuan ini, dapat mencoba prosedur pendaftaran dan pengecekan penerima BST online Kemensos seperti tersebut di atas.

Kesimpulan

Kementerian Sosial BST telah mengabdikan diri untuk membantu orang miskin dan mereka yang berisiko miskin. Program ini sudah berlangsung sejak lama, dan terus berlanjut hingga sekarang. Untuk membatasi penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah menerapkan pembatasan sosial.

Pemerintah berinisiatif memberikan dukungan sosial atau bantuan sosial kepada daerah-daerah yang terkena bencana. Bantuan sosial datang dalam berbagai bentuk dan bertujuan untuk mengurangi kemiskinan yang mengerikan di Indonesia.

Back to top button