Advertisement

Tips Cara Mencegah Ikan Cupang Merasa Bosan

Tips Cara Mencegah Ikan Cupang Merasa Bosan – Apakah ikan cupang yang kamu miliki terlihat lemas? Apa mereka seringkali ada di dasar akuarium? Atau mereka jadi lamban dalam soal makan? Bila beberapa sinyal di atas dirasakan oleh ikan cupangmu, dapat disebutkan mereka mengalami kebosanan atau berasa jemu. Waktu ikan cupang berasa jemu, mereka akan menggigit ekornya sendiri. Ikan cupang yang berasa jemu sejauh waktu, itu dapat secara cepat beralih menjadi frustrasi.

Bila cupang melepaskan rasa frustrasi pada dirinya atau bila itu mulai membuat depresi, karenanya dapat lemahkan mekanisme kekebalannya dan mendatangkan penyakit.

Untuk menahan bahaya selanjutnya pada ikan cupang yang berasa jemu, ada beberapa hal yang bisa kamu kerjakan untuk membuat masih terhibur. Di bawah ini ada cara-cara yang dapat kamu kerjakan untuk bikin ikan cupang terlepas dari kebosanan, dikutip dari beberapa sumber, Selasa, (19/1/2021).

  • Tambahkan tanaman hidup ke akuarium

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjauhkan ikan cupang dari rasa bosan hingga menjadi stres adalah dengan menambahkan tanaman hidup ke akuarium.

Tanaman membuat akuarium terasa jauh lebih alami, memberi cupangmu banyak tempat untuk berenang dan menjelajah, sekaligus membuat akuarium terlihat lebih baik untukmu.

Dan jangan khawatir dengan pencahayaan pada akuariummu, ada banyak tanaman rendah cahaya yang bisa kamu tanam seperti pakis lidah kolam dan java moss.

Atau kamu bahkan dapat menambahkan beberapa bola lumut marimo yang akan tumbuh dengan baik hanya dengan penerangan ruangan. Kamu tidak akan pernah melihat ikan cupang di akuarium yang tidak menyukai tanaman.

  • Tingkatkan akuariumnya

Berkali-kali kamu melihat cupang dalam akuarium yang terlalu kecil untuk mereka. Akuarium atau soliter berukuran 2 liter atau 5 liter pun masih terlalu kecil.

Jika kamu akan merawat ikan cupang, kamu harus memasukkannya ke dalam tangki berukuran minimum 5 galon atau sekitar 18,9 liter. Namun, lebih besar selalu lebih baik. Jika kamu tidak memiliki akuarium berukuran 5 galon untuk ikan cupang, kamu harus membelinya sesegera mungkin.

  • Tambahkan pernak-pernik dan mainan di akuarium

Ikan cupang suka bersembunyi dan mereka juga menyukai mainan. Jika kamu menambahkan mainan yang mengambang di akuariummu, itu bisa menjadi hiburan bagi ikan cupang.

Kamu bisa memasukkan beberapa bola ping-pong ke dalam akuarium, dan lihatlah apa yang ikan cupangmu akan lakukan. Beberapa cupang akan mendorong bola ping-pong tersebut berkeliling akuariumnya.

Jika ikan cupang tidak langsung bermain dengan bola itu, berikan ikan cupangmu waktu untuk beradaptasi.

  • Letakkan akuarium di dekat televisi

Untuk cara ini tidak yakin 100 persen akan berhasil, tetapi masuk akal jika itu akan berhasil. Cupang digambar dan distimulasi oleh warna-warna cerah.

Jadi dengan meletakkan akuarium cukup dekat ke TV sehingga ikan cupang dapat melihatnya, hal itu dapat merangsangnya. Warna yang terus berubah bisa menjadi hiburan yang mereka butuhkan.

  • Berikan pola makan yang seimbang dan bervariasi

Hal hebat lainnya yang dapat kamu lakukan adalah memastikanmu memberi ikan cupang berbagai makanan. Jangan hanya memberinya 1 makanan yang sama terus menerus, berikan variasi.

Suatu hari kamu bisa memberinya beberapa kutu air, hari berikutnya pelet dan cacing darah, dan pakan-pakan lainnya. Dengan terus-menerus mengubah pola makannya, kamu akan membuat ikan cupangmu terhibur.

Ikan cupang yang kamu pelihara tidak akan pernah tahu apa yang akan datang dan dia akan selalu ‘berburu’ makanan. Ini adalah cara murah yang bagus untuk menghibur ikan cupangmu serta memberinya diet seimbang.

Dan tentang masalah makanan, pastikan Anda memberinya banyak makanan hidup. Ikan cupang adalah pemburu. Kamu tidak ingin dia menjadi lambat dan kehilangan instingnya.

Beri dia makan makanan hidup sesering mungkin dan dia akan tetap aktif dan terus berburu. Udang, jentik nyamuk, dan kutu ait adalah pilihan yang bagus.

  • Biarkan mereka beradu

Kamu sering diberi tahu bahwa kamu tidak boleh membiarkan ikan cupang beradu, namun untuk waktu yang singkat ini bisa menjadi pengalaman yang positif.

Sementara ikan cupang yang beradu secara konstan akan membuat tubuh stres, beradu sesekali akan menyebabkan eustress, jenis stres positif yang baik untuk pikiran dan tubuh semua makhluk hidup.

Ada 2 cara untuk membuat ikan cupangmu beradu atau berkelahi untuk mereka berolahraga, salah satunya adalah dengan menunjukkan cermin padanya. Mereka akan melihat dirinya sendiri sebagai musuh.

Apabila kamu memiliki 2 ikan cupang jantan yang berada di akuarium berbeda, kamu bisa mendekatkan akuarium mereka berdua untuk saling beradu. Lakukan 2 cara tadi hanya 1-2 menit sehari.

Cara ini tidak hanya akan langsung menyembuhkan kebosanannya, tetapi ia akan mulai berpatroli di akuarium setelahnya untuk mencari cupang saingan.

  • Tambahkan teman di akuariumnya

Oke, cara ini pasti tergantung pada ikan cupangmu dan temperamennya. Tetapi jika kamu merasa ikan cupangmu tidak keberatan, mengapa tidak menambahkan beberapa teman di akuariumnya.

Ada begitu banyak pasangan ikan akuarium yang berbeda yang bisa hidup bahagia bersama ikan cupang, misalnya neon tetra atau guppy dan sebagainya.

Menambahkan teman akuarium akan menjadi sumber stimulus yang konstan untuk ikan cupangmu. Pastikan saja ikan cupangmu tidak akan menyerang teman barunya sebelum kamu benar-benar menggabungkan mereka.

  • Bermain dengan ikan cupangmu

Mengapa kamu tidak bermain dengan ikan cupangmu? Kamu bisa mengajari dia trik atau menggerakkan jarimu di sepanjang akuarium untuk dia ikuti. Ini adalah cara termudah untuk menghibur ikan cupangmu dan tidak ada biaya apapun.

Sumber : kompas.com

Tombol kembali ke atas