Advertisement

Cara Membuat Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Rancakmedia.com – Terdapat cara untuk memperingati hari raya idul fitri 1443 H, salah satunya ialah dengan membuat Twibbon. Begini cara membuat Twibbon hari raya Idul Fitri 1443 H untuk kamu yang belum mengetahuinya.

Gunakan twibbon dengan foto pribadi atau keluarga kamu untuk memperindah sambutan Idul Fitri. Di tahun 2022, ucapan selamat hari raya idul fitri 1443 H dapat tersampaikan kepada teman-teman terkasih yang tinggal jauh menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Whatsapp.

Sejarah Idul Fitri

Sejarah Idul Fitri

Menurut Ensiklopedia Islam, Idul Fitri atau Lebaran dirayakan untuk pertama kalinya oleh umat Islam setelah Perang Badar pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah.

Umat ​​Islam muncul sebagai pemenang dari konflik tersebut. Sebanyak 319 Muslim harus menghadapi 1.000 prajurit kafir Quraisy.

Pada tahun itu, Nabi Muhammad dan para sahabat merayakan dua kemenangan, yaitu kemenangan mengalahkan pasukan kafir Quraisy dalam Perang Badar dan menguasai hawa nafsu setelah sebulan berpuasa.

Disinilah terbentuk istilah “Minal ‘Aidin wal Faizin”, yang merupakan pernyataan lengkap dari doa-doa umat Islam saat itu: Allahummaj ‘alna minal ‘aidin walfaizin – Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali (dari Pertempuran Badar) dan raih kemenangan.

Ibadah dan Tradisi Pada Idul Fitri

Pada tanggal 1 Syawal dimulainya akhir bulan puasa Ramadhan, dan Idul Fitri. Sholat Idul Fitri selalu dilakukan di pagi hari. Sholat Idul Fitri ini sunnah di lapangan atau bahkan di jalan raya (khususnya di kota-kota besar) ketika tempat ibadah tidak memadai untuk menampung orang banyak.

Sholat Idul Fitri dilakukan pada saat kebaktian, sesaat sebelum khutbah. Sunnah mu’akkad untuk sholat Idul Fitri. Sebagai kebiasaan, umat Islam memainkan takbir gemuruh pada malam sebelum dan malam setelah perayaan besar.

Takbir mulai bergema setelah Syawal dimulai. Selain shalat Idul Fitri, umat Islam juga diharapkan memberikan zakat dengan makanan pokok (Di Indonesia, Beras), atau dalam bentuk uang yang setara dengan jumlah itu. Tujuan zakat itu sendiri adalah untuk memberikan kesenangan kepada fakir miskin.

Kemudian, khutbah disampaikan setelah salat Idul Fitri, dan dilanjutkan dengan salat. Setelah itu umat Islam di Indonesia memiliki kebiasaan saling memaafkan atau halal bihalal/persahabatan, terkadang sebagian individu akan berziarah ke kuburan.

Cara Membuat Twibbon Hari Raya Idul Fitri

Di bawah ini kami telah memberikan  cara membuat desain Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1443, sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi Twibbon atau URL https://twibbonize.com/
  2. Kemudian pada halaman utama, desain twibbon terbaru akan di tampilkan
  3. Dimungkinkan untuk menggunakan bilah pencarian untuk menemukan twibbon tertentu, seperti “Hari Raya Idul Fitri 1443 H”
  4. Setelah itu, kamu akan disajikan dengan sejumlah alternatif Twibbon
  5. Pilih Twibbon yang kamu suka
  6. Kemudian pilih gambar yang ingin ditambahkan ke twibbon setelah itu klik ‘Ok’
  7. Selanjutnya, sesuaikan ukuran foto pada twibbon dengan keinginan kamu
  8. Jika sudah sesuai maka klik ‘Upload Gambar’
  9. Di Twibbon, kamu juga dapat mengunduh foto hanya dengan mengklik opsi unduh di sudut kiri bawah foto
  10. Jika kamu ingin mempublikasikan gambar di twibbon ke semua media sosial, cukup tekan tombol ‘bagikan’

Kesimpulan

Pada tanggal 1 Syawal dimulainya akhir bulan puasa Ramadhan, dan Idul Fitri. Sholat Idul Fitri selalu dilakukan di pagi hari. Sholat Idul Fitri ini sunnah di lapangan atau bahkan di jalan raya (khususnya di kota-kota besar) ketika tempat ibadah tidak memadai untuk menampung orang banyak.

Pada artikel di atas kami telah memberikan cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat Twibbon hari raya idul fitri 1443 H, tidak hanya itu kami juga membahas tentang sejarah idul fitri dan tradisi pada idul fitri.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1443 H, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua, selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas