Advertisement

Cara Mudah Bikin SKCK Online dari Rumah

Rancakmedia.com – Berikut ini kami akan membagikan cara mudah untuk bikin SKCK online, bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan smartphone di rumah. Saat ini pembuatan SKCK tidak lagi membutuhkan banyak waktu dan antrean di kantor polisi.

Itu adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Polri, Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK, yang menyatakan tidak adanya catatan kriminal untuk orang yang disebutkan di dalamnya.

SKCK umumnya dijadikan sebagai prasyarat administratif bagi banyak kegiatan masyarakat Indonesia, seperti melamar pekerjaan hingga pengajuan pencalonan kepala daerah.

Dalam pengajuan SKCK ini, Polri telah memperkenankan masyarakat untuk bisa membuatnya secara online. Dengan begitu, pengelolaan tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya sepanjang hari kerja.

Dalam waktu 20 menit, kamu dapat membuat SKCK secara online. Menurut skck.polri.go.id, berikut cara membuat SKCK online dengan cepat dan mudah:

Persyaratan Bikin SKCK Online

Dokumen persyaratan yang harus disiapkan sebelum membuat SKCK online, yakni:

Persyaratan Bikin SKCK Online

  1. KTP asli.
  2. Fotokopi KTP.
  3. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  5. Fotokopi Akta Lahir/Ijazah.
  6. Fotokopi paspor.
  7. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah. Pemohon harus berpakaian sopan dan tampak muka secara utuh.

Cara Buat SKCK Online dengan Mudah

Cara membuat SKCK online Setelah menyiapkan dokumen persyaratan tersebut, pemohon bisa segera melanjutkan untuk pembuatan SKCK online dengan cara berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi browser dan kunjungi situs https://skck.polri.go.id.
  2. Pilih Form Pendaftaran pada bagian menu,
  3. Pilih kolom Jenis Keperluan.
  4. Isi kolom selanjutnya dengan menentukan tempat dimana SKCK akan dibuat.
  5. Pilih salah satu dari dua metode pembayaran, yaitu Tunai atau BRIVA.
  6. Lengkapi pengisian data pada kolom Satwil, Data Pribadi, Hubungan Keluarga, Pendidikan, Perkara Pidana, Ciri Fisik, Lampiran, dan Keterangan sesuai data yang sebenarnya.
  7. Lampirkan rumus sidik jari yang didapatkan dari Polres setempat khusus untuk pemohon yang belum pernah membuat SKCK sebelumnya.
  8. Setelah mengisi semua kolom di formulir, kamu bisa melanjutkan ke tahap pembayaran.
  9. Jika metode pembayaran yang dipilih adalah BRIVA, kamu bisa melakukan pembayaran di kantor atau agen BRI terdekat, tetapi jika pembayaran dilakukan secara tunai, kamu bisa langsung menuju ke kantor polisi setempat yang telah dipilih di formulir pendaftaran.
  10. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran.
  11. Bukti pembayaran bisa digunakan untuk mengambil SKCK di kantor polisi yang telah dipilih. Itulah cara membuat SKCK online yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang di kantor Kepolisian setempat.

Kesimpulan

Itu adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Polri, Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK, yang menyatakan tidak adanya catatan kriminal untuk orang yang disebutkan di dalamnya. Hal ini biasa dijadikan sebagai prasyarat administratif bagi banyak kegiatan masyarakat Indonesia, seperti melamar pekerjaan dan mengajukan pencalonan kepala daerah.

Polri telah mengizinkan masyarakat untuk  bikin SKCK online sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya sepanjang hari kerja. Cara membuat SKCK online yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke kantor Polres setempat.

Pelamar harus berpakaian sopan dan memiliki wajah penuh. Lengkapi isian data pada kolom Satwil, Fakta Pribadi, Hubungan Keluarga, Pendidikan, Perkara Pidana, Ciri-ciri Fisik, Lampiran, dan Keterangan sesuai dengan data yang sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas