Begini Cara Mendapatkan Berbagai BLT

ADVERTISEMENT

Begini Cara Mendapatkan Berbagai BLT – Pemerintah masih memberi bansos (bantuan sosial) pada tahun 2021. Kementerian Sosial (Kemensos) sediakan layanan khusus untuk warga yang belum terjamah bantuan sosial berbentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Menteri Sosial Tri Rismaharani menjelaskan untuk memperoleh bantuan sosial, semua yang menerima harus tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Harus daftar DTKS,” kata Mensos

Adapun langkah untuk memperolehnya, daftarkan diri ke Dusun/Kelurahan di tempat dengan bawa KTP dan KK. Selanjutnya, ini akan diulas dalam Musyawarah pada tingkat Dusun/Kelurahan untuk tentukan kelaikan masyarakat itu masuk di dalam DTKS berdasar analisis awalnya (pre-list) atau usulan baru.

“Musdes/Muskel akan hasilkan Informasi Acara yang ditandangani oleh Kepala Dusun/Lurah dan perangkat dusun yang lain, untuk selanjutnya jadi Pre-List Akhir,” ucapnya.

Dinas Sosial memakai Pre-List Akhir ini untuk lakukan klarifikasi dan validasi data dengan instrumen komplet DTKS, lewat lawatan rumah tangga. Data yang sudah diverifikasi dan divalidasi akan dicatat dalam Program SIKS Off line oleh Operator Dusun/Kecamatan, untuk selanjutnya di-export berbentuk File Extention SIKS.

Sumber : okezone.com

Related Articles

Back to top button