Advertisement

Cara Cek Penerima Bansos BSU April 2022

Rancakmedia.com – Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diberikan Pemerintah di bulan Ramadhan april 2022, oleh karna itu kami akan membahas cara cek penerimaan BSU pada tahun ini.

“Tujuan BSU ini untuk menjaga dan menopang kemampuan ekonomi pekerja/buruh, juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat mendongkrak pembangunan ekonomi,” kata Ida Fauziah, Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Rabu (6/6). /4/2022).

Pekerja/buruh yang terkena dampak kebijakan PPKM upah 3 dan 4 dan berpenghasilan kurang dari Rp 3,5 juta akan menjadi fokus BSU pada tahun 2021. Jika gaji minimum daerah lebih besar dari Rp. 3,5 juta, menggunakan batas upah minimum yang sesuai.

Pekerja yang berpenghasilan kurang dari Rp 3,5 juta per bulan akan memenuhi syarat untuk menerima upah BSU mulai tahun 2022 dengan kriteria sementara. Basis data penerima BSU masih memasukkan data pekerja atau pekerja yang tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan.

“Pemerintah mengalokasikan Rp 8,8 triliun untuk anggaran BSU tahun 2022, dengan alokasi bantuan per penerima manfaat sebesar Rp 1 juta. Kekhususan kriteria dan metode BSU 2022 sedang dipertimbangkan oleh Kementerian Tenaga Kerja,” ungkap Ida.

Berikut Cek Penerima BSU pada April 2022

Berikut cara melihat siapa saja yang mendapatkan dukungan sosial BSU pada April 2022:

Berikut Cek Penerima BSU pada April 2022

Cara Cek BSU di Website Kementerian Tenaga Kerja

  1. Buka situs resmi yaitu bsu.kemnaker.go.id
  2. Kamu harus membuat akun terlebih dahulu jika belum memilikinya. Selesaikan pendaftaran akun. Kemudian gunakan akun satu kali (OTP) yang dikeluarkan ke ponsel kamu untuk masuk.
  3. Masuk ke akun kamu.
  4. Lengkapi profil kamu dengan mengunggah foto, memberikan informasi tentang diri kamu, dan menunjukkan apakah kamu sudah menikah atau belum.
  5. Kemudian, kamu akan menerima pemberitahuan.

Cara Cek BSU di Situs BPJS Ketenagakerjaan

  1. Kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Masuk dengan akun dan kata sandi kamu yang ada.
  3. Kemudian klik “Kartu Digital” dari menu dasbor.
  4. Kemudian, klik gambar kartu.
  5. Setelah itu akan muncul notifikasi status aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan nomor rekening.

Jika prasyarat tersebut di atas terpenuhi, penerima dapat menunggu BSU ditransfer ke rekening masing-masing.

Kesimpulan

Pemerintah memberikan bantuan subsidi upah (BSU) sepanjang bulan Ramadhan, salah satunya BSU. Tujuan dari BSU ini adalah untuk menjaga dan menopang kemampuan ekonomi pekerja/buruh. Hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat mendongkrak pembangunan ekonomi. Masyarakat membutuhkan informasi cara pengecekan penerima bansos BSU April 2022.

Back to top button