Advertisement

Cara Cek Penerima Bansos BLT Minyak Goreng

Rancakmedia.com – Pemerintah memberikan bansos bantuan dana langsung (BLT) kepada masyarakat untuk minyak goreng. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui cara untuk cek penerimaannya.

Informasi tentang cara pengecekan penerima bantuan minyak goreng BLT April 2022 sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Presiden Jokowi mengumumkan penyaluran minyak goreng BLT pada konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 1 April 2022.

“Sebagai konsekuensi dari kenaikan harga minyak sawit di pasar dunia, kami tahu bahwa harga minyak goreng sudah cukup tinggi.” Pemerintah akan menyediakan BLT minyak goreng untuk mengurangi beban masyarakat,” kata Jokowi, seperti dilansir dari situs Sekretariat Kabinet.

Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), atau Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjual gorengan dapat memperoleh BLT minyak goreng, menurut Jokowi.

“Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta rumah tangga yang masuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai [BPNT] dan Program Keluarga Harapan [PKH], serta 2,5 juta pedagang kaki lima yang menjual gorengan,” tambah Jokowi.

Setiap bulan, Jokowi menyatakan, BLT minyak goreng akan dibagikan sebesar Rp. 100.000. Minyak goreng BLT diberikan selama tiga bulan sekaligus, dimulai pada bulan April, Mei, dan Juni, dan dibayar di muka sebesar Rp. 300 ribu pada April 2022.

Cara Cek Bansos BLT Minyak Goreng

Masyarakat yang menginginkan minyak goreng BLT harus mengecek terlebih dahulu apakah mereka penerima BPNT, PKH, atau PKL. Cek minyak goreng cair penerima bansos BLT April 2022 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Cek Bansos Bansos BLT Minyak Goreng

  1. Masuk ke halaman kemensos.go.id
  2. Cek cekbansos.kemensos.go.id untuk informasi lebih lanjut.
  3. Mulailah dengan memasukkan wilayah dan nama kamu di bidang yang disediakan.
  4. Seperti yang terlihat pada gambar, ketik kode yang terdiri dari delapan digit huruf, termasuk spasi.
  5. Pilih “Pencarian Data”.

Jika nama kamu muncul, kamu sudah berada di database DTKS. Untuk melihat apakah kamu penerima BPNT 2022, periksa kolom status BPNT dan lihat apakah tertulis “Ya”.

Lanjutkan ke halaman berikutnya untuk mempelajari cara memeriksa kelayakan penerima bantuan sosial tambahan.

Cara Cek Penerima BPNT 2022 Di Aplikasi Cek Bansos

  1. Pastikan aplikasi telah diunduh dan diinstal di perangkat kamu.
  2. Kamu memilih opsi “Periksa Bansos” dari menu.
  3. Masukkan informasi pribadi dari kartu identitas kamu, seperti wilayah dan nama kamu .
  4. “Cari Data” harus dipilih.
  5. Periksa informasi yang akan ditampilkan untuk melihat apakah kamu salah satu penerima BPNT 2022.

Cek Penerima BPNT 2022 Di Kantor Dinsos

Kamu dapat menanyakan apakah kamu terdaftar di DTKS dan penerima Bantuan BPNT 2022 atau Kartu Sembako di kantor Dinas Sosial di kota/kabupaten kamu.

Kesimpulan

Informasi cara pengecekan penerima bansos BLT minyak goreng April 2022 sangat dibutuhkan masyarakat luas. Bantuan tersebut akan diberikan kepada 20,5 juta rumah tangga yang masuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai [BPNT] dan Program Keluarga Harapan [PKH].

Cek bansos BLT minyak goreng penerima bansos BLT April 2022 dengan mengikuti langkah berikut. Jika nama kamu muncul, kamu sudah berada di database DTKS. Untuk melihat apakah kamu penerima BPNT 2022, periksa kolom status BPNT dan lihat apakah tertulis “Ya”.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas