Ini Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Via Online, SMS, dan Aplikasi

ADVERTISEMENT

Ini Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Via Online, SMS, dan Aplikasi – Pelat nomor kendaraan yang legal ialah pelat nomor yang tercatat sah di sistem administrasi negara. Langkah check pelat nomor dapat dikerjakan secara manual atau daring atau online.

Langkah manual check pelat nomor dapat dikerjakan di Samsat daerah domisili kendaraan yang berkaitan. Tetapi, bila seorang tidak punyai cukup waktu untuk melakukan, check pelat nomor online bisa saja solusi.

Berikut beberapa langkah check pelat nomor tak perlu bertandang ke kantor Samsat setempat:

Langkah Check Pelat Nomor Online

Pada intinya check pelat nomor dilakukan sesuai domisili administrasi kendaraan itu, karena itu dari alamat pengecekannya juga disamakan. Berikut langkah check pelat nomor secara online di beberapa wilayah.

  • DKI Jakarta

Pelat nomor kendaraan yang domisili di Jakarta Raya dengan diawali huruf B. Kelompok kendaraan ini bisa memeriksa pelat nomor secara online di situs Samsat Jakarta.

Pemakai kendaraan motor dapat memeriksa dengan mengunjungi situs samsat-pkb2.jakarta.go.id. Di situ, pemakai tinggal masukkan nomor pelat kendaraan.

Untuk pemilikan individu, pemakai bisa juga menambah info NIK atau nomor induk kependudukan. Dari sana, pemakai dapat menyaksikan info yang terdiri dari merek kendaraan, mode kendaraan, tahun produksi, warna kendaraan, nomor kerangka, dan nomor mesin.

Di sana pemakai atau pemilik dapat menyaksikan informasi perincian pajak kendaraan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

  • Jawa Barat

Langkah check pelat nomor online bisa juga dikerjakan oleh pemakai atau pemilik kendaraan motor dengan domisili tercatat di beberapa kota di Jawa Barat.

Pemakai atau pemilik kendaraan dapat lakukan check di situs Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Propinsi Jawa Barat. Pemakai atau pemilik dapat melakukan di bapenda.jabarprov.go.id.

Di situs itu, pemakai atau pemilik tinggal masukkan nomor kendaraan, pilih warna tanda nomor kendaraan motor (pelat nomor), dan masukkan code verifikasi pengguna.

Saat data itu diinput, karena itu pemakai atau pemilik dapat menyaksikan info yang terbagi dalam merek kendaraan, model kendaraan, tahun produksi, warna kendaraan, nomor rangka, dan nomor mesin.

Di sana pemakai atau pemilik dapat menyaksikan informasi perincian pajak kendaraan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

  • Jawa Timur

Seperti pada wilayah lain, pemakai atau pemilik kendaraan motor di Jawa Timur bisa juga lakukan check pelat nomor online di situs Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur.

Pemakai atau pemilik kendaraan motor tinggal berkunjung situs e-Samsat Jawa Timur di alamat info.dipendajatim.go.id.

Dengan masukkan nomor pelat kendaraan dan kota/kabupaten asal kendaraan, pemakai dapat menyaksikan detail informasi kendaraan dan data perpajakannya.

Untuk wilayah yang lain, pemakai atau pemilik kendaraan motor dapat cari informasi berkaitan alamat e-Samsat wilayah semasing untuk check pelat nomor online. Check pelat nomor dan pajak kendaraan di tiap wilayah bisa juga dikerjakan lewat cekpajak.com.

Cara Cek Plat Nomor via SMS

Cek plat nomor online atau tanpa tatap muka pun bisa dilakukan dengan layanan SMS. Berikut cara cek info kendaraan atau plat nomor kendaraan di sejumlah daerah:

  1. Jakarta: “METRO(spasi)No Kendaraan” ke 1717.
  2. Jawa Barat: “INFO(spasi)No Kendaraan” ke 08112119211.
  3. Jawa Tengah: “JATENG(spasi)No Kendaraan” ke 9600.
  4. Jawa Timur: “JATIM(spasi)No Kendaraan” ke 7070.
  5. Kepulauan Riau: “KEPRI(spasi)No Kendaraan” ke 9969.
  6. Yogyakarta: “DIY(spasi)No Kendaraan” ke 9600.

Cara Cek Plat Nomor via Aplikasi

Cek plat nomor juga bisa dilakukan dengan aplikasi ponsel. Sejumlah daerah di Indonesia memiliki aplikasi cek plat nomor kendaraan masing-masing, sebagai berikut:

  1. Jawa Tengah: SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  2. Jawa Timur: E-Smart Samsat Jatim
  3. Jawa Barat: SAMBARA
  4. Jakarta: Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
  5. Yogyakarta: Pajak Kendaraan Yogyakarta
  6. Aceh: Peluit Ditlantas Polda Aceh
  7. Kepualauan Riau: Esamsat Kepri
  8. Sulawesi Utara: Info Pajak Kendaraan Sulut
  9. Lampung: Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  10. Sulawesi Selatan: eSamsat Sulsel
  11. Kalimantan Utara: eSamsat Kalimantan Utara

Itu lah sejumlah cara cek plat nomor online yang tersedia dengan beberapa cara tanpa harus melakukannya secara tatap muka atau dengan mendatangi kantor Samsat setiap daerah.

Sumber : cnnindonesia.com

Related Articles

Back to top button