Bansos Anak Sekolah 2022 Kapan Cair

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Kapan bantuan sosial anak sekolah akan dicairkan? Cari tahu semua informasinya dalam artikel ini. Bansos Anak Sekolah 2022 untuk SD, SMP & SMA tahun 2022, berikut bocoran jadwal pencairan bansos, antara lain pendaftaran bantuan langsung tunai atau BLT bagi siswa secara online.

Perlu ditegaskan, mengenai kapan jadwal pencairan bansos untuk anak sekolah dan cara mendaftar BLT 2022 secara online untuk siswa SD, SMP, dan SMA, pemerintah memang masih menggunakan proses 2021.

Pertama, mari kita lihat bagaimana siswa sekolah online dapat mendaftar untuk BLT sebelum meninjau secara spesifik jadwal bansos 2022.

Cara Pendaftaran Bansos Anak Sekolah

Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial salah satu siswanya memiliki sekolah bantuan sosial bagi orang tua yang memiliki anak SD, SMP, dan SMA (PKH).

Untuk itu, tata cara pendaftaran bansos online untuk anak sekolah 2022 harus mengikuti aturan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar siswa SD, SMP, dan SMA dapat menerima BLT Kemensos.

Orang tua siswa SD, SMP, dan SMA harus menyelesaikan proses pendaftaran DTKS offline terlebih dahulu sebelum dapat memulai proses pendaftaran BLT. Ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil.

Cara Pendaftaran Bansos Anak Sekolah

  1. Orang tua siswa SD, SMP, dan SMA membuat KTP dan Kartu Keluarga.
  2. Kemudian bawa data diri ke kantor desa/kelurahan dan daftar DTKS.
  3. Orang tua siswa SD, SMP, dan SMA dapat menunggu sampai desa/kelurahan bermusyawarah sebelum memutuskan status kelayakan masuk DTKS Kementerian Sosial jika sudah mendaftar.
  4. Hasil debat kemudian dituangkan dalam berita acara rapat yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.
  5. Data tersebut kemudian diverifikasi dan divalidasi oleh dinas sosial dengan menggunakan instrumen yang komprehensif melalui kunjungan ke rumah penduduk.
  6. Operator desa/kelurahan akan memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) setelah diverifikasi dan divalidasi.
  7. Dinas Sosial selanjutnya akan mengolah data untuk diverifikasi dan divalidasi, selanjutnya dilaporkan kepada bupati/walikota, kemudian bupati/walikota melapor kepada gubernur, dan akan diteruskan ke menteri.
  8. Tahap kedua, seluruh data penerima bansos PKH untuk anak sekolah akan diproses oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara), kelurahan, dan walikota/kabupaten.

Jika orang tua siswa SD, SMP, dan SMA sudah mendaftar DTKS offline, maka bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran BLT 2022 anak sekolah online dengan program Cek Bansos.

DTKS akan menerima usulan dari orang tua siswa SD, SMP, dan SMA untuk dijadikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program PKH 2022 pada sesi ini.

Tahapan Pengusulan Online di DTKS Agar Tergolong KPM Bansos PKH

Berikut ini adalah langkah-langkah pengajuan online di DTKS untuk diklasifikasikan sebagai KPM PKH bansos.

KTP dan KK adalah data yang digunakan oleh orang tua untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang siswa mereka.

  1. Setelah itu, gunakan smartphone Anda untuk mendownload aplikasi Cek Bansos di Play Store.
  2. Jika orang tua siswa SD, SMP, dan SMA sudah masuk ke aplikasi Cek Bansos, segera pilih daftar usulan untuk mendaftarkan diri, keluarga atau masyarakat yang sudah tercatat di DTKS Kemensos sebagai KPM PKH untuk 2022 anak sekolah.
  3. Selanjutnya, pilih tambahkan proposal.
  4. Data dari database DTKS Kemensos akan digunakan secara otomatis untuk mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kepatuhan Dukcapil, dan kelayakan pengusul di sistem yang akan datang.
  5. Pemilihan bansos PKH merupakan langkah terakhir.
  6. Siswa SD, SMP, dan SMA yang sudah diklasifikasikan sebagai KPM PKH, menunjukkan bahwa bantuan sosial sebesar Rp 4 juta untuk anak sekolah pada tahun 2022 layak untuk diperoleh.

Dana bantuan sosial siswa senilai Rp 4,4 juta akan disalurkan melalui bank Himbara pilihan Kemensos, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Siswa SD dapatkan bansos Rp900. 000.
  2. Siswa SMP dapatkan bansos Rp1, 5 juta.
  3. Siswa SMA dapatkan bansos Rp2 juta.

Mengenai jadwal pencairan bansos untuk anak sekolah pada 2022, menurut Kemensos, akan ada empat tahap. Siswa SD, SMP, dan SMA dapat menyalurkan bantuan sosial untuk anak sekolah pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Cara daftar blt anak sekolah SD, SMP, dan SMA pada tahun 2022 dapat mendaftar manfaat BLT dengan menggunakan bocoran jadwal bansos ini.

Kesimpulan

Kapan bantuan sosial anak sekolah 2022 akan dibayarkan? Cek jadwal dan cara daftar BLT online untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Tata cara daftar dan cek bansos anak sekolah tahun 2022 harus mengikuti aturan Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS).

DTKS akan menerima usulan dari orang tua siswa SD, SMP, dan SMA untuk menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program PKH 2022. Data dari database DTKS akan digunakan secara otomatis untuk mencocokkan nama, data NIK, data KK, dan kelayakan pengusul di sistem yang akan datang.

Pencarian Populer

Link Bansos Untuk Anak Sekolah -

Related Articles

Back to top button