Cara Daftar dan Cek Bansos Anak Sekolah Tahun 2022

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Pemerintah terus menberikan bantuan atau bansos untuk anak sekolah, atau bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada siswa. Berikut informasi tata cara pendaftaran dan pengecekan penerima bansos BLT 2022 untuk anak sekolah, Kamis (24/03/2022).

BLT untuk anak sekolah sebesar Rp 4,4 juta untuk membantu proses belajar mengajar anak-anak SD, SMP, dan SMA selama wabah. BLT.

BLT untuk anak sekolah hanya dapat disalurkan untuk satu rumah tangga dengan satu anak yang masih duduk di tingkat SD, SMP, atau SMA.

Berikut besaran BLT anak sekolah yang diterima para pelajar:

  1. Anak SD mendapat bansos Rp. 900 ribu per tahun.
  2. Anak SMP mendapat bansos Rp. 1,5 juta per tahun.
  3. Anak SMA mendapat bansos Rp. 2 juta per tahun.

Siswa SD, SMP, dan SMA yang dapat memperoleh BLT untuk anak sekolah harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) (KIP). Membuat KIP semudah langkah-langkah berikut:

Berikut Cara Membuat KIP

  1. Salam dari seluruh keluarga.
  2. Akta kelahiran.
  3. Kartu Keluarga (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
  4. Melaporkan hasil investigasi.
  5. Surat pemberitahuan Kepala Sekolah kepada penerima hibah BSM (Bantuan Siswa Miskin).

Kamu dapat mendaftar untuk KIP jika kamu telah menghasilkan sejumlah file dengan:

  1. Siswa dapat mendaftar dengan menunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. Jika belum memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu untuk memenuhi kriteria pendaftaran.
  2. Daftar calon siswa KIP akan dibuat oleh sekolah atau madrasah dan dikirim ke Dinas Pendidikan kabupaten/kota/Kementerian Agama.
  3. Disusul dengan data/rekapitulasi calon penerima KIP yang dikirim oleh dinas pendidikan kabupaten/kota atau kementerian yang bersangkutan dengan agama ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait.
  4. Setelah itu, sekolah akan mendaftarkan calon peserta KIP ke program Data Pendidikan Dasar (Dapodik). Sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib memasukkan data calon penerima dalam Dapodik.
  5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenag) akan mengirimkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang memenuhi syarat.

Cara Cek Nama Penerima Bansos BLT Anak Sekolah

Cara Cek Nama Penerima Bansos BLT Anak Sekolah

Setelah mendaftar KIP, siswa SD, SMP, dan SMA dapat mengecek apakah namanya sudah diajukan sebagai penerima bantuan sosial BLT anak sekolah sebesar Rp. 4,4 juta oleh:

  1. Masuk ke situs https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Pilih Provinsi
  3. Memilih Kekaisaran/Kota
  4. Kecamatan tempat tinggal
  5. Pilih Desa
  6. Silakan masukkan nama lengkap kamu di sini.
  7. Silakan masukkan kode alfanumerik.
  8. Untuk mengetahui lebih lanjut, klik menu tarik-turun data

Demikian informasi tentang cara daftar dan cek penerima BLT anak sekolah Rp. 4,4 juta pada tahun 2022

Kesimpulan

Pemerintah terus meberikan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada siswa. Cek bansos anak sekolah sebesar Rp 4,4 juta untuk membantu proses belajar mengajar anak-anak SD, SMP, dan SMA selama wabah.

Siswa dapat mendaftar dengan menunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat untuk dapat bansos anak sekolah.

Jika belum memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu. Daftar calon siswa KIP akan dibuat oleh sekolah atau madrasah dan dikirim ke Dinas Pendidikan kabupaten/kota/Kementerian Agama.

Related Articles

Back to top button