Cara Daftar Bansos Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Melalui aplikasi cek bansos Kemensos kamu bisa cek informasi bansos blt untuk paud tahun 2022. Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) mendorong dibentuknya program Bantuan Sosial (Bansos) ini  untuk menjawab kebutuhan mendesak masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui cara pendaftaran bansos pada Maret 2022 melalui aplikasi Cek Bansos Kementerian Sosial, Jumat (3/4/2022).

Pada 2022, pemerintah akan memberikan bansos BLT Paud di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos). Perlu ditegaskan bahwa program Bantuan Sosial PKH dan BPNT ditujukan kepada warga yang telah terdokumentasikan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) (DTKS).

Anggaran bantuan sosial PKH sebesar Rp. 28,7 triliun dengan sasaran perolehan bantuan sosial mencapai 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) (KPM).

Berikut ini Adalah Sasaran Bantuan Sosial PKH 2022:

  1. Ibu hamil dan anak kecil 0-6 tahun Rp. 3 juta.
  2. 900 ribu rupiah untuk anak SD.
  3. Anak usia SMP Rp. 1,5 juta.
  4. Anak Usia SMU Rp. 2 juta.
  5. Penyandang Cacat Berat Rp. 2,4 juta.
  6. Lansia (lansia) 70 tahun ke atas Rp. 2,4 juta.

KPM dapat menerima hingga Rp 10,8 juta uang bansos per keluarga dalam Program Bansos PKH 2022, sesuai dengan ketentuan pemerintah.

KPM yang sudah mengetahui cara mendaftar ke DTKS Kemensos dan sudah melakukannya. KPM yang sudah tahu cara mendaftar.

Selanjutnya bisa langsung mengecek penerima Bansos PKH 2022 melalui Aplikasi Cek Bansos dan Cekbansos.kemensos.go.id. PKH 2022 tidak akan dirilis hingga Kementerian Sosial menyelesaikan validasi data sejumlah program bansos.

Kementerian Sosial DTKS mewajibkan semua KPM, terlepas dari tingkat pengalamannya, untuk mendaftar sesegera mungkin.

Berikut Syarat Daftar DTKS Kemensos

  1. Miskin/rentan miskin.
  2. Bukan Anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri..
  3. Warga yang dirugikan akibat COVID-19 atau kehilangan mata pencaharian karena PHK.
    Jika kamu memenuhi persyaratan ini, kamu dapat mendaftar untuk peserta KPM DTKS Kementerian Sosial.

Berikut ini Adalah Sasaran Bantuan Sosial PKH 2022

Berikut Cara Daftar Aplikasi Cek Bansos Kemensos

  1. Tidak ada pendaftaran DTKS Kemensos secara online. Pendaftaran peserta KPM dilakukan oleh pemerintah setempat, seperti RT/RW atau Kantor Kelurahan/Desa.
  2. Setelah mendaftar di RT/RW atau di kantor Kelurahan/Desa, kamu akan menerima pemberitahuan dengan teknis pendaftaran di tempat yang sesuai.
  3. Kemudian, pada Data Terpadu, kamu menambahkan data tambahan seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga.
  4. HIMBARA, kantor kecamatan, dan kantor walikota semuanya akan memproses data yang sudah jadi sebelum diserahkan ke negara.
  5. Khusus untuk BPNT nanti akan dibentuk rekening bank, dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Jika sudah mendaftar menjadi peserta DTKS Kemensos, bisa mengecek apakah lolos dan layak mengikuti bansos PKH 2022 dari Kemensos atau tidak.

KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos dapat melakukan pengecekan penerima bansos PKH 2022 secara online di Cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut Cara Cek Penerima Bansos PKH 2022 di Aplikasi Cek Bansos Kemensos

  1. Kunjungi website Cekbansos.Kemensos.go.id untuk informasi lebih lanjut..
  2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal kamu.
  3. Ketik nama kamu sesuai dengan KTP kamu.
  4. Di kotak kode, ketik kode empat huruf yang muncul.
  5. Klik kotak kode untuk menerima kode baru jika huruf kode tidak jelas.
  6. Kemudian klik tombol cari.
  7. Sistem akan mencocokkan Nama Keluarga Penerima (KPM), lokasi yang diinput dan membandingkannya dengan nama yang ada di database Kemensos.

Kesimpulan

Pada 2022, pemerintah akan memberikan bantuan sosial dan bantuan langsung tunai di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos). Masyarakat perlu mengetahui cara pendaftaran bansos pada Maret 2022. Anggaran bansos PKH sebesar Rp. 28,7 triliun dengan tujuan mendapatkan bantuan sosial mencapai 10 juta KPM.

Setelah mendaftar BPNT, nantinya akan dibentuk rekening bank, dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Jika sudah mendaftar menjadi peserta DTKS Kemensos, bisa mengecek apakah lolos dan memenuhi syarat untuk mengikuti bansos PKH 2022.

Related Articles

Back to top button