Cara Daftar Bansos BLT Balita 2022 Online

Rancakmedia.com – Cek Bansos BLT untuk balita atau paud tahun 2022 secara online, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini. BLT balita sebesar Rp3 juta ditujukan untuk komponen PAUD usia 0-6 tahun.

Sebagai acuan, BLT Rp3 juta untuk balita merupakan salah satu komponen bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Masyarakat yang memiliki komponen PAUD dapat mendaftar Bantuan Langsung Tunai (BLT) balita agar mendapatkan bansos sebesar Rp. 3 juta.

Untuk menjadi penerima BLT Rp3 juta balita, keluarga yang memiliki komponen PAUD harus mendaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) (Kemensos).

PAUD 0-6 Tahun Pendaftaran BLT 2022 : Cara Daftar Balita Online Download aplikasi Cek Bansos dari Play Store untuk mendapatkan Bansos Rp3 juta.

Oleh karena itu, Kementerian Sosial hanya akan memberikan BLT balita atau PKH kepada KPM yang terdaftar sah di DTKS dan sesuai dengan persyaratan.

DTKS menjadi salah satu acuan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari APBN seperti PKH, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako. Cara daftar DTKS Kemensos agar bisa mendapatkan BLT balita melalui PKH bisa dilakukan dengan mudah.

Daftar Bansos BLT Balita 2022 Rp3 Juta

Cara Daftar Anak Usia Dini (0-6) BLT 2022 Online Dapatkan Bansos Rp3 Juta, Download Aplikasi Cek Bansos di Play Store

Pendaftaran langsung (offline) atau online untuk DTKS Kementerian Sosial tersedia untuk masyarakat umum. Untuk pendaftaran DTKS langsung, silakan datang ke aparatur pemerintah daerah yang diperlukan, yaitu dinas sosial (dinsos), kelurahan/desa, atau RT/RW setempat.

Pastikan untuk membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli kamu saat mendaftar ke DTKS Kementerian Sosial (KTP). Kalau mau lebih mudah, daftar DTKS Kemensos bisa dilakukan secara online di rumah melalui smartphone. Pendaftaran ini dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Cek Bansos melalui fungsi “proposal”.

Daftar Bansos BLT Balita 2022 Rp3 Juta

  1. Orang mendownload Aplikasi Cek Bansos di HP Play Store;
  2. Buat akun baru dengan mengklik tombol “Buat Akun Baru”.
  3. Pada kolom pembuatan akun, masukkan data pribadi kamu secara lengkap dan akurat;
  4. Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan nama lengkap seperti yang tertera di KTP semua harus dimasukkan di sini.
  5. Masukkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, keluaran/desa dan alamat sesuai KTP;
  6. Lampirkan foto KTP kamu dan foto selfie dengan KTP kamu;
  7. Kamu akan diminta untuk “Buat Akun Baru” ketika kamu mengklik tombol ini.

Setelah berhasil mendaftarkan akun, silahkan gunakan layanan menu Aplikasi Cek Bansos. Setelah itu, ikuti petunjuk berikut:

  1. Pilih tab “Daftar Usulan” untuk mendaftar ke DTKS Kemensos;
  2. Pilih “Tambah Proposal” dari menu tarik-turun.
  3. Memilih jenis bantuan sosial PKH;

Dengan asumsi data diterima, maka akan ditampilkan berupa nama, NIK, dan status data Dukcapil, serta kesesuaian wilayah terhadap pengusul KK.

Pemerintah menyalurkan PKH 2022 dengan target 10 juta KPM dengan anggaran Rp 28,7 triliun. BLT balita melalui PKH diberikan selama satu tahun dengan empat kali angsuran yaitu Januari, April, Juni, dan Oktober 2022.

Mandiri, BNI, BTN, dan BRI semuanya tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (himbara) yang merupakan bertanggung jawab atas pencairan BLT balita.

Kesimpulan

Masyarakat yang memiliki komponen PAUD dapat mendaftar Bantuan Langsung Tunai (BLT) balita agar mendapatkan bansos sebesar Rp. 3 juta. BLT balita sebesar Rp3 juta ditujukan untuk komponen PAUD usia 0-6 tahun.

Setelah berhasil mendaftarkan akun, silahkan gunakan layanan menu Aplikasi Cek Bansos. Pemerintah menyalurkan PKH 2022 dengan target 10 juta KPM dengan anggaran Rp 28,7 triliun. BLT balita melalui PKH diberikan selama satu tahun dengan empat kali angsuran, yaitu Januari, April, Juni, dan Oktober 2022.

Tombol kembali ke atas
RANCAK MEDIA