Advertisement

Daftar BLT UMKM Tahun 2022 Cair Rp2,4 Juta

Rancakmedia.com – Kamu bisa daftar dan mencairkan bantuan atau BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta yang disalurkan kepada UMKM, simak informasinya dalam artikel ini.

Saat ini masyarakat sedang bertanya-tanya bagaimana cara mendaftar BPUM BRI tahap 3 BNI dan BRI 2022, untuk mengecek UMKM penerima BLT di eform.bri.co.id atau banpresbpum.id.

Akibat popularitas Banpres BPUM BRI dan BNI di kalangan usaha kecil dan menengah. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program BLT telah dikreditkan untuk membantu permodalan UMKM.

Program seperti BPUM, atau Banpres untuk Usaha Mikro Produktif, dirancang untuk membantu UMKM bertahan dari epidemi COVID-19. Mereka dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Awalnya beroperasi pada tahun 2020, jumlah Banpres BPUM yang diberikan kepada UMKM sebesar Rp 2,4 juta. BRI bertugas menyalurkan BLT UMKM.

Sementara itu, setahun kemudian pada tahun 2021, Banpres BPUM yang diberikan kepada UMKM berkurang menjadi Rp. 1 juta. Penyaluran BLT dilakukan oleh BRI dan BNI.

Lihatlah Banpres BPUM untuk melihat bantuan apa yang dapat diperoleh usaha mikro pada Maret 2022; masa depannya masih belum pasti.

Cara Daftar BLT UMKM

Sementara itu, usaha mikro akan menjadi salah satu dari banyak bentuk bantuan sosial yang tersedia bagi individu yang membutuhkan pada tahun 2022.

Salah satu bantuan sosial yang dapat diperoleh usaha mikro adalah BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai. Penerima program ini akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 2,4 juta.

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai sendiri merupakan program Kementerian Sosial yang bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat miskin melalui bantuan sembako.

Jika tercantum dalam daftar penerima BPNT, masyarakat miskin akan mendapatkan bantuan sembako sebesar Rp. 200 ribu per bulan atau Rp. 2,4 juta dalam setahun.

Masyarakat yang menerima bantuan sembako itu sendiri akan mendapatkan kartu BPNT Kementerian Sosial yang diterbitkan oleh bank-bank BUMN, dari Bank Mandiri hingga Bank BNI.

Bantuan sembako yang diperoleh masyarakat miskin dapat diperjualbelikan dengan barang kebutuhan pokok di stan yang sebelumnya diberi wewenang untuk mendistribusikan BPNT, yang disebut e-warong.

Untuk mengecek daftar penerima BPNT, masyarakat miskin bisa mengecek di 2 situs yang disediakan Kementerian Sosial, yakni Cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id.

Masyarakat miskin dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos untuk mendaftar sebagai penerima BPNT Bantuan Sosial jika mereka belum melakukannya.

Cara Daftar BLT UMKM

  1. Download aplikasi Cek Bansos dari Google Play Store. BUKA WEBSITE INI UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT
  2. Jika belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu untuk membuat user id menggunakan data diri yang lengkap seperti KTP, kartu keluarga dan foto selfie
  3. Jika akun sudah dibuat, login kembali ke program Cek Bansos menggunakan user id dan password
  4. Setelah itu akan muncul menu Profile, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan
  5. Jika kamu ingin mendaftar, kamu dapat mengklik menu Daftar Saran
  6. Daftar calon penerima Bantuan Sosial PKH dengan mengisi data diri lengkap, lengkap dengan foto selfie dan foto hunian

Demikian informasi link daftar BLT Maret 2022 yang bisa didapatkan UMKM, Rp. 2,4 juta dapat dicairkan tanpa terdaftar di Banpres BPUM BRI eform.bri.co.id dan BNI banpresbpum.id

Kesimpulan

Maksimal Rp 2,4 juta dapat disalurkan kepada UMKM jika kamu daftar BLT UMKM. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program BLT telah dikreditkan untuk membantu permodalan UMKM.

Jika tercantum dalam daftar penerima BPNT, masyarakat miskin akan mendapatkan bantuan sembako sebesar Rp. 200 ribu per bulan atau Rp 2,4 juta dalam setahun. Masyarakat miskin dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos untuk mendaftar sebagai penerima BPNT.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas