Inilah Bantuan yang Masih Cair Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Banyak masyarat yang masih kekurangan, maka dari itu inilah bantuan yang masih tahun ini, yang telah di sepakati oleh pemerintah dan akan di perpanjang hingga tahun depan.

Ini merupakan kabar baik. Pasalnya, pandemi belum berakhir dan masih berdampak pada sebagian kehidupan masyarakat. Lantas, bantuan apa saja yang masih dicairkan pada 2022?

Daftar Bantuan yang Masih Cair Tahun Ini

Dibawah ini kami telah menyebutkan 4 bantuan yang masih cair di tahun ini, yaitu sebagai berikut:

1. Kartu Prakerja

Pemerintah baru saja mengumumkan bahwa program Kartu Prakerja akan dimulai kembali tahun depan. Rencananya, gelombang kedua akan dimulai pada Februari tahun depan.

Kartu Prakerja adalah bantuan bagi mereka yang tidak bekerja, kehilangan pekerjaan, atau yang usahanya rusak karena wabah.

Hibah sebesar 3,55 juta rupiah akan diberikan kepada setiap peserta yang berhasil menyelesaikan kursus ini. Sebanyak 1 juta rupiah akan diberikan untuk membeli paket pelatihan online.

Peserta akan menerima 600 ribu rupiah bantuan bulanan setelah menyelesaikan kursus dan menerima sertifikat kelulusan pertama mereka. Bantuan ini dikucurkan selama empat bulan.

Selain itu, peserta akan mendapatkan tambahan 150 ribu rupiah untuk tiga kali survei. Untuk detail lebih lanjut tentang pengaturan akun pra-kerja 2022 secara detail Klik Disini

2. Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Penyaluran PKH dan BNPT akan dilanjutkan paling cepat hingga tahun depan. Banyak keluarga yang akan mendapat manfaat dari bantuan ini (KPM).

BNPT akan memberikan bantuan kepada setiap KPM sebesar 200 ribu rupiah setiap bulannya. Sedangkan PKH adalah KPM dengan syarat khusus, dengan rincian sebagai berikut:

Keluarga dengan ibu hamil/balita akan mendapatkan bantuan sebesar 3 juta rupiah per tahun. Orang tua dari anak usia SD mendapatkan sekitar 900.000 Rupiah per tahun; orang tua siswa sekolah menengah mendapatkan sekitar 1,5 juta Rupiah; dan orang tua siswa SMA mendapatkan sekitar 2 juta Rupiah setiap bulannya.

Bantuan sosial/bantuan sosial PKH senilai Rp2,4 juta jika ada anggota rumah tangga yang cacat atau lanjut usia.

Sedangkan jika ada 2 anak SD dalam satu rumah tangga, maka bantuan sosial/bantuan sosial PKH yang ditawarkan akan menjadi dua kali lipat, yaitu 900 ribu rupiah + 1,8 juta rupiah per tahun.

3. BLT Dana Desa

Pemerintah federal telah memberikan standar penggunaan Dana Desa (DD) pada tahun 2022.

Program BLT Desa tahun ini memberikan bantuan 300 ribu rupiah per bulan kepada keluarga miskin dan tidak mampu (KPM) desa.

Ke depan, porsi keuangan daerah akan berubah. BLT menyumbang hampir 40% dari dana daerah. Sisanya 60 persen dapat dimanfaatkan sebagai inisiatif pemberdayaan masyarakat lokal.

4. BLT UMKM

Para pelaku UMKM akan kembali mendapatkan bantuan sosial pada tahun 2022, berkat kemurahan hati pemerintah federal. Cara cek penerima BLT UMKM 2022 bisa di cek, bisa mengikuti petunjuk di link berikut Klik Disini

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi tentang bantuan yang akan cair di tahun ini, yaitu kartu prakerja, program keluarga harapan, BLT dana desa, dan BLT UMKM.

Demikian artikel tentang Inilah Bantuan yang Masih Cair Tahun Ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu semua dalam menerima bantuan yang masih cair tahun ini.

Pencarian Populer

Cek Bansos 2022 - Program Bansos 2022- Bansos 2022 - Bansos 2022 Apa Saja - Bansos 2022 Kapan Cair - Cara Daftar Bansos 2022 - Daftar Bansos 2022 -

Related Articles

Back to top button