Advertisement

Syarat Lengkap Membuat Visa, Begini Caranya

Rancakmedia.com – Perlu kamu ketahui syarat lengkap membuat Visa, agar kamu tidak merasa kesusahan saat membuatnya. Sebelum itu, kamu perlu ketahui apa itu Visa.

Bagi kamu yang berencana bepergian ke luar negeri, cara mengajukan visa sangat penting untuk anda ketahui. Visa sama pentingnya dengan paspor.

Visa adalah bukti bahwa seseorang dapat mengunjungi suatu negara di luar Indonesia. Selain untuk masuk suatu negara, visa juga digunakan sebagai dokumen untuk berangkat dari negara yang dikunjungi.

Cara pembuatan visa bisa dilakukan di kedutaan negara tujuan. Berikut RancakMedia membahas cara membuat visa dan batasan yang harus dipenuhi.

Syarat Membuat Visa untuk Mengunjungi Negara Lain

Sebelum kamu dapat mengajukan permohonan visa untuk mengunjungi negara lain, kamu harus terlebih dahulu mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan. Termasuk berikut ini:

  1. Paspor
  2. Form permohonan visa
  3. Pas foto sesuai dengan ketentuan yang berlaku di kedutaan besar negara terkait
  4. Menunjukkan surat sponsor atau surat keterangan kerja atau surat keterangan studi
  5. Bukti keuangan dan salinannya selama 3 bulan terakhir
  6. Fotokopi KTP dan KK
  7. Jadwal perjalanan yang akan dilakukan
  8. Bukti reservasi tiket pesawat atau tiket pulang pergi
  9. Setelah memenuhi persyaratan pembuatan visa di atas, kamu dapat pergi ke kedutaan negara terkait untuk mengajukan visa

Cara Membuat Visa

Untuk mendaftar, kamu dapat memanfaatkan sistem online di website kedutaan negara tujuan. Isi informasi pribadi kamu dan lakukan pemesanan untuk jadwal verifikasi file.

Persiapkan dokumen terkait, mulai dari paspor, KTP, formulir aplikasi, gambar, bukti pembayaran visa (jika diperlukan untuk membayar di muka), sertifikat (sponsor, pekerjaan, studi), dokumen keuangan, tiket pesawat dan sertifikat kesehatan.

Masuk dan serahkan dokumen kamu kepada petugas saat kamu menunggu wawancara. kamu akan ditanya beberapa pertanyaan tentang kunjungan kamu ke negara yang bersangkutan, termasuk mengapa kamu memilih untuk pergi ke sana.

Jika kamu lulus, kamu hanya perlu menunggu visa diberikan. Ketika waktu penjemputan tiba, kamu dapat kembali ke kedutaan yang sesuai untuk mendapatkan dokumen visa yang kamu minta.

Bahkan jika pembayaran tidak diminta sebelumnya, itu akan diproses pada saat yang sama dengan pesanan diproses.

Selama mereka mengikuti proses yang benar dan tidak melanggar hukum, siapa pun yang memenuhi syarat untuk mengajukan visa dapat melakukannya.

Namun, kamu mungkin perlu menilai kembali rencana kamu karena beberapa negara saat ini sedang ‘terkunci’ karena epidemi yang terus berlanjut.

Kesimpulan

Pada artikel di atas telah kami berikan informasi mengenai cara membuat visa dan tentunya syarat yang diperlukan membuat visa untuk mengunjungi negara lain.

Demikian artikel tentang Syarat Lengkap Membuat Visa, Begini Caranya. Kami harap setelah membaca artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat buat kamu.

Tombol kembali ke atas