3 Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online Tanpa Ribet

nafa cahyani

Rancakmedia.com – Semenjak adanya pandemi banyak kegiatan dilakukan secara online, salah satunya dengan membayar zakat. Kini kamu dapat menggunakan cara bayar zakat fitrah secara online yang telah kami sediakan di bawah ini kapan pun tanpa keluar rumah.

Dalam era digital seperti sekarang, membayar zakat fitrah secara online menjadi salah satu opsi yang sangat memudahkan umat muslim untuk menunaikan kewajibannya tanpa perlu keluar rumah atau repot mengurus pembayaran secara langsung di lembaga zakat yang terdekat.

Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang wajib dibayar oleh setiap muslim yang mampu. Zakat fitrah dibayar setiap tahun pada bulan Ramadan, sebelum umat muslim melaksanakan shalat idul fitri.

Pembayaran zakat fitrah merupakan kewajiban seorang muslim untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang dilakukan selama menjalankan ibadah selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

Selain itu, membayar zakat fitrah juga memperlihatkan rasa solidaritas antar sesama muslim yang saling membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup, terutama pada saat menjelang hari raya idul fitri.

Tentang Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan atau pada hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu pada saat hari raya Idul Fitri.

Syarat-syarat zakat fitrah antara lain:

  1. Muslim
  2. Merdeka
  3. Mampu membayar zakat
  4. Mempunyai kelebihan harta pada saat Idul Fitri.

Jumlah zakat fitrah adalah sebesar 3,5 liter bahan makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat, misalnya beras, gandum, jagung, atau kacang-kacangan.

Jumlah zakat fitrah ini bisa dihitung dalam bentuk uang, dengan mengacu pada harga bahan makanan pokok yang berlaku pada saat itu di wilayah setempat.

Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum hari raya Idul Fitri, dan paling lambat pada hari raya itu sendiri. Zakat fitrah tidak boleh ditunda atau digabung dengan zakat lainnya.

Zakat fitrah dikeluarkan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang dilakukan selama bulan Ramadhan dan sebagai bentuk solidaritas sosial dengan mereka yang membutuhkan.

Setelah dikeluarkan, zakat fitrah biasanya disalurkan melalui lembaga-lembaga amil zakat, yayasan sosial, atau langsung kepada orang-orang yang membutuhkan.

Perlu diingat bahwa pengeluaran zakat fitrah harus dilakukan dengan niat yang benar, yaitu sebagai ibadah dan untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim.

Daftar Cara Bayar Zakat Online dengan Mudah

Dibawah ini terdapat beberapa cara bayar zakat fitrah online, sebagai berikut:

1. BAZNAS

Berikut cara bayar zakat dengan menggunakan situs resmi BAZNAS, yaitu:

  1. Buka browser
  2. Buka laman resmi BAZNAS
  3. Akan muncul tampilan form pembayaran zakat
  4. Isi dan lengkapi form pembayaran zakat, Klik Lanjut ke pembayaran
  5. Pilih metode pembayaran, Klik salah satu
  6. Kemudian klik bayar
  7. Setelah melakukan pembayaran melalui transfer, lakukan konfirmasi dengan membuka situs BAZNAS
  8. Isi dan lengkapi Form Konfirmasi Pembayaran Zakat
  9. Upload bukti pembayaran
  10. Input Captcha
  11. Klik submit

2. Rumah Zakat

Berikut cara bayar zakat dengan menggunakan situs resmi Rumah Zakat, yaitu:

  1. Buka halaman rumah zakat di rumahzakat org
  2. Pilih opsi ‘zakat’ lalu klik ‘zakat fitrah’
  3. Klik ‘zakat di sini’
  4. Isi kolom yang disediakan seperti masukan jumlah zakat fitrah, metode pembayaran, nama lengkap, nomor ponsel, email, dan keterangan tambahan yang diperlukan
  5. Klik ‘Bayar sekarang’
  6. Pilih metode pembayaran dari daftar. Jika kamu menggunakan dompet digital untuk melakukan pembayaran (ovo, gopay, linkaja), kamu akan mendapatkan pemberitahuan saat uang zakat dikirimkan ke metode kamu.
  7. Periksa peringatan masuk atau buka aplikasi
  8. Sebelum membayar, baca dulu tujuan zakat fitrah di hati, lalu klik tombol Bayar Sekarang
  9. Pembayaran telah berhasil diselesaikan

3. Dompet Dhuafa

Berikut cara bayar zakat dengan menggunakan situs resmi Dompet Dhuafa, yaitu:

  1. Kunjungi laman donasi dompetdhuafa org
  2. Pilih “Zakat” sebagai jenis kontribusi yang ingin kamu pilih
  3. Kemudian pilih “Zakat Fitrah” untuk kontribusi khusus
  4. Di sinilah nominal zakat fitrah berperan
  5. Nama, nomor ponsel dan alamat email harus lengkap
  6. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Dompet elektronik, akun virtual, dan transfer bank hanyalah beberapa opsi
  7. Setelah itu, klik “Donasi Sekarang!” untuk menyelesaikan proses donasi

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan atau pada hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu pada saat hari raya Idul Fitri.

Demikian informasi tentang 3 cara bayar zakat fitrah secara online tanpa ribet, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.