Advertisement

Cara Membuat Desain Twibbon untuk Memperingati Hari Perempuan Internasional

Rancakmedia.com – Mengangkat Tema Break The Bias, Begini Sejarah Hari Perempuan Internasional Hari ini, Selasa, 8 Maret 2022 diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Woman’s Day.

Kesetaraan gender digaungkan oleh kata-kata Aspiraku yang dikutip dari situs IWD. Dimana isu-isu seperti mempermalukan, mendiskriminasi dan menawarkan stereotip yang lemah kepada perempuan masih sering muncul.

IWD 2022 akan menggunakan tagar #BreakTheBias sebagai temanya. Karena penghapusan diskriminasi berbasis gender merupakan akibat langsung dari tercapainya kesetaraan gender.

Bias, prasangka, dan diskriminasi tidak akan memiliki dunia di dunia di mana orang bebas menjadi diri mereka sendiri. Menanamkan rasa saling menghormati dalam diri kita semua.

Sejarah Singkat Hari Perempuan Internasional

Mengutip dari situs resmi International Women’s Day (IWD), Hari Perempuan Internasional bermula pada tahun 1908 ketika 15.000 wanita di New York City berbaris.

Perempuan di New York City telah melakukan protes untuk menyerukan upah yang lebih tinggi, pengurangan jam kerja, dan kemampuan untuk memilih.

Kemudian pada tahun 1909 sejalan dengan pengumuman partai sosialis Amerika, hari perempuan nasional pertama diperingati di seluruh Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari 1909.

Pada tahun 1910, Kopenhagen, Denmark menjadi tuan rumah pertemuan kedua Komite Perempuan Pekerja Internasional. Saat itulah Clara Zetkin, sebuah ide partai sosialis demokrat di Jerman, mendapat pencerahan.

Ide dalam diskusi adalah untuk membuat Twibbon International Women’s Day yang dia usulkan untuk diperingati semua bangsa pada hari yang sama, 8 Maret.

Sebuah konvensi perempuan dari 17 negara, dengan total 100 perempuan, kemudian mendukung gagasan ini. Dan pada tahun 1996 PBB mengumumkan tema tahunan pertama mereka, Celebrating The Past, Planning For The Future.

Perayaan tahun-tahun berikutnya memiliki tema yang bervariasi hingga Break The Bias dipilih sebagai tema terakhir untuk tahun ini.

Cara Membuat Desain Twibbon untuk Memperingati Hari Perempuan Internasional

Teknik membagikan link Twibbon untuk Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day IWD 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs resmi twibbon
  2. Klik twibbon yang ingin kamu gunakan
  3. Memilih gambar semudah mengklik tombol kamera dan memilih foto dari hard drive komputer kamu.
  4. Lalu klik unduh

Kesimpulan

Selasa, 8 Maret 2022 diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Woman’s Day. IWD 2022 akan menggunakan tagar #BreakTheBias sebagai temanya.

Penghapusan diskriminasi berbasis gender adalah akibat langsung dari tercapainya kesetaraan gender. Pada tahun 1996 Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan tema tahunan pertama mereka, Merayakan Masa Lalu, Merencanakan Untuk Masa Depan.

Back to top button