Advertisement

Cara Mendaftar dan Gunakan Layanan Sistem Primary Care BPJS

Rancakmedia.com – Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dapat menggunakan Sistem Primary Care BPJS Kesehatan atau PCare untuk mengakses informasi terkait pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

FKTP BPJS Kesehatan yang dimaksud antara lain Puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktik mandiri. FKTP memiliki akses langsung ke server BPJS Kesehatan melalui sistem PCare BPJS Kesehatan.

Hal ini untuk memudahkan pendaftaran, integrasi data, prosedur diagnostik, dan proses rujukan bagi peserta JKN-KIS.

Bagi peserta JKN-KIS, sistem PCare BPJS Kesehatan dapat mempermudah dalam mengajukan pengobatan dan mendaftar ke FKTP pilihan.

Bagaimana Cara Daftar Sistem Primary Care

Melalui aplikasi PCare BPJS Kesehatan, pelanggan dapat mengakses layanan PCare BPJS Kesehatan dari smartphone.

Beberapa elemen dari aplikasi PCare BPJS Kesehatan yang dapat digunakan oleh pengguna antara lain informasi billing, cara pendaftaran peserta BPJS Kesehatan perorangan maupun instansi, dan pencarian instansi kesehatan terdekat.

Kantor BPJS Kesehatan harus terlebih dahulu mendaftarkan individu sebelum memberikan akses login dan password. Tidak ada orang lain yang dapat menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan PCare untuk alasan ini saja tentunya.

Berikut Cara Daftar dan Memanfaatkan Layanan PCare BPJS Kesehatan:

  1. Buka website PCare BPJS atau aplikasi PCare BPJS Kesehatan.
  2. Buat username dan password jika sudah terdaftar di kantor BPJS Kesehatan.
  3. Kamu akan menemukannya di bawah Layanan.
  4. Tergantung pada kebutuhan pengguna, pilih salah satu Registrasi atau opsi Layanan.
  5. Pilih Registrasi jika pengguna adalah pasien medis dan masukkan nomor BPJS Kesehatan. Namun, jika pasien adalah pasien dari fasilitas kesehatan tempat pengguna bekerja, identifikasi pasien akan muncul secara otomatis.
  6. Lengkapi formulir Jenis Kunjungan, Keluhan Pemeriksaan Fisik, Tekanan Darah, dan informasi terkait lainnya. Untuk menyimpan pekerjaan kamu, klik tombol Simpan.
  7. Kami kembali memasukkan data. Pilih menu Layanan.
  8. Terapi dan Diagnosis adalah contoh yang baik untuk mengisi kekosongan. Klik Simpan. Tahap input data pasien JKN-KIS di FKTP juga sudah selesai.

Untuk memeriksa dan memperbarui jumlah pegawai FKTP di suatu perusahaan, pelanggan dapat masuk ke menu Tools dan mengganti password akun PCare BPJS Kesehatan dan login ke LUPIS BPJS Kesehatan.

Data pengobatan pasien di FKTP tempatnya bekerja juga dapat dilihat oleh pengguna, antara lain aktivitas, kunjungan, jenis kunjungan, hingga 10 penyakit yang paling sering diderita.

Begitulah cara kamu mendaftar dan memanfaatkan layanan PCare BPJS Kesehatan melalui website atau aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Layanan ini tentunya untuk memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan.

Kesimpulan

Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) BPJS Kesehatan dapat memperoleh informasi pelayanan peserta JKN-KIS melalui sistem Primary Care BPJS. FKTP meliputi Puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktik mandiri. Hal ini untuk memudahkan pendaftaran, integrasi data, prosedur diagnostik, dan proses rujukan.

Pilih Registrasi jika pengguna adalah pasien medis dan masukkan nomor BPJS Kesehatan. Namun, jika pasien adalah pasien dari fasilitas kesehatan tempat pengguna bekerja, identifikasi pasien akan muncul secara otomatis.

Lengkapi formulir Jenis Kunjungan, Keluhan Pemeriksaan Fisik, Tekanan Darah, dan informasi terkait lainnya. Untuk memeriksa dan memperbarui jumlah pegawai FKTP di suatu perusahaan, pelanggan dapat masuk ke menu Tools dan mengganti password akun PCare BPJS HR.

Back to top button