Advertisement

Cara Membuat Akun Pembelajaran di Situs Belajar.id

Rancakmedia.com – Untuk menggunakan platform pembelajaran, kamu harus membuat Akun Pembelajaran. Simak dalam artikel ini untuk mengetahui cara Mendapatkan Akun Pembelajaran di Situs Pembelajaran akan dibahas pada postingan kali ini.

Bagi kamu yang masih tidak yakin tentang cara mendapatkan Akun Belajar Belajar.id, selebihnya dari situs ini harus menjelaskannya.

Learning Account diberikan kepada siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Melalui Surat Edaran Dirjen GTK pada tanggal 15 Februari 2022 dengan Nomor 0697/B.B5/GT.01.015/2022 tentang ID Rekening Studi kepada SIMPKB.

Aturan tersebut mengusulkan agar semua instruktur menghubungkan akun id belajar mereka ke SIMPKB paling lambat 12 Maret 2022.

Guru diinstruksikan dalam surat edaran untuk menghubungkan ID akun pembelajaran SIMPKB mereka.

Apa Peran Akun Pembelajaran?

Untuk memenuhi tuntutan pengajaran dan pembelajaran yang beragam, kamu memerlukan Akun Pembelajaran.

Misalnya, platform Kemdikbudristek dapat digunakan untuk mengakses banyak aplikasi yang mempromosikan pengajaran dan pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.

Nama akun (User ID) dan kata sandi (password), dapat diambil satu per satu dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs Belajar.id di laman https://belajar.id/
  2. Masukkan data-data berikut:
  3. Nama Lengkap
  4. 4. Nama Ibu Kandung
  5. Tipe Pengguna
  6. Tanggal Lahir
  7. Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).
  8. Kirim detail akun ke email pribadi apabila belum pernah mendapatkan password.
  9. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi yang Anda daftarkan.
  10. Selain itu, Akun Pembelajaran juga bisa didapatkan melalui Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.
Baca Juga:  Cara Menautkan Akun Belajar Ke SIMPKB

Siswa, pendidik, dan anggota tim pendidikan lainnya di Info Semarang Raya yang ingin membuat akun learning.id dapat melakukannya dengan mengikuti prosedur yang diuraikan di atas.

Berikut Cara Mengakses dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran:

  1. Operator satuan pendidikan masuk ke website data.kemdikbud.go.id.
  2. Setelah mengunjungi halaman tersebut, operator satuan pendidikan memilih opsi “Unduh Akun” untuk mengunduh dokumen CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses ke akun Akun Pembelajaran (password) di satuan pendidikan terkait.
  3. Penyelenggara satuan pendidikan mendistribusikan Akun Pembelajaran kepada setiap pengguna Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan.
  4. Untuk mengaktifkan Akun Pembelajaran, pengguna harus membuka google.com dan masuk menggunakan ID pengguna dan kata sandi Akun Pembelajaran mereka.
  5. Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran dan mengubah kata sandi Akun Pembelajaran.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, digitalisasi pendidikan merupakan terobosan yang harus dirayakan. Tiga pilar transformasi digital adalah masyarakat, pemerintah, dan bisnis/industri.

“Kami ingin revolusi digital merambah ke seluruh pelosok tanah air. Ke depan, sektor pendidikan sangat menarik di era transformasi digital karena akan ada pergeseran mendasar di sektor pendidikan. Sudah banyak aplikasi yang dikembangkan. untuk mengatasi permasalahan yang muncul” ujarnya.

Untuk itu, kata Semuel, diperlukan infrastruktur pendukung digitalisasi yang komprehensif, termasuk keamanan data. Untuk menumbuhkan rasa aman, peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pemberian perlindungan hukum mutlak diperlukan.

Baca Juga:  Cara Menautkan SIMPKB dengan Akun Belajar di Android dan iPhone

Akun Pembelajaran Lebih Lanjut Dapat digunakan:

  1. Siswa SD dan siswa Paket A kelas 5 dan 6, Program SMP dan Paket B untuk kelas 7 sd 9, Program SMA dan Paket C untuk kelas 10 sd 12, SMK kelas 10 sd 13, dan kelas SLB 5 sd 12 nilai.
  2. Pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Kepala satuan pendidikan dan operator merupakan satu-satunya anggota tenaga kependidikan. Menggunakan Akun Pembelajaran sepenuhnya terserah pengguna.

Jika Akun Pembelajaran sama sekali tidak digunakan oleh siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan hingga tanggal 30 Juni 2021, Akun Pembelajaran akan dihentikan secara otomatis.

Kesimpulan

Platform Kemdikbudristek dapat digunakan untuk mengakses banyak aplikasi yang mempromosikan pengajaran dan pembelajaran tatap muka dan jarak jauh. Segera Daftar Di Situs Learning.id Untuk Pelajar Dan Pendidik.

Untuk menggunakan platform pembelajaran, kamu harus membuat Akun Pembelajaran. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, digitalisasi pendidikan merupakan terobosan yang harus dirayakan.

Jika Akun Pembelajaran sama sekali tidak digunakan oleh siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan hingga tanggal 30 Juni 2021, Akun Pembelajaran akan dihentikan secara otomatis.

Back to top button