Advertisement

Kartu Prakerja Resmi Dibuka Gelombang ke 23

Rancakmedia.com – Pemerintah telah resmi memulai pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang ke-23 atau gelombang pertama tahun 2022 pada Kamis, 17 Februari 2022 pukul 14.15 WIB.

“Program Kartu Prakerja Gelombang 23 kini sudah dapat diakses oleh masyarakat luas. Selamat datang di Program Kartu Prakerja, dan terima kasih telah mendaftar” Ketua Panitia Penciptaan Lapangan Kerja Airlangga Hartarto, dalam Konferensi Pers Virtual, Kamis ( 17/2), kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Penelitian dari Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia dan Rumah Presisi Indonesia, menurut Airlangga, menunjukkan bahwa Program Kartu Prakerja berpengaruh positif terhadap kompetensi penerima, produktivitas, ketenagakerjaan, kewirausahaan, dan pendapatan, selain dari aspek ketahanan.

“Hal ini menunjukkan bahwa Program Kartu Prakerja berhasil dalam tujuan kembarnya selama epidemi, yaitu peningkatan keterampilan dan pemeliharaan daya beli bagi individu. Lebih banyak individu harus dapat memanfaatkan Program Kartu Prakerja sekarang. itu gelombang 23 sudah dibuka,” komentar Airlangga.

Dijelaskan oleh Airlangga, program inovatif pemerintah Indonesia terhadap wabah Covid-19 mencakup paket bantuan Kartu Prakerja yang komprehensif, termasuk pelatihan dan insentif.

Program Kartu Prakerja, katanya, “dapat dijadikan contoh atau template keberhasilan program Pemerintah Indonesia dalam rangka “pulih bersama, pulih lebih kuat” pada acara G20 tahun ini, sehingga Kartu Prakerja dapat direplikasi di negara lain.” dia menekankan.

Untuk itu, pemerintah menghimbau kepada masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat untuk segera melakukan pendaftaran di situs resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id.

Baca Juga:  Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 20 Yang Segera Dibuka

Sejak diresmikan pada 11 April 2011, jumlah peserta Program Kartu Prakerja telah mencapai 11,4 juta orang dari 22 gelombang pendaftaran. Sebanyak 87 persen penerima manfaat belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya.

Rata-rata, peserta memberikan skor 4,9 dari 5 untuk pelatihan yang telah mereka ikuti. Temuan penilaian belajar peserta mengungkapkan adanya peningkatan nilai pre-test dibandingkan dengan post-test, yaitu 53 menjadi 68.

Sebanyak 500.000 individu akan memiliki prospek baru sebagai akibat dari gelombang ke-23. Kriteria penerima Kartu Prakerja adalah warga negara Indonesia berusia 18-64 tahun dan tidak sedang bersekolah formal.

Kartu Prakerja Gelombang 23 Bisa Terima Bantuan Rp 3,55 Juta

Tahun ini tidak akan ada perubahan kartu pra kerja, tetapi akan ada kuota 500.000 untuk angkatan 23 pada minggu pertama 2022, dan akan diberikan kepada 220 daerah/kota dengan rencana pengentasan kemiskinan parah, katanya. dikatakan.

Program Kartu Prakerja selanjutnya akan memberikan dana kepada 50.000 calon pekerja migran Indonesia pada tahun 2022. Kartu Prakerja tetap akan diprioritaskan kepada masyarakat yang belum menerima bantuan karena merupakan program semi sosial.

Pengelolaan Program Kartu Prakerja dipimpin oleh direktur eksekutif. Denni Puspa Purbasari menyatakan, saat ini sudah ada alat pencarian pelatihan dan lowongan pekerjaan di dashboard penerima Kartu Prakerja. Harga, peringkat, panjang, tingkat, dan cara pengajaran adalah semua faktor yang mungkin dipertimbangkan saat mencari pelatihan.

Baca Juga:  Peserta Kartu Prakerja gelombang 22 sudah diumumkan Berikut Cara Ceknya

“Peserta bisa mendapatkan saran pelatihan yang sesuai dengan minatnya berkat machine learning. Peserta juga bisa melihat informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pelatihan yang diterimanya, sehingga sisi supply dan demand saling terhubung,” pungkas Denni.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, setiap pemegang Kartu Prakerja wajib memanfaatkan dukungan untuk mengikuti pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mendapatkan Kartu Prakerja.

Ini adalah persyaratan, dan kegagalan untuk mematuhi akan mengakibatkan pembatalan langsung keanggotaan kamu. Silahkan daftar kartu prakerja gelombang ke 23 dan ketahui semua persyaratannya.

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan yang dirancang untuk membantu pekerja Indonesia meningkatkan keterampilan, produktivitas, daya saing, dan kewirausahaan melalui penciptaan lingkungan kolaboratif.

Saat ini terdapat 6 platform digital, 181 lembaga pelatihan yang menawarkan 596 pelatihan, 5 mitra pembayaran, 8 lembaga pendidikan, 4 platform ketenagakerjaan terkait, serta 8 Kementerian/Lembaga dan 17 Pemerintah Daerah yang membantu memberikan data.

Kesimpulan

Semakin banyak individu yang dapat memanfaatkan Program Kartu Prakerja. Pemerintah menghimbau bagi yang berminat dan memenuhi syarat untuk segera mendaftar di situs resminya, www.prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan yang dirancang untuk membantu pekerja Indonesia meningkatkan keterampilan, produktivitas, daya saing, dan kewirausahaan melalui penciptaan lingkungan kolaboratif.

Related Articles

Back to top button